Ini Daftar Beasiswa Dalam Negeri dan Informasi Pendaftarannya, Jangan Ketinggalan!

oleh -0 Dilihat
Ini Daftar Beasiswa Dalam Negeri dan Informasi Pendaftarannya, Jangan Ketinggalan!
Pelajar Indonesia memiliki kesempatan yang cukup besar untuk memperoleh beasiswa, terutama beasiswa dalam negeri

Jakarta- Di bawah ini daftar beasiswa dalam negeri yang bisa kamu apply untuk mencerahkan masa depanmu. Menempuh pendidikan tinggi di universitas bukanlah hal yang mudah bagi sebagian pelajar. Kondisi ekonomi keluarga yang kurang baik sering menjadi penghalang mereka meraih cita-cita.

Untungnya, pelajar Indonesia memiliki kesempatan yang cukup besar untuk memperoleh beasiswa, terutama beasiswa dalam negeri. Dengan demikian, mereka yang kurang beruntung dapat memperoleh keringanan biaya kuliah.

Beasiswa dalam negeri adalah beasiswa yang disediakan oleh instansi pemerintah atau organisasi yang ada di dalam negeri. Beasiswa ini dapat digunakan untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, beasiswa dalam negeri juga dapat digunakan untuk kuliah S1, S2, dan S3.

Ini Daftar Beasiswa Dalam Negeri S1

Calon mahasiswa maupun mahasiswa on going memiliki banyak pilihan beasiswa S1 dalam negeri yang bisa mereka apply. Sebagian beasiswa ini adalah full scholarship dan sebagian lainnya adalah partial scholarship. Apa saja beasiswa dalam negeri yang tersedia? Ini daftar beasiswa dalam negeri yang bisa meringankan biaya kuliahmu.

1. KIP Kuliah
KIP Kuliah adalah beasiswa dalam negeri S1 yang disediakan oleh pemerintah Indonesia. KIP Kuliah diberikan bagi lulusan SMA/SMK. Beberapa syarat untuk memperoleh beasiswa ini adalah lulusan SMA/SMK yang memiliki Kartu Indonesia Pintar.

KIP Kuliah
Foto: Canva

Lulusan SMA/SMK yang tidak mampu dan tidak memiliki KIP tetap dapat memperoleh beasiswa ini jika melampirkan surat keterangan tidak mampu. Pendaftaran KIP kuliah hanya dibuka bagi lulusan SMA/SMK yang sudah diterima di PTN.

Mereka yang memperoleh KIP akan memperoleh bantuan biaya pendidikan hingga lulus atau sesuai jangka waktu yang ditentukan oleh pemerintah. Di tahun 2024, pemerintah mengalokasikan dana sebesar 13,9 triliun rupiah yang disalurkan kepada lebih dari 980.000 mahasiswa

Sebagian dana tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa KIP Kuliah yang masih kuliah dan sebagian untuk mahasiswa baru yang mendaftar KIP Kuliah 2024. Pendaftaran KIP Kuliah dimulai pada Februari-Oktober 2024. Informasi pendaftaran bisa dicek di website KIP Kuliah.

Setelah lolos seleksi KIP Kuliah, mahasiswa tidak lagi pusing memikirkan biaya kuliah karena semua biaya tersebut telah dibayar ke PTN tempat mereka kuliah. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh uang saku sebesar 800 ribu hingga 1,4 juta rupiah per bulan tergantung golongannya.

2. Beasiswa Djarum
Beasiswa Djarum disediakan oleh Djarum Foundation bagi mahasiswa on going minimal semester 4. Beberapa syarat lain untuk bisa memperoleh beasiswa ini adalah IPK minimal 3,00 dan aktif dalam kegiatan organisasi kampus maupun luar kampus.

Beasiswa Djarum diberikan kepada penerima, disebut juga Beswan Djarum, selama satu tahun saja. Sehingga, beasiswa ini tergolong partial scholarship. Besarnya dana beasiswa yang akan diterima oleh beswan Djarum adalah 1 juta rupiah per bulan.

Selain memperoleh dana beasiswa, beswan Djarum juga akan memperoleh pelatihan skill dan memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tertentu yang diadakan oleh Djarum Foundation.

Pendaftaran Beswan Djarum biasanya dibuka pada bulan Maret – Mei. Pendaftaran terbuka bagi mahasiswa yang berkuliah di universitas mitra Djarum Foundation. Kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang beasiswa ini bisa mengunjungi djarumbeasiswaplus.org.

3. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
Beasiswa lain yang diperuntukkan bagi mahasiswa aktif adalah Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Beberapa syarat untuk mendaftar program beasiswa ini adalah mahasiswa semester 2 hingga 6, IPK minimal 3,00, dan aktif berorganisasi.

