9 Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga, Pasti Untung!

oleh -0 Dilihat
9 Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga, Pasti Untung!
Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ada banyak. (Ilustrasi: Canva)

Jakarta- Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ada banyak. jadi bagi yang ingin menambah penghasilan, maka bisa mencobanya. Sekarang ini menjadi ibu rumah tangga bukan lagi halangan untuk seseorang bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri.

Beberapa bahkan cukup dilakukan dari rumah saja untuk menjalankannya dan cukup dengan modal yang minim. Penasaran ada peluang usaha apa saja yang bisa dilakukan bagi seorang ibu rumah tangga? Cari tahu beberapa pilihan yang bisa kamu coba pada artikel berikut ini.

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang bukan yang mudah. Terlebih lagi jika harus mengurus anak-anak yang masih kecil. Namun ada kalanya merasa bosan, jenuh dan ingin melakukan kegiatan produktif yang bisa menghasilkan uang untuk membantu keuangan keluarga.

Berikut ini merupakan beberapa pilihan peluang usaha yang bisa kamu coba dari rumah dengan modal yang minim.

1. Membuka Usaha Catering Rumahan
Bagi kamu yang jago atau hobi memasak, membuka usaha catering rumahan bisa menjadi ide bisnis yang cocok untuk digeluti. Tidak perlu takut modal tinggi, karena untuk memulainya hanya perlu menyiapkan modal untuk membeli bahan-bahan masakan yang akan dibuat.

Catering Rumahan
Foto; Canva

Berbagai keperluan dan tempat memasak bisa menggunakan alat-alat-alat yang ada di dapur. Langkah awal untuk mencoba usaha ini bisa dengan memasarkannya melalui media sosial atau orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Membuka usaha catering rumahan membutuhkan kreatifitas kamu dalam memilih menu makanan yang akan dimasak. Buatlah sevariatif mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

2. Gabung Menjadi Dropshipper
Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga tanpa modal yaitu gabung menjadi seorang dropshipper. Dengan hadirnya e-commerce membuat siapapun bisa dengan mudah merintis usaha dari mana saja bahkan hanya dari rumah.

Dropshipper
Foto: Canva

Salah satunya yaitu dengan menjadi dropshipper. Adapun yang dimaksud dengan dropshipper adalah salah satu jenis usaha yang dilakukan dengan cara menyalurkan barang atau produk yang akan dijual melalui distributor kepada konsumen yang dimiliki.

Jadi seorang dropshipper tidak harus memiliki persediaan barang atau produk yang dijual, karena tugasnya hanya memasarkan produk milik supplier. Jika terdapat pembeli, maka kamu hanya perlu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier untuk diproses.

Hal tersebut tentu sangat mudah bukan? Kamu hanya perlu menyiapkan smartphone dan akses internet. Maka dari itu, peluang usaha yang satu ini sangat cocok dilakukan untuk ibu rumah tangga. Karena memang waktunya lebih fleksibel, mudah dan sangat praktis.

Tips menjadi seorang dropshipper sangat mudah, kamu hanya perlu mencari barang yang sekarang ini sedang trend atau banyak diminati oleh orang lain. Kemudian tawarkanlah kepada orang-orang sekitar bisa juga dengan mempromosikannya melalui sosial media yang kamu miliki.

3. Menjadi Freelancer
Mencari sumber penghasilan sekarang ini sudah bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan internet saja, salah satunya yaitu menjadi seorang freelancer. Bidang yang akan digeluti bisa disesuaikan dengan kemampuan atau skill yang kamu miliki.

Beberapa pilihan diantaranya yaitu menjadi penulis, editor naskah, design, atau penerjemah. Seiring dengan berkembannya teknologi, kebutuhan akan tenaga designflyer atau banner, penulis, editor dan lainnya akan semakin banyak dibutuhkan.

Freelancer
Foto: Canva

Selain itu, peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga menjadi seorang freelancer juga cukup tinggi. Pasalnya sekarang ini informasi semakin mudah didapatkan melalui internet. Jadi kamu bisa memanfaatkan banyak platform sebagai media untuk mendapatkan klien.

