Mau Baterai HP Awet? Tips & Trik Rahasia Ini Bisa Kamu Coba Lho…

oleh -
Ilustrasi isi daya HP. FOTO: freepik.com

Diskursus Network – Gawai atau ponsel atawa handphone (HP) kini tentu bukan lagi menjadi barang mewah bagi kita. Hampir setiap orang di dunia mungkin saja sudah memilikinya.

Bukan sesuatu yang aneh pula juga kini orang-orang sangat tergantung  dengan HP. Untuk bekerja, menyimpan foto, berkomunikasi dengan keluarga hingga teman, menyimpan data dan lain-lain.

Bahkan, bisa dibilang orang-orang sekarang lebih rela ketinggalan uang daripada ketinggalan HP. Dunia serasa berhenti, atau mati gaya istilahnya.

Nah, tentunya kita tidak mau kan, saat sedang asik-asiknya bermain HP, lalu baterainya tiba-tiba habis atau karena kita tidak aware merawat HP, baterainya jadi cepat drop.

Berikut ini tips mengisi daya supaya baterai HP kita tetap awet. Eh, tapi jangan bilang-bilang ya, ini rahasia kita saja, heee, kuy disimak:

  1. Gunakan Charger Original

Setiap pabrikan dan tipe HP memiliki standar tegangan berbeda yang diperlukan untuk mengisi daya. Kebiasaan meminjam charger orang lain sangat beresiko, apalagi memakai produk palsu yang cenderung memiliki tegangan tidak stabil.

  1. Matikan HP Saat Mengisi Daya

Pada kondisi ini HPmu hanya fokus dengan satu proses, yaitu: mengisi daya. Jika hal itu dilakukan, akan membuat bateraimu lebih awet.

  1. Lepas Case HP Saat Mengisi Daya

Saat mengisi daya, HPmu terasa hangat kan? Nah, hal ini disebabkan oleh baterai HPmu yang sedang bekerja. Dengan melepas case HP tentu membuat sirkulasi panas menjadi lancar, sehingga baterai HP tetap memiliki performa yang baik.

  1. Gunakan Power Bank yang Sama dengan Tegangan Charger HP

Terlalu sering menggunakan power bank dapat berdampak buruk pada HP mu??? Tidak sepenuhnya benar loh.

Pada dasarnya power bank digunakan untuk mengisi daya yang bisa kalian bawa. Tentu itu menjadi hal yang sangat efisien. Tetapi kamu harus tetap memperharikan spesifikasi power bank nya ya.

  1. Hindari Mengisi Daya dengan Port USB Laptop

Kebanyakan laptop terbaru memiliki fitur Power Delivery 3.0, dan lain-lain yang bisa kamu gunakan untuk mengisi daya elektronik terutama HP. Sebaiknya kamu lebih teliti untuk membaca tegangan yang dikeluarkan. Jika berbeda, maka hindari penggunaan itu dalam jangka panjang.

Cukup mudah bukan tips merawat baterai HP mu? Semoga bermanfaat ya…(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.