148 Personel Pamatwil Dikerahkan Korlantas Untuk Amankan Nataru

oleh -0 Dilihat
WhatsApp Image 2022 12 22 at 20.25.45
Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi didampingi pejabat utama Korlantas Polri melepas Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Operasi Lilin 2022 di Kantor Korlantas Polri, Jakarta, Kami

Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengerahkan Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) dalam Operasi Lilin 2022 untuk mengamankan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Kami melepas perwira-perwira dan beberapa anggota untuk ditempatkan dititik-titik yang sudah kami bagi,” kata Kepala Korlantas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol. Firman Shantyabudi di Jakarta, Jumat (23/12/2022)

Firman menjelaskan Tim Pamatwil terdiri atas 148 personel, dengan 40 unit kendaraan roda empat, yang disebar pada 20 lokasi menjadi jalur mudik, mulai dari Lampung sampai dengan Banyuwangi, Jawa Timur.

Tim Pamatwil bertugas selama masa Operasi Lilin 2022 digelar, yakni dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 3 Desember 2023.

Ia menyebutkan, pengerahan tim ini karena berdasarkan hasil survei terbaru Kementerian Perhubungan, memperkirakan ada potensi pergerakan masyarakat secara nasional yang melakukan perjalanan mudik pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebesar 44,19 juta.

Menurut jenderal bintang dua itu, semua kementerian, lembaga dan pemangku kepentingan lainnya telah mempersiapkan segala sarana prasarana untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru agar aman dan lancar.

Baik itu kondisi jalan, rute-rute yang akan dilalui termasuk mempersiapkan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan arus di ruas jalan tol, berupa contraflow apabila jumlah kendaraan melintas mencapai 5.000 unit, dan sistem satu arah (one way) apabila jumlah kendaraan mencapai 6.000 unit.

“Dari kementerian, lembaga juga sudah stand by, doakan aja cuaca tidak terlalu membawa dampak selama pengamanan dan seterusnya,” kata putra dari mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno itu.

Firman juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik atau liburan agar memastikan kembali kondisi rumah dalam keadaan aman saat ditinggalkan.

Masyarakat juga diingatkan untuk memeriksa kondisi kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh serta mematuhi aturan lalu lintas yang diberlakukan petugas selama natal dan tahun baru.

“Harapan kami masing-masing bisa menjaga untuk ikut berperan serta aktif dalam terciptanya kamseltibcarlantas, hati-hati di jalan bagi yang berangkat menggunakan angkutan umum,” kata Firman.

Di sisi lain, Firman berharap kepada petugas yang bertugas di lapangan dapat bertindak melayani masyarakat secara humanis, dan selalu ada saat masyarakat membutuhkan bantuan. Serta mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Personel yang bertugas datang tepat waktu saat dibutuhkan, sehingga memberikan rasa yang solutif dan ketenangan bagi masyarakat,” katanya. (Red, DN)

Baca : Antisipasi Kejahatan Dan Kemacetan, Dirlantas Siagakan Personel Di Rest Area

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.