10 Jalan Berbahaya Di Dunia, No. 5 Sangat Menegangkan!

oleh -0 Dilihat
Jalan Berbahaya Di Dunia
Jalan Berbahaya di Dunia (Foto: Canva)

Diskursusnetwork- Jalan berbahaya biasanya mempunyai tingkat risiko kecelakaan yang tinggi. Ada berbagai faktor yang menyebabkan sebuah jalan sangat berbahaya untuk dilewati, misalnya saja jalur yang sempit, tingkat kemiringan yang curam, hingga tidak adanya pagar pembatas.

Terlepas dari risikonya, beberapa jalan berbahaya di dunia masih dilewati oleh pengemudi. Alasannya cukup beragam mulai dari tidak adanya akses lain, mempercepat waktu perjalanan, bahkan sekedar ingin menantang adrenalin dan menikmati pemandangan alam.

10 Jalan Berbahaya di Dunia

Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini 10 jalan berbahaya untuk dilewati di berbagai penjuru dunia. Menariknya, semua jalan tersebut masih aktif digunakan sebagai sarana lalu lintas.

1. Siberian Road, Rusia

Siberian Road, Rusia
Foto: Canva

Siberian Road merupakan salah satu jalan berbahaya di Rusia yang membentang sejauh 1.868 km ke Yakutsk. Di musim dingin, sepanjang jalan dipenuhi timbunan salju dengan suhu mencapai -50 derajat celcius sehingga meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengguna jalan.

Sedangkan ketika musim panas tiba, jalanan dipenuhi dengan lumpur, bebatuan, dan kerikil sehingga kondisi jalanan sangat tidak layak untuk dilewati. Meskipun begitu, Siberian Road merupakan satu-satunya jalur menuju Yakutsk sehingga masih sering dilalui oleh kendaraan.

2. Yungas Road, Bolivia

Yungas Road
Foto: Canva

Terletak di Bolivia, Yungas Road adalah jalan berbahaya yang menghubungkan wilayah Yungas dan kota La Paz. Jalur sepanjang 60 km ini dianggap mematikan karena mempunyai jalur yang sempit, curam, tidak memiliki pagar pembatas, serta cuaca yang tidak dapat diprediksi.

Meskipun menelan ratusan korban jiwa setiap tahunnya, Yungas Road justru ramai dikunjungi oleh wisatawan. Alasannya adalah karena pengunjung ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, selain melihat secara langsung jalur yang dianggap mematikan.

3. Bayburt D915, Turki

Bayburt D915, Turki
Sumber: dangerousroads

Bayburt D915 dianggap sebagai salah satu jalan paling berbahaya di dunia. Terletak di perbatasan Laut Hitam Turki, jalur ini tergolong ekstrem karena memiliki jurang yang dalam, tikungan curam, serta tidak adanya pagar pembatas. Meskipun terlihat indah jika difoto dari atas, jalur ini dikenal mematikan.

Untuk melewati jalur ini, kamu harus memiliki kemampuan mengemudi tingkat tinggi. Pasalnya terdapat 13 tanjakan yang akan membawa kamu menaiki bukit dari ketinggian 1.712 mdpl ke 2.035 mdpl dengan tikungan dan tanjakan yang sangat curam.
Demi mengurangi angka kecelakaan, jalan ini ditutup selama musim dingin. Namun di musim lainnya, jalur ini masih sering dilalui kendaraan terutama penduduk sekitar.

4. Taroko Gorge Road, Taiwan

Taroko Gorge Road, Taiwan
Foto: Canva

Jalan berbahaya yang satu ini bernama Taroko Gorge Road. Terletak di Taiwan, jalur ini merupakan terowongan yang dipahat di antara dua pegunungan sehingga menyuguhkan pemandangan alam yang begitu mengagumkan. Inilah yang membuat jalan ini justru banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Terlepas dari keindahan alamnya, jalur Taroko Gorge Road sangat sempit dan tidak memungkinkan untuk berpapasan. Selain itu, beberapa tikungan juga terletak di area blind spot sehingga meningkatkan risiko kecelakaan.

Dengan panjang sekitar 19 km, jalan ini sangat tidak direkomendasikan untuk dilalui ketika musim hujan. Pasalnya daerah ini rawan longsor dan banjir.

5. Guoliang Tunnel, China

Guoliang Tunnel, China
Foto: Canva

Demi kemudahan akses dan pemerataan ekonomi, pemerintah China memahat tebing untuk membuat jalur terowongan sepanjang 1,2 km dengan lebar 4 meter. Berada di ketinggian dengan tebing curam di satu sisi, tidak heran jika terowongan ini dinobatkan sebagai jalan berbahaya di dunia.

