Dua Kecamatan Terdampak Letusan Semeru, Warga Butuh Makanan, Masker, Hingga Air Bersih

oleh -3 Dilihat
Untitled 1
para pengungsi di Kabupaten Lumajang membutuhkan masker, makanan siap saji, air mineral, makanan bayi dan balita, selimut, alas tidur, obat-obatan, dan air bersih.

Lumajang-Sebanyak dua kecamatan terdampak akibat letusan dan banjir lahar Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.20 WIB. Selain itu, satu jembatan putus dan puluhan warga terluka.

Dari hasil pemetaan Rumah Zakat Action, para pengungsi di Kabupaten Lumajang membutuhkan masker, makanan siap saji, air mineral, makanan bayi dan balita, selimut, alas tidur, obat-obatan, dan air bersih.

Menurut Koordinator Rumah Zakat Action, Izzatul Yazid, rumah dan jembatan ambruk karena pengungsi yang terus berdatangan semakin banyak. Selain itu kebutuhan yang harus disediakan pun semakin meningkat.

“Rumah Zakat sudah mengirimkan para relawan terdekatnya yang berada di Jember, Kediri, dan Bandung, untuk berkoordinasi dengan pihak berwenang mengevakuasi dan menyalurkan bantuan” Ungkap Yazid.

Yazid mengatakan, para relawan Rumah Zakat membawa satu ambulans, satu unit armada rescue, 2.000 paket Superqurban, masker medis, masker respirator, generator, lampu emergency, APD, oksigen, dan P3K.
Rencananya, Rumah Zakat membuka pos layanan kebutuhan logistik dan medis, serta mengevakuasi warga, pada Minggu. Listrik di sejumlah lokasi di Kabupaten Lumajang yang terdampak letusan Gunung Semeru juga masih padam. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.