Kamu juga bisa memamerkan portofolio yang dimiliki agar calon klien tahu akan kemampuan dan keahlian yang kamu punya.

4. Usaha Kerajinan Tangan
Suka membuat kerajinan tangan? Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini cocok untuk kamu coba. Ada banyak pilihan opsi kerajinan tangan yang bisa ditekuni, atau bagi yang sudah memiliki keahlian di bidang kerajinan tangan maka bisa disesuaikan saja.

Kerajinan Tangan
Foto: Canva

Beberapa diantaranya yaitu lilin aroma terapi, rajutan, merangkai bunga dan masih banyak lainnya. Mulailah dengan hal-hal yang disukai agar hasilnya bisa lebih maksimal.

5. Membuka usaha kue kekinian
Usaha kue kekinian sekarang ini juga menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup potensial. Sekarang ini banyak anak muda yang mencari kue dengan karakter lucu untuk merayakan ulang tahun, kelulusan atau momen spesial lainnya.

kue kekinian
Foto: Canva

Membuka usaha sampingan yang satu ini juga tidak membutuhkan modal yang besar karena tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan. Cukup dengan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kue kamu.

Selain itu, juga tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan dan hanya perlu kulkas untuk menyimpan kue di rumah.

6. Berbisnis Tanaman Hias
Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang membahas gaya hidup minimalis di media sosial. Salah satu yang terpenting dari gaya hidup ini adalah dengan menjadikan rumah sebagai tempat yang asri dan segar, melalui penanaman tanaman di dalamnya.

Tanaman Hias
Foto: Canva

Tidak heran jika sekarang ini semakin banyak pedagang tanaman hias yang bermunculan. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga dengan modal yang kecil.

Pilihlah tanaman yang memiliki peminat paling banyak atau sedang digemari. Usaha yang satu ini tergolong mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Mengingat beberapa bibit tanaman hias dijual dengan harga yang terjangkau.

7. Membuka Les Privat atau Pengajar Les
Menjadi seorang pengajar les tidak hanya menjanjikan peluang yang tinggi. Ide usaha yang satu ini juga bermanfaat untuk menyalurkan ilmu yang dimiliki agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

Menjadi pengajar les tentunya bisa memberikan kepuasan yang lebih, karena kamu bisa membantu anak-anak yang membutuhkan bantuan dalam memahami materi-materi yang sulit dipelajari di sekolahan.

Pengajar Les
Foto: Canva

Terlebih lagi ketika anak didik kamu bisa memperoleh nilai yang memuaskan. Membuka usaha bisnis yang satu ini bisa dilakukan di rumah, jadi lebih mudah dan praktis. Bahkan kamu tidak membutuhkan modal uang sama sekali.

8. Membuka Jasa Tata Rias dari Rumah
Berikutnya bagi yang hobi merias diri dan memiliki kemampuan yang baik, maka bisa juga membuka usaha sampingan jasa tata rias dari rumah. Target pelangganya bisa mencari anak-anak muda atau sesama ibu rumah tangga yang memerlukan jasa tata rias dan hair stylist.

Jasa Tata Rias
Foto: Canva

Biasanya jasa tata rias ini dibutuhkan ketika acara lamaran, wisuda hingga perayaan special lainnya.

9. Membuka Toko Kelontong
Usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang terakhir adalah membuka toko kelontong. Agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak, bisa memulainya dengan menjual bahan-bahan pokok terlebih dahulu.

Seiring dengan berjalannya waktu kamu bisa menambah barang jualan yang kira-kira berpotensi laris terjual. Usaha yang satu ini sudah ada sejak lama dan banyak yang telah menjalaninya.

Toko Kelontong
Foto: Canva

Dengan membuka toko kelontong, sembari menunggu pelanggan kamu juga bisa mengurus pekerjaan rumah lainnya. Beberapa peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di atas bisa menjadi referensi bagi yang ingin mencari penghasilan tambahan dengan modal yang minim.

Sekarang ini, semakin banyak pilihan ide usaha yang bisa kamu jalankan dari rumah, jadi bisa lebih praktis dan fleksibel. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.