Laris Manis Penjual Kolang Kaling Di Pasar Minggu Jaksel

oleh -0 Dilihat
kolang kaling
Suasana pembeli memilih kolang kaling di Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Jakarta – Bulan suci Ramadhan membawa berkah, itulah yang dirasakan oleh penjual kolang kaling di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Pasalnya, banyak pedagang usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM yang menjual makanan atau minuman dengan bahan kolang kaling.

Kolang kaling merupakan salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi aneka menu takjil. Iskandar, salah satu penjual kolang kaling di Pasar Minggu menyebut hasil penjualannya lebih besar pada saat bulan puasa Ramadhan dibandingkan dengan penjualan di hari biasa.

“Itu perhitungannya itu bisa kita perkirakan dari akhir bulan Ramadan sebelumnya, untuk menentukan berapa jumlah jualan di Ramadan berikutnya,” ucap penjual kolang kaling Iskandar.

Iskandar, menyebut bahan baku kolang kaling selalu meningkat pada saat bulan ramadhan akibat peminat yang sangat tinggi.

“Itu kalau bukan bulan puasa biasa aja, puasa ini ekstrem penjualan karena kan ada UMKM itu yang bikin makanan dari bahan kolang-kaling,” tambahnya.

Roqib, penjual kolang kaling di Pasar Minggu menuturkan hal yang sama. Ia mengungkapkan dagangan kolang kalingnya saat bulan puasa naik sebesar sepuluh persen dibandingkan dengan hari biasa.

kolang kaling
Kolang Kaling di Pasar Minggu, Jakarta Selatan laris

Baca juga: Laris Manis Saat Ramadhan, Ini 4 Daerah Penghasil Kolang-Kaling di Indonesia

Dalam penjualan sehari, Roqib mengaku dirinya menghabiskan sebanyak sembilan karung kolang kaling atau 450 kilogram kolang kaling. Roqib menjual perkilo kolang kaling sebesar Rp 20 ribu sampai dengan Rp25 ribut ergantung jenis dan besar kolang kaling yang dijual.

“Perbandingan hari-hari biasa dengan puasa ini bisa mencapai 10 persen, penjualannya sehari bisa 9-10 karung, sekitar 450an kilo, tergantung besar kecilnya,” beber Roqib.

Roqib mengungkapkan harga perkilo kolang kaling di bulan puasa dengan hari di bulan lain masih sama. Namun, pada saat menjelang Idul Fitri, Roqib mengatakan harga kolang kaling naik, tergantung dengan pasokan kolang kaling yang Ia miliki.

“Harga sih masih sama dengan bulan lalu, cuma deket-dekat Lebaran biasa dinaikin dari pemasoknya juga sudah dinaikin harganya,’ ucap Roqib.

Seperti diketahui, seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa di Bulan Suci Ramadan pada hari ini sejumlah pedagang pasar mulai menjual bahan pangan yang kerap dicari sebagai bahan pembuat takjil di saat bulan puasa. (DN-P)

Baca informasi menarik di Google Berita dan saluran DiskursusNetwork

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.