Arab Mulai Puasa Hari Ini Sementara Oman, Pakistan Hingga Iran Selasa Besok

oleh -0 Dilihat
Arab
Wilayah Timur Tengah

Jakarta – Tahun 2024 ini, awal bulan Ramadan bervariasi di berbagai negara. Arab Saudi, Qatar, dan UEA telah menetapkan hari pertama Ramadan pada Senin, 11 Maret, setelah penampakan bulan dilakukan oleh astronom terkemuka di Hawtat Sudair.

Sementara itu, negara-negara lain seperti Oman, Pakistan, Australia, Malaysia, Brunei, dan Iran akan memulai Ramadan pada hari Selasa, 12 Maret. Penetapan ini bergantung pada pengamatan bulan baru dan perhitungan, yang merupakan praktik yang telah lama ada dalam tradisi Islam.

Dipimpin oleh Direktur Observatorium Astronomi, Abdullah Al-Khudairi, di Sudair para astronom dari Departemen Observatorium Astronomi Universitas Majmaah di Riyadh menandai dimulainya 1 Ramadan 1445 H di Arab Saudi seperti dilansir dari Arab News, Senin (11/03/2024).

Baca juga: Besok, Selasa 12 Maret 2024 Mulai Berpuasa Ramadan 1445 H

Penentuan tanggal mulai bergantung pada perhitungan bulan dan penampakan fisik bulan baru, sebuah praktik yang berakar pada tradisi Islam.

“Perhitungan dan teknologi melengkapi proses penampakan. Saya katakan bahwa perhitungan astronomi dan pengamatan dengan mata telanjang, seperti mata manusia, keduanya saling membutuhkan,” kata Al-Khudairi.

Ke depan, Universitas Majmaah mengungkapkan rencana untuk meningkatkan fasilitasnya dan menambah timnya untuk lebih menyederhanakan proses penampakan bulan. (DN)

Baca informasin menarik lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.