Jaga Stabilitas Harga Telur Pemprov Lampung Akan Gelar OP

oleh -0 Dilihat
WhatsApp Image 2022 04 18 at 13.32.09
Harga telur ayam naik

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung segera melakukan operasi pasar (OP) untuk menjaga stabilitas harga telur yang mengalami kenaikan saat ini.

“Yang terjadi saat ini memang ada kenaikan harga pada komoditas telur ayam di pasaran, jadi akan dilakukan beberapa upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan di daerah,” ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi di Bandar Lampung, Jumat (2/9/2022)

Ia menjelaskan salah satu langkah yang akan diambil untuk menjaga stabilitas harga telur ayam di pasaran yakni dengan melakukan operasi pasar.

“Jadi dilihat dahulu kalau harga di atas 15 persen dari rata-rata per tahun dan harga di pasaran serta di kandang naik akan dilakukan operasi pasar khusus telur untukĀ  menstabilkan harga dalam waktu dekat ini,” katanya.

Dia menjelaskan naiknya harga telur terjadi akibat terhambatnya pasokan telur karena banyak peternak yang menjual ayam petelur untuk menghindari kerugian saat harga telur turun beberapa waktu lalu.

“Harga mahal ini bukan karena pakan sebab sudah turun sekarang, tetapi karena saat itu harga telur murah sehingga banyak peternak menjual ayamnya untuk membayar beragam hal agar terhindar dari kerugian. Dan saat ini kondisi ekonomi membaik permintaan banyak tetapi pasokan agak terhambat,” tambahnya.

Ia mengatakan akan mempelajari kembali terkait kenaikan harga telur, serta operasi pasar direncanakan akan berlangsung pada pekan depan bila harga belum stabil.

“Lampung ini sebenarnya surplus telur kalau harga makin tidak terkendali akan langsung operasi pasar pekan depan, nanti kami pakai harga konsumen untuk pedagang akan diberi biaya distribusi. Harapannya jangan sampai komoditas lain ikut tidak stabil, sebab harus dijaga inflasi Lampung agar tetap terkendali,” ucap dia pula.

Harga telur ayam di sejumlah pasar di Kota Bandar Lampung mengalami kenaikan dari rata-rata harian Rp20 ribu hingga Rp22 ribu per kilogram saat ini mencapai Rp30 ribu per kilogram. (Red, DN)

Baca : Jokowi Dijadwalkan Akan Tinjau Pasar Pasir Gintung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.