Ini Plus Minus Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Tepat  atau Tidak?

oleh -0 Dilihat
Ini Plus Minus Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran, Tepat  atau Tidak?
Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di Kabupaten Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. (Foto: Instagram @prabowo)

Jakarta- Baru-baru ini TKN Prabowo-Gibran secara resmi telah meluncurkan program “Makan Siang Gratis” guna memperbaiki kualitas gizi anak sekolah. Namun kira-kira apa plus minus program makan siang gratis Prabowo? Setiap program yang akan dikeluarkan pemerintah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Peluncuran makan siang gratis bertujuan untuk mendongkrak kualitas gizi anak sekolah memang bisa menimbulkan dampak positif bagi beberapa sektor. Namun ternyata, ada sejumlah pihak yang kurang setuju dengan program dan memberikan kritik dari segi kekurangan yang akan ditimbulkan nantinya.

Sebenarnya tidak hanya diperuntukkan bagi anak sekolah, namun pemberian makan siang gratis juga diberikan bagi ibu hamil yang membutuhkan pemenuhan gizi optimal. Program makan siang gratis yang dikeluarkan oleh Paslon 02 Prabowo-Gibran ternyata diklaim memiliki kelebihan dan kekurangan lho.

1. Membantu Meningkatkan Gizi Anak Bangsa
Terkait dengan makan siang gratis, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional (Riskesdas) tahun 2018, menunjukkan bahwa anak sekolah seringkali mengalami masalah gizi. Anak-anak memang rentan mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi, kurus, pendek, anemia, kegemukan, dan obesitas akut. Sedangkan masalah gizi utama di Indonesia meliputi kekurangan vitamin A, kekurangan energi protein, anemia gizi besi, dan kekurangan yodium.

Tentu ada berbagai macam alasan anak mengalami masalah gizi misal gangguan pencernaan, kemiskinan, diare, dan minim pengetahuan. Hal inilah yang melatarbelakangi Capres Cawapres 02 Prabowo-Gibran berencana mengeluarkan program makan siang gratis bagi anak sekolah dan ibu hamil. Makan gratis bertujuan untuk bisa memperbaiki gizi anak di sekolah sekaligus memperbaiki kondisi perekonomian rakyat.

2. Bisa Mengurangi Angka Kelaparan
Di Indonesia sendiri masih banyak keluarga yang memiliki penghasilan rendah di bawah 30 ribu per harinya. Hal inilah yang membuat angka kelaparan rakyat Indonesia terus meningkat, walau pemerintah sudah mengeluarkan sejumlah kebijakan yang berkaitan dengan dana bantuan sosial.

Program Prabowo
Foto: Instagram @prabowo

Plus minus program makan siang gratis Prabowo memang nantinya bisa ditelaah oleh mata rakyat selaku objek kebijakan. Jika ditinjau dari awal, program makan siang gratis akan membantu mengurangi beban kelaparan sekaligus memperbaiki kekurangan gizi yang dihadapi anak-anak.

Makan siang dan minum susu gratis akan diberikan kepada murid, balita, pesantren serta ibu hamil. Berdasarkan studi WFP PBB, program makan siang gratis akan menggerakkan ekonomi sebesar Rp139.365,- bagi petani, peternak, UMKM, nelayan, dan lainnya dalam jangka panjang.

3. Program Melibatkan Warteg (Warung Tegal)
Saat menjalankan program makan siang gratis, Prabowo-Gibran berencana melibatkan pengusaha Warung Tegal (Warteg) guna meningkatkan perekonomian lokal. Setiap harinya Warteg atau pihak UMKM akan diajak kerjasama untuk menyiapkan makan siang gratis bagi anak dan ibu hamil.

Tidak beda jauh dengan contoh program kantin sehat sekolah, mereka hanya perlu memberikan makanan sehat tiap harinya. Dengan hidangan bernutrisi setiap hari, diharapkan anak-anak dan ibu hamil selalu dalam kondisi sehat serta berkonsentrasi dalam menghadapi aktivitas keseharian.

4. Sudah Diterapkan 76 Negara, Khususnya Amerika Serikat

Jika Indonesia ingin menjadi negara maju, maka sebaiknya sering berkaca dari Negara-Negara maju seperti Amerika Serikat. Prabowo-Gibran mengklaim bahwa program makan siang gratis telah berhasil diterapkan oleh 76 negara khususnya Amerika Serikat sebagai negara adidaya kuat.

Bahkan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) telah menetapkan bahwa program makan siang gratis merupakan salah satu strategi menghilangkan stunting dan kemiskinan. Plus minus program makan siang gratis Prabowo bisa dilihat dari sistem pendistribusiannya pada masyarakat.

