Ini Fakta Menarik dari Masing-Masing Cawapres, Yuk Kenali Lebih Dekat

oleh -0 Dilihat
Hal Menarik dari Masing-Masing Cawapres
Hal-hal menarik dari masing-masing Cawapres (Doc.Dn)

Jakarta- Fakta menarik dari masing-masing cawapres menjadi salah satu jenis pembahasan yang semakin sering dibicarakan oleh masyarakat Indonesia, karena waktu pemilu 2024 semakin dekat. Masyarakat Indonesia ingin mengenal lebih dalam mengenai karakter dan kelebihan dari setiap cawapres ini.

Sebab, mereka tidak ingin salah pilih saat pemilu 2024 nanti. Fakta menarik mengenai masing-masing cawapres ini sebenarnya bisa dilihat pada momen debat kemarin. Pasalnya, pada saat debat kemarin setiap cawapres menunjukkan sikap yang berbeda. Lantas, apa saja hal menarik setiap Cawapres?

Tidak hanya fakta debat cawapres saja yang menarik perhatian publik, tapi fakta menarik terkait karakter dan kelebihan dari setiap cawapres juga sering dibahas oleh masyarakat Indonesia. Dengan mengenal karakter dan kelebihan dari setiap cawapres seperti ini, mereka jadi bisa tidak salah memilih.

Sebenarnya, baik Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, dan Cak Imin memiliki kelebihan tersendiri yang dapat mendukung kelebihan dari masing-masing capresnya. Sebelum memilih salah satu calon presiden dan wakil presiden di tahun 2024 ini, kamu harus mengenal fakta menarik dari cawapresnya dulu, yaitu:

1.    Fakta Menarik Cak Imin Cawapres Anies Baswedan

Cawapres Muhaimin Iskandar
Foto: Instagram

Nama asli Cak Imin adalah Muhaimin Iskandar dan namanya sudah sangat dikenal oleh orang-orang dewasa maupun anak-anak muda zaman sekarang. Cak Imin dikenal sebagai sosok muda yang mencerminkan Islam moderat dengan sangat baik, sehingga popularitasnya terus meningkat.

Kemudian, nama Cak Imin semakin dikenal oleh banyak orang setelah ditetapkan sebagai calon wakil presiden bersama Anies Baswedan. Ingin mengenal Cak Imin secara lebih jauh lagi? Berikut kami bagikan beberapa fakta menariknya:

a)     Cawapres Potensial di Tahun 2019

Sebelum ditetapkan sebagai calon wakil presiden bersama Anies Baswedan di tahun 2024, sebenarnya dulu Cak Imin pernah digadang-gadang akan mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019. Hal ini terjadi karena Cak Imin menempati posisi pertama dalam survei cawapres potensial di tahun 2019.

Pada saat itu, Cak Imin yang masih berstatus sebagai Ketua Umum PKB memiliki elektabilitas tertinggi dengan 14,9 persen. Maka dari itu, banyak orang percaya bahwa Cak Imin akan mendampingi Bapak Jokowi di Pilpres 2019. Namun, hal ini tidak terjadi karena Bapak Jokowi menggandeng Ma’ruf Amin.

b)    Terobsesi dengan Vespa

Tak banyak orang yang tahu bahwa Cak Imin sangat terobsesi dengan motor jadul Vespa. Ya, fakta ini akan membuat pembahasan hal menarik dari masing-masing cawapres akan semakin terdengar menarik. Cak Imin pernah bercerita bahwa awal mula dia suka dengan Vespa adalah di tahun 1984.

Saat itu, Cak Imin berhasil memiliki Vespa yang sudah diimpi-impikannya selama itu dan merawatnya dengan sebaik mungkin. Namun, setelah sekian lama Vespa itu digunakan oleh Cak Imin, akhirnya ayahanda Cak Imin memutuskan untuk menjualnya, karena sudah sering mogok.

2.     Fakta Menarik Gibran Rakabuming Raka Cawapres Prabowo Subianto

Gibran Rakabumig Raka
Foto; Canva

Jika membahas tentang hal menarik dari masing-masing cawapres 2024, maka tentu kita juga harus membahas tentang fakta menarik mengenai Gibran Rakabuming Raka yang merupakan cawapres Prabowo Subianto. Orang-orang mungkin lebih mengenal Gibran sebagai putra sulung Jokowi.

