Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Wilayah Lampung Sepekan Kedepan

oleh -4 Dilihat
Untitled design 1 9
BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat

Bandar Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebagian besar wilayah Lampung diprakirakan berpotensi hujan berawan – hujan sedang serta hujan sedang – lebat sepekan kedepan dari tanggal 14-20 Februari 2022.

Mengingat pada awal bulan November 2021, wilayah Lampung sudah masuk musim penghujan, BMKG memprediksi puncak musim penghujan di provinsi Lampung diperkirakan terjadi di bulan Januari dan Februari 2022.

Berdasarkan informasi yang diambil dari website BMKG pada Senin (14/2/2022), menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Lampung.

Hal ini disebabkan oleh Dipole Mode Index (DMI) dengan nilai -0.70 (normal ±0.4) sehingga suplai uap air dari wiliyah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat signifikan.

Begitu pula dengan Sea Surface Temperature (SST) anomali berada pada kisaran +1.0 s/d +3.0 °C, maka terpantau ada potensi penguapan (penambahan massa uap air) di Samudera Hindia Barat Lampung bagian barat.

Kemudian Kelembaban udara pada lapisan 850 mb dan 700 mb signifikan (70%-100%) umumnya di wilayah Lampung bagian tengah, barat, dan selatan pada siang, malam dan dini hari.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan Intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:
1. 14 Februari 2022 : Lambar, Pesibar, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Lamteng, Lamtim, Tuba, Tubabar, Way Kanan, Lampura pada siang, sore dan malam hari.
2. 15 Februari 2022 : Way Kanan, Lambar, Pesibar, Tanggamus, Pesawaran, Lamsel, Lamtim, Balam pada malam dan dini hari.
3. 16 Februari 2022: Lamsel, Metro, Pringsewu, Pesawaran, Lamteng, dan Balam pada siang hari.
4. 17 Febuari 2022: Lampung bagian Selatan pada pagi hari dan Lampung bagian Selatan, Utara, Timur, Barat, tengah pada siang/sore hari.
5. 18 Februari 2022: Lampung bagian Selatan, Barat, Utara, Timur dan Tengah pada siang/sore hari.
6. 19 Febuari 2022: Lampung bagian Barat, Selatan, Utara, Timur pada siang/sore hari. Dan wilayah Lampung bagian Selatan dan Timur pada malam hari.

Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (Reporter-Tasya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.