Ini Kumpulan Doa Bagi Umat Kristen Sehari-hari, Jangan Dilewatkan!

oleh -0 Dilihat
Doa Bagi Umat Kristen Sehari-hari
Foto: Canva

Diskursusnetwork- Doa Kristen merupakan permohonan maupun ungkapan rasa syukur yang diucapkan oleh umat Kristen kepada Tuhan. Berdoa adalah cara untuk berkomunikasi dengan Tuhan yang bisa dilakukan kapanpun setiap harinya, mulai dari bangun tidur hingga menutup mata kembali di malam hari.

Doa-doa untuk Kristen cukup banyak. Berdoa dapat dilakukan untuk memohon ampun, mengucap syukur, keselamatan, hingga berharap akan sesuatu. Menyertakan Tuhan disetiap doa adalah hal yang wajib karena segala hal yang terjadi dalam diri setiap manusia tidak luput dari kuasaNya.

Dengan kata lain, Kristen bisa berdoa sesuai dengan kondisi yang sedang berlangsung dan kapan saja. Misalnya, saat bangun tidur langsung membaca doa pagi hari, sebelum makan, saat beraktivitas, dan lain sebagainya. Berdoa dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan segala keinginan bisa terwujud dengan baik.

Berdoa sebenarnya adalah hal yang harus dilakukan sesuai dengan keinginan hati. Kamu tidak bisa berdoa dalam keadaan terpaksa karena hati dan pikiran tidak sejalan. Tidak perlu menghafal doa yang rumit dan panjang, cukup mulai untuk membiasakan diri dengan doa-doa pendek setiap harinya.

1. Doa Pagi Hari

Doa Pagi Hari
Foto: Canva

Berkah Tuhan tidak semuanya tentang materi, tetapi juga nikmat kesehatan, tempat tinggal yang nyaman, hingga ketersediaan oksigen yang banyak wajib menjadi hal yang harus disyukuri. Oleh karena itu, melafalkan doa di pagi hari dapat menjadi bentuk pengucapan syukur kepada Tuhan.

Kamu masih diberikan kesempatan untuk menikmati dunia yang luar biasa indah tanpa kekurangan apapun termasuk nikmat yang sangat besar. Apalagi, jika hari itu masih bisa makan dengan nikmat dan bekerja dan mendapatkan uang. Setelah membuka mata, sebaiknya gunakan doa pagi berikut ini.

Selamat pagi Tuhan Yesus Kristus.

Kembali kami menghadap-Mu, mengucap syukur atas hari yang baru serta atas nafas kehidupan yang boleh kami terima di pagi hari ini.
Terimakasih pula kami telah diberikan istirahat tidur yang cukup yang tentunya berguna bagi jiwa raga kami.

Ya Bapa, hari ini, aku akan menjalani aktifitas dengan penuh sukacita-Mu, dalam kebenaran-Mu dan dalam kekuatan-Mu. Dan aku yakin bahwa semua perkara dapat aku tanggung karena Engkau besertaku.

Curahkanlah berkat-Mu yang cukup bagiku, agar ketika aku kekurangan, aku tidak memalukan-Mu dengan mencuri apa yang bukan menjadi hakku da ketika aku berlebihan, aku tidak menjadi sombong dan menyangkal kebaikan-Mu.

Inilah doa pagiku yang aku hantarkan kepada-Mu Kristus, Tuhan dan juru selamatku. Amin.

Sebenarnya, doa pagi hari Kristen tidak hanya seperti di atas, tetapi masih banyak yang lainnya. Bahkan, kamu bisa berdoa dengan merangkai kata sendiri sesuai dengan pengharapan atau pengucapan syukur masing-masing selama dilakukan dengan sepenuh hati dan tulus kepada Tuhan.

2. Doa Kesehatan Untuk Keluarga

Doa Kesehatan Untuk Keluarga
Foto: Canva

Keluarga adalah orang-orang yang telah dipilih Tuhan untuk hidup dan memiliki hubungan dekat dengan seseorang. Keberadaan keluarga menjadi sangat penting untuk bisa saling mengasihi dan menjaga satu sama lain. Apalagi, masih memiliki keluarga yang utuh seperti ayah dan ibu.