Pertamina Sobat Bumi
Foto: Canva

Penerima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi akan memperoleh banyak benefit, contohnya bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, dan capacity building. Besarnya bantuan biaya kuliah adalah 4 juta rupiah/semester dan besarnya bantuan biaya hidup adalah 500 ribu rupiah/bulan.

Pendaftaran beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2024 dibuka mulai 22 Januari 2024 hingga 24 Februari 2024. Informasi cara mendapatkan beasiswa dalam negeri ini bisa dilihat di pertaminafoundation.org.

4. Beasiswa BCA Finance
Beasiswa BCA Finance ditujukan bagi mahasiswa semester 5 hingga 8 yang aktif kuliah. Mahasiswa dari PTN maupun PTS dapat mendaftar program beasiswa tersebut. Beberapa syarat pendaftarannya adalah IPK minimal 3,00 (PTN) atau 3,20 (PTS) dan aktif berorganisasi.

Selain itu, pendaftar minimal sudah menempuh 4 semester dan maksimal 6 semester. Besarnya beasiswa BCA Finance adalah 3,5 juta rupiah per semester. Pembukaan pendaftaran beasiswa ini biasanya berlangsung pada bulan Juni atau Juli.

5. Beasiswa Bank Indonesia
Beasiswa Bank Indonesia diberikan kepada mahasiswa on going minimal semester 3. Syarat untuk memperoleh beasiswa ini sedikit lebih rumit dari beasiswa KIP Kuliah. Hal ini karena beasiswa tersebut diprioritaskan bagi mahasiswa dari keluarga pra sejahtera dan aktif dalam kegiatan sosial.

Selain itu, calon penerima harus memiliki IPK minimal 3,00 serta berusia maksimal 23 tahun. Mereka yang lolos seleksi beasiswa ini akan memperoleh benefit sebesar 1 juta rupiah per bulan. Selain benefit tersebut, penerima beasiswa juga berkesempatan mengikuti pelatihan dari BI.

Pendaftaran program Beasiswa BI biasanya dibuka pada bulan Februari. Untuk mengetahui detail syarat dan jadwal pendaftaran, mahasiswa dapat mengunjungi website bicara131.bi.go.id. Umumnya mereka juga bisa memperoleh informasi ini dari website kampus.

Ini Daftar Beasiswa Dalam Negeri S2 dan S3

Jumlah program beasiswa dalam negeri untuk kuliah jenjang S2 dan S3 lebih sedikit daripada untuk S1. Selain itu, persyaratan pendaftaran beasiswa S2 dan S3 biasanya lebih rumit. Berikut ini daftar beasiswa dalam negeri S2 dan 23.

1. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
Beasiswa LPDP sudah sangat terkenal di antara mahasiswa S1 atau S2 yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa LPDP juga dikenal sebagai Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan
Foto: Canva

Beasiswa tersebut bisa berupa full scholarship maupun partial scholarship untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri. Ada beberapa program beasiswa yang berada di bawah naungan beasiswa LPDP.

Beberapa program tersebut adalah Beasiswa Regular, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa ASN, TNI, dan Polri, dan Beasiswa Putra-Putri Papua. Pendaftaran program beasiswa tersebut biasanya dibuka dua kali, yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Beberapa syarat untuk mendaftar program beasiswa ini adalah WNI yang sudah lulus S1 atau S2 dan surat rekomendasi dari atasan atau kampus. Info beasiswa dalam negeri LPDP lebih lanjut dapat diperoleh di website lpdp.kemenkeu.go.id.

2. Beasiswa Unggulan
Beasiswa S2 dalam negeri lainnya adalah Beasiswa Unggulan. Beasiswa ini diberikan oleh Kemendikbud dan diberikan kepada mereka yang berprestasi. Ada beberapa program beasiswa yang berada di bawah naungan Beasiswa Unggulan Kemendikbud.

Salah satu program tersebut adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi. Jika kamu adalah masyarakat umum, yang berprestasi, kamu memiliki kesempatan untuk mendaftar program beasiswa ini.

berprestasi,
Foto: Canva

Program Beasiswa Masyarakat Berprestasi ditujukan untuk mahasiswa aktif dan berprestasi S1, S2, S3 atau maba yang diterima di universitas jenjang S1, S2, dan S3. Khusus untuk mahasiswa aktif atau on going, mereka baru bisa mendaftar Beasiswa Unggulan saat semester 3.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan biasanya dibuka pada bulan Agustus. Selanjutnya, seleksi dilakukan sebanyak dua tahap di bulan September. Informasi yang lebih detail tentang pendaftaran program beasiswa ini bisa diperoleh di beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Kesimpulannya, berikut ini daftar beasiswa dalam negeri: KIP Kuliah, Beasiswa Djarum, Beasiswa Pertamina, Beasiswa BCA Finance, Beasiswa BI, Beasiswa LPDP, dan Beasiswa Unggulan. Dari ketujuh program ini, hanya 2 program beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa S2 dan S3.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.