Pemprov Lampung Dorong Diversifikasi Produk Industri Kecil Menengah

oleh -4 Dilihat
Pemprov Lampung dorong diversifikasi produk IKM
Pemprov Lampung berupaya mendorong diversifikasi produk industri kecil menengah (IKM) guna meningkatkan geliat industri.

Bandarlampung- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya mendorong diversifikasi produk industri kecil menengah (IKM) guna meningkatkan geliat industri di wilayahnya.

“Di struktur perekonomian Lampung selain sektor pertanian yang kontribusinya hampir 30 persen, ada juga kontribusi dari industri pengolahan sebesar 20 persen, dan perdagangan 11 persen. Sehingga peningkatan pada sektor industri juga tengah dilakukan untuk menopang perekonomian,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Elvira Umihanni, di Bandarlampung.

Dia mengatakan, untuk menggerakkan perekonomian ke arah industri, perlu dilakukan diversifikasi produk milik IKM di Lampung.

“Untuk mendorong peningkatan peran industri bagi perekonomian perlu dilakukan diversifikasi produk IKM, agar mampu bersaing di pasar domestik ataupun internasional,” ucapnya.

Ia menjelaskan, diversifikasi produk IKM tersebut dapat menjadi salah satu upaya memperkaya jenis produk turunan dan memperluas pasar IKM agar naik kelas.

“Untuk mendukung ini akan ditingkatkan akses permodalan serta digitalisasi produk. Sehingga IKM bisa menjadi dorongan besar bagi perekonomian apalagi saat ini ekonomi sudah membaik,” katanya.

Menurutnya, dalam memajukan sektor industri kecil menengah, pihaknya juga akan bekerjasama dengan komunitas serta pihak terkait.

“Di Lampung ini ternyata ada potensi juga untuk industri mebel dan pakaian dengan merek lokal. Mereka selama ini mampu berkembang secara mandiri, sehingga perlu dorongan kita untuk memajukan ini,” ucapnya.

Salah satu upaya untuk mendorong terserapnya ragam produk IKM salah satunya dengan memasukkannya dalam e-katalog.

“Kalau sudah diversifikasi produk, bisa di masukkan ke e-katalog jadi bisa terserap belanja pemerintah untuk produk IKM ini,” katanya pula. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.