Dengan menerapkan program makan siang gratis secara bersinergi, akan membuka peluang bagi anak kurang mampu. Semua masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah kebawah bisa dapat kesempatan sama untuk terus belajar dan berkembang. Bisa dikatakan win-win solution, bukan?

5. Harga Kebutuhan Pokok Bisa Stabil
Menurut sejumlah pihak, program makan siang gratis yang dicanangkan oleh Prabowo-Gibran akan membuat harga bahan pokok lebih stabil. Mengapa bisa demikian? Karena dalam program makan siang gratis ada kepastian pembelian yang berasal dari pihak pemerintah langsung.

Program makan siang gratis bisa berdampak dalam penambahan sumber daya manusia, lapangan kerja, dan kesehatan warga Indonesia. Setidaknya ada 1,8 juta lapangan kerja yang berkaitan dengan bidang penyediaan makanan gratis dan memberikan dampak positif bagi banyak pihak.

6. Anggaran Bersumber dari Penerimaan Negara
“Kami tidak hanya berfokus pada infrastruktur”, begitulah ucapan Gibran Rakabuming saat hadapi debat Capres Cawapres putaran kedua kemarin. Seperti halnya program makan siang gratis, paslon 02 akan membentuk Badan Penerimaan Negara untuk mendapatkan anggarannya.

Penerimaan negara harus ditangani dengan serius untuk mendapatkan persentase peningkatan dari sumber yang belum optimal. Beberapa sektor yang berkaitan dengan pertanian, perikanan, pertambangan, dan lainnya perlu dioptimalkan untuk meningkatkan penerimaan negara.

7. Program Dinilai Memberatkan APBN
Dari sekian banyak gagasan positif yang disampaikan Prabowo-Gibran, ternyata masih ada sejumlah pihak yang memberikan kritikan terkait program makan siang gratis. Program diklaim bisa memberatkan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) yang harusnya diminimalkan.

Jika ditinjau dari plus minus program makan siang gratis Prabowo, memang beberapa hal perlu dikaji ulang sebelum kebijakan diluncurkan. Memberi makan siang akan melibatkan berbagai pihak serta biaya pengeluaran, oleh sebab itu perlu dipikirkan secara matang oleh pemerintah.

8. Biaya Anggaran Rentan Disalahgunakan
Berdasarkan hasil perhitungan tim Prabowo-Gibran memperkirakan anggaran makan siang gratis di sekolah akan menghabiskan dana sekitar 464,55 triliun. Perhitungan anggaran didapatkan dari asumsi indeks per makan seperti yang dilaksanakan oleh UN WFP negara lain.

kegiatan prabowo
Capres Prabowo Subianto

Anggaran sekitar 30 miliar diyakini mampu menghasilkan multiplier ekonomi 1,5x serta memberi dampak pertumbuhan ekonomi sebesar 3%. Sayangnya, saat pelaksanaaan kebijakan belum tentu semuanya akan berjalan sesuai rencana. Mengapa ada spekulasi demikian?

Plus minus program makan siang gratis Prabowo bisa dilihat dari sisi sumber daya manusia. Dikhawatirkan anggaran yang sudah direncanakan dalam program makan siang gratis rentan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab, sehingga prakteknya tidak berjalan baik.

9. Anggaran Program Tidak Bisa Disamakan Tiap Daerah
Prabowo mengatakan, harga makan gratis dianggap rata-rata membutuhkan budget Rp15.000 per anak, kemudian susu dibandrol Rp3.000 per anak. Anggaran program ini tentunya tidak bisa disamakan tiap daerah, sehingga membutuhkan RAB matang setiap harinya.

Setidaknya pemerintah pusat perlu berkoordinasi kepada pihak provinsi dan daerah untuk bisa membuat program berjalan dengan baik. Anggaran dari program Prabowo-Gibran ini tidak bisa disamakan tiap daerah, sehingga membutuhkan persiapan untuk membuat dampak dirasakan secara merata.

Program makan siang gratis yang dicanangkan oleh Prabowo, sering disepelekan oleh sejumlah pihak karena dianggap tidak solutif mengatasi permasalahan konkret di Indonesia. Meski begitu paslon 2 Prabowo-Gibran tetap optimis program ini bisa dijalankan secara optimal.

Setelah tahu plus minus program Prabowo-Gibran yang satu ini, apakah menurutmu program cocok dilaksanakan di Indonesia? Memang banyak pro kontra dari masyarakat. Sebenarnya kebijakan apapun bisa dilaksanakan demi kepentingan rakyat, asalkan direncanakan secara matang dan lebih terstruktur. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.