Jalur ini memiliki 30 jendela yang menghadap ke jurang. Meskipun dianggap sebagai terobosan besar untuk meningkatkan perekonomian, jalan ini justru memakan banyak korban terutama pengemudi yang kurang menguasai medan. Selain itu, terowongan ini juga rawan longsor.

6. 99-Bend Road to Heaven, China

99-Bend Road to Heaven, China
Foto: Canva

Sesuai dengan namanya, jalan ini mempunyai 99 tikungan tajam yang pastinya menantang adrenalin kamu. Berada di negeri China, 99-Bend Road to Heaven terletak di Taman Nasional Gunung Tianmen., Kamu harus selalu waspada saat melewatinya meskipun dilengkapi pagar pembatas.

Tidak hanya tikungan tajam yang menyebabkan banyak kecelakaan, cuaca yang buruk semakin menambah risiko hal-hal yang tidak diinginkan. Beruntung, jalur ini bisa ditempuh selama 10 menit saja dengan kendaraan.

7. Atlantic Road, Norwegia

Atlantic Road, Norwegia
Foto: Canva

Norwegia juga mempunyai sebuah jalan berbahaya yang dikenal sebagai Atlantic Road. Jalan yang dibangun di atas laut ini menyuguhkan pemandangan pegunungan dan laut yang luar biasa namun jika tidak berhati-hati, nyawa bisa jadi taruhannya.

Jika dilihat dari atas, jalan ini menyerupai pita yang berliuk-liuk dan terlihat indah dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Namun siapa sangka jalan ini termasuk mematikan di dunia. Pasalnya, jalan sepanjang 8 km ini mempunyai jembatan setinggi 300 meter dengan tikungan yang berbahaya.

Lokasinya yang berada di atas laut juga membuatnya sering diterpa oleh angin laut yang kencang serta ancaman badai sehingga berpotensi membahayakan pengendara.

8. Cotahuasi Canyon, Peru

Cotahuasi Canyon, Peru
Foto: Canva

Jalan sepanjang ngarai Cotahuasi merupakan jalur tidak beraspal yang menghubungkan Cotahuasi dan Quechualla. Jalur ini dikenal sangat berbahaya karena tergolong sempit sehingga hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan roda empat. Di sepanjang jalan, kamu akan menyaksikan ngarai dan bebatuan.

Jalan berbahaya ini cukup panjang dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 jam. Pengendara yang melewati jalur ini bisa beristirahat dan mendirikan tenda di beberapa titik yang dianggap aman. Ini merupakan cara terbaik untuk menghindari kelelahan dan tetap fokus saat berkendara.

9. Col du Chaussy, Perancis

Col du Chaussy, Perancis
Foto: Canva

Col dua Chaussy adalah jalan paling berbahaya yang bisa kamu temukan di Perancis, tepatnya di wilayah Rhone-Alpes. Jalan sepanjang 2 mil ini memiliki 17 tikungan yang cukup tajam dengan tebing tinggi di satu sisi dan jurang di sisi lainnya.

Terdapat beton kecil di pinggir jalan untuk menghindari kendaraan tergelincir ke jurang. Meskipun dikenal sebagai salah satu jalan berbahaya, Col dua Chaussy menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar sepeda karena pemandangan alamnya yang menakjubkan.

10. Dalton Highway, Alaska

Dalton Highway, Alaska
Foto: Canva

Dalton Highway merupakan jalur berbahaya terpanjang yang membentang hingga 666 km. Dengan hutan di sisi kanan dan kiri, ini merupakan salah satu jalan paling terisolasi yang bisa kamu temukan di dunia. Jalan ini pertama kali dibangun tahun 1974 dan dulunya menjadi rute pasokan pipa Trans-Alaska.

Sepanjang perjalanan di jalur ini, kamu akan melewati tiga kota kecil. Oleh karena itu, pengendara yang ingin melewati jalur ini disarankan membawa perbekalan yang banyak karena minimnya fasilitas yang tersedia di pinggir jalan. Selain itu, jalan rusak juga menjadi tantangan tersendiri ketika melewati jalan ini.

Ada banyak sekali jalan yang berbahaya di dunia ini, baik karena medan yang berkelok-kelok dan curam maupun karena lokasinya yang tidak wajar. Meskipun berbahaya, beberapa jalan masih digunakan karena menjadi satu-satunya akses di wilayah tersebut.

Menariknya, tidak sedikit pula jalan berbahaya yang justru ramai dikunjungi oleh wisatawan karena menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Kendati demikian, pengendara tetap harus waspada dengan kondisi medan dan kemungkinan cuaca yang berubah secara drastis. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.