Jadi Petugas Haji Bukan Perkara Mudah, Kemenag Akan Hadirkan Psikolog di Bimtek PPIH 2024

oleh -0 Dilihat
Jadi Petugas Haji Bukan Perkara Mudah, Kemenag Akan Hadirkan Psikolog di Bimtek PPIH 2024
Dirjen Bina Haji Hilman Latif saat membuka kegiatan Bimtek PPIH Arab Saudi Selasa 19/3/2024 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta

Jakarta- Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, resmi dibuka hari ini (19/3) dengan diikuti 890 peserta PPIH. Kegiatan yang akan berlangsung 10 hari ke depan ini akan mengasah penguatan mental petugas. Untuk itu, pihak Kementerian Agama sebagai penyelenggara akan menghadirkan Psikolog.

Menurut Dirjen Bina Haji Hilman Latif, hal ini menjadi penting mengingat banyak tugas yang harus dilakukan PPIH selama berada di Arab Saudi nanti. Kedisiplinan dan kesabaran
petugas adalah modal yang harus dimiliki.

“Kita berjibaku melayani jemaah, mendampingi nanti jauh dari relevansinya dari tugas kita” Katanya.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengingatkan agar para PPIH menjaga etika dan bijak dalam menggunakan media sosial.

“Etika petugas haji ini juga penting, diharapkan petugas bisa menjaga marwah dan jati diri, dan cara bermedos sebagai petugas ini. Tidak semua hal bisa dipublish apalagi terkait di luar penugasan” bebernya.

Petugas haji nantinya akan bertugas selama 45-70 hari. Kemenang menyiapkan 5 hari pelatihan Tusi (Tugas & Fungsi) dan 4 hari melaksanakan Bimtek terintegrasi dengan kementerian lain. Melalui kegiatan Bimtek, peserta akan mendapatkan materi baik terkait kepemimpinan dan manajerial, konsultasi ibadah, layanan, akomodasi, transportasi, dan sebagainya.

“Saya berpesan, manfaatkan ini, dari seleksi yang panjang melelahkan untuk melayani . Ketika mengantar jema’ah haji Insyaallah petugas akan dapat kemabruran yang sama” jelas Hilman. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.