Namun, sebenarnya Gibran memiliki beberapa kelebihan yang mungkin membuatnya cocok untuk menjadi seorang wakil presiden. Selain itu, ada banyak orang juga yang bertanya-tanya apa ada debat cawapres, karena mereka ingin mendengar jawaban-jawaban Gibran.

Sebenarnya, mengenal calon wakil presiden ini tidak perlu dengan menonton debat saja, tapi kamu juga bisa mengenalnya dengan melihat beberapa fakta menariknya di bawah ini:

a)     Tumbuh Besar di Singapura

Tak banyak orang yang tahu bahwa Gibran pernah tinggal di Singapura selama hampir 8 tahun lamanya. Gibran tinggal di Singapura untuk menempuh pendidikan di bangku SMA dan perguruan tinggi. Semasa SMA Gibran bersekolah di Orchid Park Secondary School Singapore.

Kemudian, Gibran melanjutkan pendidikannya di sebuah perguruan tinggi Singapura, yaitu Management Development Institute of Singapore, mulai dari tahun 2004 hingga lulus pada tahun 2007. Setelah itu, Gibran kembali melanjutkan pendidikannya di University of Technology Sydney Australia.

b)    Cawapres Termuda

Dari sekian banyak hal menarik dari masing-masing cawapres 2024, ini adalah fakta menarik cawapres yang paling sering dibahas oleh masyarakat Indonesia. Sebab, sebelumnya Mahkamah Konstitusi (MK) menetapkan aturan pada usia cawapres yang minimal 40 tahun.

Namun, pada tahun 2024 aturan ini diganti dan membuat Gibran dapat menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Maka dari itu, fakta menarik ini masih sering dibahas oleh masyarakat Indonesia sampai sekarang ini.

3.     Fakta Menarik Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo

Mahfud MD
Foto: Instagram

Dari ketiga cawapres 2024 ini, Mahfud MD adalah sosok yang memiliki pendukung paling banyak. Sebab, masyarakat Indonesia sudah mengenal Mahfud MD sebagai tokoh hebat yang telah lama berkecimpung di dunia politik dan membantu perkembangan negara Indonesia dengan sangat baik.

Sebelum mendaftarkan diri sebagai cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo, Mahfud MD pernah menduduki jabatan eksekutif, yudikatif, dan legislatif di dunia politik. Maka dari itu, tak heran jika namanya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Lalu, apa saja fakta menarik lainnya?

a)     Pernah Beberapa Kali Menjabat sebagai Menteri

Alasan lain kenapa nama Mahfud MD sudah sangat dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah karena Mahfud MD pernah menjabat sebagai menteri beberapa kali. Awalnya, Mahfud MD diangkat sebagai Plt. Staf Pakar dan Deputi Menteri HAM pada tahun 1999.

Setelah setahun menjabat sebagai Plt. Staf Pakar dan Deputi Menteri HAM, Mahfud MD akhirnya dilantik menjadi Menteri Pertahanan Indonesia pada tahun 2000.

Karirnya di dunia kementerian tidak berhenti sampai di situ saja, karena Mahfud MD pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman di tahun 2001 dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Keamanan Republik Indonesia di tahun 2019.

b)    Pernah Menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi

Mengakhiri pembahasan tentang hal menarik dari masing-masing cawapres 2024, kami juga akan menceritakan tentang karir Mahfud MD selama menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Mahfud MD menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi di tahun 2008 sampai 2013.

Uniknya, Mahfud MD tidak pernah memasang target untuk bisa menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi, karena menurutnya menjadi ahli hukum tata negara adalah sebuah panggilan hati.

Jadi, dapat dipastikan bahwa Mahfud MD memang memiliki ketertarikan yang besar pada perkembangan hukum di Indonesia.

Semua informasi tentang capres dan cawapres memang akan semakin menarik untuk dibahas saat waktu pemilu semakin dekat. Dalam beberapa bulan lagi, kita diharuskan untuk memilih capres dan cawapres yang memiliki misi serta visi yang sesuai dengan diri kita masing-masing.

Maka dari itu, informasi seperti hal menarik dari masing-masing cawapres ini akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia, agar mereka bisa lebih mudah untuk memilih salah satu kandidat yang paling sesuai dengan visi serta misi dalam diri mereka. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.