31 Puskesmas di Bandar Lampung Buka Layanan Vaksin Booster Kedua

oleh -0 Dilihat
31 Puskesmas di Bandar Lampung Buka Layanan Vaksin Booster Kedua
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung telah membuka pelayanan untuk vaksinasi booster ke-2 di 31 Puskesmas. (Ilustrasi)

Bandarlampung- Aturan vaksin booster kedua bagi masyarakat umum telah termuat dalam SE Kemenkes RI terbaru tentang Vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 bagi kelompok masyarakat umum.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandar Lampung pun telah membuka pelayanan untuk vaksinasi booster ke-2 di 31 Puskesmas.

“31 puskesmas sudah disiapkan pemkot untuk memberikan pelayanan vaksinasi booster ke dua kepada masyarakat umum,” ungkap Plt Dinkes Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri, saat dihubungi pad Rabu (25/1/2023).

Dia mengatakan, pelayanan akan sama seperti pemberian vaksin pertama hingga booster pertama, masyarakat diminta untuk langsung datang membawa kartu tanda penduduk di puskesmas yang telag ditunjuk.

Pemkot juga tetap membuka layanan vaksinasi ditempat keramaian salah satunya pusat perbelanjaan modern yang ada di Bandar Lampung. Untuk vaksinasi di mall, jika ingin vaksinasi biasa minimal dibawah 10 orang yang datang dan jika ingin booster minimal 12 orang.

“Untuk vaksinasi di mall atau supermarket ada minimal orang yang menerima vaksin, hal ini dilakukan sesuai aturan kesehatan dan vaksin tidak ada yang terbuang jika sudah dibuka,” ucapnya.

Untuk diketahui  capaian vaksinasi per tanggal 2 Januari 2023, dosis pertama sudah mencapai 90,13 persen atau 888.989 orang, untuk dosis dua terdapat 78,25 persen atau 771.857 orang.

“Selanjutnya dosis ketiga 36,79 persen atau 281.528 orang, terakhir untuk dosis empat terdapat 6,16 persen atau 6.352 orang,” ungkapnya.

Berdasarkan aturan tersebut pelaksanaan vaksinasi booster kedua akan dilakukan mulai tanggal 24 Januari 2023.

“Mulai 24 Januari 2023, dapat dimulai pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster ke-2 bagi semua masyarakat umum,” bunyi poin pertama SE Kemenkes RI tersebut.

Meski demikian, masyarakat perlu mengetahui informasi syarat dan ketentuan vaksin booster kedua. (Roy Basakara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.