Tiket Habis, Antusiasme Mudik Lebaran 2024 Meningkat

oleh -0 Dilihat
Pelabuhan Merak
Pelabuhan Merak (foto ASDP)

Merak– 6 April 2024 – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyambut antusiasme tinggi pengguna jasa yang menggunakan layanan kapal ferry selama periode mudik Lebaran tahun ini.

Memasuki H-4 mudik Lebaran, volume penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa menuju Sumatera terus meningkat.
Antusiasme ini telah menghabiskan kuota tiket ferry ekspres dan reguler untuk semua golongan kendaraan hingga tanggal 8 April 2024.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy, mengungkapkan bahwa sesuai dengan prediksi rencana operasi Angkutan Lebaran 2024, puncak arus mudik penyeberangan terjadi pada Sabtu (6/4) atau H-4 hingga Minggu (7/4) besok.

“Volume kendaraan menuju Pelabuhan Merak terus meningkat sejak Sabtu (6/4) pagi hingga sore hari ini pemudik sangat tinggi di lintas Merak – Bakauheni, di mana total penumpang yang menyeberang dari H-7 hingga H-5 dari Jawa ke Sumatera telah mencapai 222 ribu orang dan 46.250 unit kendaraan,” ujar Shelvy.

Ia menambahkan bahwa tingginya antusiasme pemudik telah membuat tiket ferry, baik layanan ekspres maupun reguler rute Merak-Bakauheni, habis terjual hingga jadwal keberangkatan 8 April 2024.

“Tiket yang tersedia saat ini hanya untuk pejalan kaki baik layanan ekspres maupun reguler di Pelabuhan Merak. Sementara tiket untuk pemudik motor masih tersedia melalui Pelabuhan Ciwandan-Banten, namun, untuk kendaraan roda dua di Pelabuhan Ciwandan, tersedia hanya 30 persen karena sudah terjual 70 persen,” tambahnya.

Shelvy juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pembelian tiket setelah tanggal 8 April 2024 untuk kenyamanan, keamanan, dan kelancaran perjalanan menggunakan kapal ferry khususnya dalam momen mudik Lebaran tahun ini.

“Manajemen telah melakukan sosialisasi massif bahwa pembelian tiket online dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum keberangkatan.

Dengan melakukan reservasi perjalanan lebih awal, perjalanan akan lebih terjamin, aman, dan nyaman. Pastikan untuk membeli tiket online hanya di website Ferizy di trip.ferizy.com atau aplikasi Ferizy dan mitra resmi Ferizy.

Dan menghimbau pemudik jangan membeli tiket ketika baru menuju ke pelabuhan, dan hindari membeli tiket via calo di area pelabuhan,” ujarnya.

Angkutan Lebaran tahun ini diprediksi mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta unit kendaraan di 8 lintasan terpantau Nasional yang berada di bawah koordinasi 9 Cabang ASDP.

H-5: Penumpang Naik 15 Persen

Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 5 April 2024 hingga pukul 23.59 WIB) atau H-5, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 48 unit kapal.

Total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mencapai 95.136 orang atau naik 15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tercatat realisasi kendaraan roda dua mencapai 4.600 unit atau naik 4% dibandingkan tahun lalu. Sedangkan kendaraan roda empat mencapai 13.168 unit atau naik 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Jumlah total kendaraan yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-5 mencapai 20.412 unit atau naik 16% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Sementara di Posko Bakauheni, jumlah total penumpang mencapai 51.905 orang atau naik 16% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kendaraan roda dua mencapai 713 unit atau naik 75% dibandingkan tahun lalu, sementara kendaraan roda empat mencapai 6.116 unit atau naik 11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Total kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mencapai 9.567 unit atau naik 16% dibandingkan tahun lalu.

Temukan informasi menarik lainnya diĀ GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.