Penuhi Kebutuhan Pangan, Warga Ubah Pekarangan Menjadi Ladang Sayur

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Pekarangan adalah sebidang tanah yang ada di sekitar rumah tinggal, wilayah pekarangan sangat mudah dimanfaatkan untuk menjadi ladang sayuran. Sejumlah wanita di Kota Bandar Lampung merubah lahan yang tidak terpakai menjadi ladang sayuran.

Salah satu lokasi pemanfaatan pekarangan ini berada di Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, salah satu penggagas kegiatan ini Dede Elia mengungkapkan pengolahan lahan menjadi ladang sayuran ini sudah dilaksanakan selama dua tahun.

Kegiatan ini berawal dari pelatihan yang diterima dari kementerian pertanian dan langsung di aplikasikan oleh warga yang ada di sini.

Dirinya pun bersama beberapa orang membuat kelompok wanita tani agar warga bisa saling bekerjasama dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Pupuk yang dipakai untuk merawat ladang memakai bahan organik. Diakui oleh Dede, ladang sayuran ini sangat membantu warga dalam mencari penghasilan tambahan, sebab ladang tersebut sudah menghasilkan tanaman yang bisa dijual seperti bunga telang.

Untuk saat ini, ladang sayuran ditanami cabai, sayur kangkung, terong dan buah markisah yang rencananya akan dikembangkan menjadi sirup. (Roy Baskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.