Catat! Jadwal Debat Keempat Sesi Cawapres 21 Januari 2024

oleh -0 Dilihat
kpu
Ketua KPU RI, Hasyim Asyari

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, menjadwalkan debat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 keempat akan digelar pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Adapun tema pada debat keempat nanti yakni tentang Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

“Iya, tanggal 21 mas,” kata Humas KPU RI, Arief saat dikonfirmasi Diskursus Network, pada Selasa (09/01/2024).

Sementara itu, untuk waktu dan tempat pelaksanaan debat keempat, KPU RI masih akan merapatkannya terlebih dahulu.

“Belum mas, nanti kita rapatkan dulu,” ungkapnya.

Stasiun Televisi pelaksana debat keempat adalah SCTV, Indosiar dan Metro TV.

Diketahui, debat Capres-cawapres akan digelar sebanyak 5 kali dan dibagi menjadi 6 segmen dengan total durasi 150 menit.

Adapun pada format debat Pilpres 2024, calon presiden (Capres) akan berdebat sebanyak 3 kali, sedangkan calon wakil presiden (Cawapres) akan berdebat 2 kali.

Sebelumnya, KPU RI telah menggelar debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023. Pada debat pertama tersebut, mempertemukan tiga calon presiden (Capres) yakni Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca juga: Mekanisme Debat Capres-Cawapres, KPU RI: Ada 6 Segmen

Tema yang diangkat pada debat pertama adalah Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Kemudian, pada debat kedua yang juga telah digelar pada tanggal 22 Desember 2023 lalu, mempertemukan tiga Cawapres yakni Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur menjadi tema debat kedua.

Setelah itu, debat ketiga telah digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada tanggal 7 Januari 2024. Pada debat ketiga tersebut, kembali mempertemukan tiga Capres untuk saling beradu gagasan dan menyampaikan visi-misinya terkait tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

Selanjutnya pada debat keempat, akan digelar pada tanggal 21 Januari 2024 yang kembali akan mempertemukan tiga Cawapres. Terakhir, debat kelima akan digelar pada tanggal 4 Februari 2024.

Pada debat sesi kelima Capres dan Cawapres akan menyampaikan Visi dan Misinya dengan tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-Covid Society) dan Ketenagakerjaan. (Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.