Kabar Duka, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

oleh -9 Dilihat
Kabar Duka, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia
- Setelah sempat dirawat di Rumah sakit, Men-PAN RB Tjahjo Kumolo yang dinyatakan meninggal dunia.

Bandarlampung- Setelah sempat dirawat di Rumah sakit, kabar duka datang dari Men-PAN RB Tjahjo Kumolo yang dinyatakan meninggal dunia. Tjahjo Kumolo meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit akibat adanya infeksi yang menyebar ke paru-parunya.

Kabar Tjahjo Kumolo meninggal dunia dikonfirmasi para elite PDIP. Tjahjo Kumolo meninggal dunia pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7/2022).

“Dapat info dari Ka-BKN tadi berpulang jam 11.10 WIB,” kata elite PDIP Junimart Girsang saat dikonfirmasi.

Elite PDIP lainnya, Hendrawan Supratikno, menyebut Indonesia kehilangan tokoh nasionalis.

“Benar (meninggal dunia). Kita kehilangan tokoh nasionalis yang luas relasi sosialnya,” kata Hendrawan.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sebelumnya dirawat intensif di rumah sakit (RS). Tjahjo disebut mengalami infeksi yang menyebar hingga paru-paru.

Hal ini diungkapkan oleh putri Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (26/6/2022). Rahajeng mengatakan ayahnya mengalami infeksi yang menyebar sampai ke paru-paru.

“Ada infeksi yang menyebar sampai ke paru-parunya,” ujar Rahajeng.

Posisi Tjahjo sendiri kini digantikan secara sementara oleh Menko Polhukam Mahfud MD. Averrouce juga sudah mengkonfirmasi informasi soal Mahfud MD menjadi Menteri PAN-RB Ad Interim.

Bicara soal Tjahjo Kumolo sendiri, sosoknya bukan orang baru dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sudah dua kali Jokowi menunjuk Tjahjo sebagai menteri di dua tempat yang berbeda.

Tjahjo lahir di Surakarta 1 Desember 1957 itu tercatat sebagai anggota DPR ‘abadi’, karena menjadi legislator selama enam periode. Dia mulai menjadi anggota DPR sejak tahun 1987. Saat itu dia menjadi anggota Komisi II, III dan BKSAP DPR RI dari Fraksi Partai Golongan Karya.

Dia kembali terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 1992, dan 1997. Pada tahun 1999 dia kembali lolos ke Senayan, kali ini dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Setelah itu mantan Ketua Umum DPP KNPI 1990-1993 itu selalu terpilih menjadi anggota DPR dari partai berlambang banteng moncong putih.

Di dalam kabinet, jejak Tjahjo dimulai di tahun 2014. Dia ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sejak tahun 2014 hingga tahun 2019, atau tepatnya selama masa periode pertama Jokowi menjabat.

Di periode kedua Jokowi, Tjahjo kembali masuk jajaran kabinet. Dia didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). (Red, DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.