Corona di Lampung Melandai, IDI: Masyarakat Jangan Euforia Berlebihan!

oleh -
ilustrasi varian omicorn

Diskursus Network – Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung dr Boy Zaghlul Zaini meminta masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan (prokes) untuk menjaga tren penurunan kasus COVID-19.

“Masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan, meski kasus COVID-19 sudah melandai. Jangan euforia berlebihan dan menganggap pandemi COVID-19 sudah selesai,” ujar dr Boy Zaghlul Zaini, dilansir dari Antara, Jumat (15/10/2021).

Ia mengatakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, masyarakat dapat ikut serta dalam membantu memutus mata rantai persebaran COVID-19 dan menjaga momentum penurunan kasus COVID-19.

“Kita harus tetap waspada dan siap, sebab COVID-19 masih ada. Oleh karena itu setiap masyarakat juga bertanggung jawab selain untuk menerapkan prokes untuk diri sendiri juga wajib mengingatkan sesama,” katanya.

Menurutnya, dengan peran serta masyarakat dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan di area publik, dapat membantu pemerintah dan tenaga kesehatan untuk mencegah adanya gelombang ketiga COVID-19.

“Tidak mengharapkan adanya gelombang ketiga COVID-19, tapi setidaknya kita siap siaga, peran semua pihak dibutuhkan terutama masyarakat. Sebab pandemi COVID-19 hanya bisa dituntaskan dengan sinergisitas seluruh pihak,” ucapnya.

Diketahui di tengah tren melandainya kasus COVID-19 di Lampung. Di sejumlah jalan protokol ataupun di area publik di Kota Bandarlampung, banyak masyarakat yang abai menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mencuci tangan.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Lampung menyebutkan bahwa penambahan kasus COVID-19 di provinsi ini bertambah 16 pasien sehingga total yang sudah terinfeksi virus corona hingga kini berjumlah 49.420 orang.

“Penambahan 16 kasus COVID-19 di provinsi ini didapatkan dari delapan kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

Dia menyebutkan bahwa Kota Bandarlampung menyumbangkan tiga pasien COVID-19, Metro, tiga, Kabupaten Pesawaran satu, Lampung Tengah satu, Lampung Timur satu, Lampung Barat dua, Lampung Selatan tiga dan Tanggamus dua.

“Sedangkan tujuh daerah lainnya yakni Waykanan, Mesuji, Pringsewu, Lampung Utara, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, pesisir Barat nihil kasus harian COVID-19,” kata dia.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kasus kesembuhan di Lampung hingga kini berjumlah 44.924 orang setelah terdapat 26 orang yang telah dinyatakan selesai menjalani isolasi.

Kemudian, Kadinkes juga mengatakan bahwa penambahan kasus kematian akibat COVID-19 hingga kini berjumlah 3.797 setelah terdapat satu pasien yang meninggal dunia karena terpapar virus corona. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.