Mengengok Upcara Ngaben Massal Desa Balinuraga Lampung Selatan

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Ngaben Massal di Desa Balinuraga Masuk Kalender Wisata. Desa Balinuragan di Kabupaten Lampung Selatan menggelar Upacara Ngaben secara Massal, kegiatan ini telah berlangsung selama dua hari yang dimulai dari tanggal 19 Agustus hingga 20 Agustus 2022. Kegiatan ini pun disaksikan oleh ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan tradisi ngaben, bahkan ada masyarakat yang datang dari luar Way Panji hanya untuk menyaksikan Tradisi Adat Balinuraga.

Camat Lutfi Kecamatan Way Panji mengatakan upacara Ngaben Massal di Desa Bali Nuraga, telah didukung oleh pemerintah daerah setempat, terlebih sudah masuk dalam agenda wisata di Lampung Selatan. Upacara Ngaben Massal tersebut akan menjadi agenda tahunan yang di tuturkan yang dicantumkan dalam Kalender of Event Lampung Selatan. Dengan begitu, diharapkan tradisi umat Sedharma dapat terus lestari di Kabupaten Lampung Selatan.

Diungkapkannya, selama dua tahun kegiatan ngaben tidak bisa dilaksanakan, karena terbentur pandemi COVID-19 dan terakhir kali kegiatan ini dilaksanakan pada tahun 2018. Made Suwede selaku Kepala Desa Balinuraga menyampaikan bentuk dukungan dari pemerintah yakni dengan memperbaiki kondisi jalan di Desa Bali Nuraga yang telah lama rusak, agar prosesi pemberangkatan bade ke lokasi Upacara menjadi lebih mudah.

Prosesi ngaben terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu dusun Pande Arge yang terdiri dari 80 dewasa dan 20 anak-anak. Kemudian, sesi kedua yaitu dusun pure blok dalem yang terdiri dari 69 dewasa dan 37 anak-anak. Dalam upacara massal tidak hanya diikuti oleh masyarakat setempat. Keluarga umat hindu yang berasal dari Palembang, Jambi, Bengkulu, Krui, Tulang Bawang, Lampung Tengah dan Lampung Timur juga turut mengikuti upacara keagamaan tersebut. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.