Oleh karena itu, mengucap syukur atas apa yang sudah diberikan Tuhan adalah hal penting. Akan tetapi, kamu juga sebaiknya selalu berdoa atas kesehatan diri sendiri maupun keluarga agar bisa terus hidup bersama-sama dan rukun. Nah, doa Kristen untuk kesehatan keluarga adalah sebagai berikut:

Di sini kami bersama menghadapmu ya Tuhan. Tolong ya Tuhan, jauhkan kami semua di sini dari segala macam penyakit. Berikan kami di sini, umatMu, keluarga kami ini kesehatan selalu dalam menjalani aktivitas. Jagalah kami semua disini hanya dalam peluk kasihMu selalu.

Terima kasih ya Tuhan telah mendengar doa sederhana kami ini. Amin

Doa kesehatan untuk keluarga tersebut dapat dilakukan secara bersama-sama maupun sendirian. Dengan kata lain, kamu bisa memanjatkan doa bersama keluarga untuk meminta kesehatan dan perlindungan. Percayalah, Tuhan menyayangi setiap umat Kristen yang selalu mengingatNya.

3. Doa Sebelum Makan

Doa Sebelum Makan
Foto: Canva

Masih bisa menikmati hidangan termasuk dalam nikmat yang diberikan Tuhan. Jadi, sudah sepantasnya untuk bisa mengucap syukur karena masih bisa menyantap makanan atau minuman setiap hari. Hal inilah yang membuat kamu seharusnya berdoa sebelum menikmati hidangan tersebut.

Selain mengucap syukur, doa makan Kristen juga memohon kepada Tuhan agar makanan atau minuman yang nantinya dikonsumsi dapat menjadi berkat dan kekuatan jasmani. Sebenarnya, doa Kristen sebelum makan umumnya diajarkan sejak kecil kepada anak-anak seperti contoh berikut.

Tuhan Yesus yang bertahta dalam kerajaan Surga. Terima kasih atas berkat berkelimpahan yang sudah Kau berikan pada kami. Kiranya Tuhan saja yang berkati dan urapi makanan dan minuman ini agar menjadi berkat dan kekuatan bagi kami. Jauhkan kami dari hal-hal jahat yang bisa membahayakan kesehatan kami. Terima kasih ya Bapa, kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

4. Doa Sebelum Bekerja

Doa Sebelum Bekerja
Foto: Canva

Manusia dapat membuat rencana dengan sangat baik untuk kehidupannya, tetapi pada akhirnya Tuhan yang akan menentukan apa yang akan terjadi. Tugas kamu adalah berdoa agar segala sesuatunya dapat dilancarkan dan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya, termasuk pekerjaan.

Mendapatkan kesempatan untuk bekerja termasuk hal yang luar biasa yang tidak bisa dinikmati semua orang. Itulah sebabnya, kamu harus bersyukur atau berterima kasih kepada Tuhan telah memberikan pekerjaan tersebut. Nah, contoh doa Kristen sebelum memulai kegiatan atau bekerja yaitu:

Ya Bapa, terima kasih atas hari baru dan kesempatan untuk bekerja hari ini. Ampuni segala kesalahan kami. Kami berdoa untuk pekerjaan hari ini, semuanya kami serahkan dalam nama Tuhan Yesus.

Tuhan yang berkati dan kuduskan. Tuhan juga yang pakai setiap hati, pikiran, tangan, kaki kami untuk melakukan pekerjaan tangan Tuhan. Engkau juga yang berkati apa pun yang kami kerjakan hari ini, biarlah memuliakan nama-Mu saja. Kami percaya Tuhan yang memampukan dan menjadikan kami terang melalui lingkungan tempat kami bekerja. Amin.

Selain itu, doa sebelum bekerja juga dapat membuat aktivitas hari tersebut menjadi lebih lancar. Setiap rencana yang telah disusun, tidak akan berarti tanpa melibatkan Tuhan di dalamnya. Bahkan, saat rencana tersebut nantinya akan gagal, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

5. Doa Meminta Jodoh

Doa Meminta Jodoh
Foto: Canva

Hidup dengan membangun keluarga sendiri yang harmonis tentu menjadi impian semua orang. Namun, mencari pasangan yang cocok untuk menjalani hidup bersama bukanlah yang mudah. Maka dari itu, kamu harus memohon kepada Tuhan agar prosesnya akan menjadi lebih mudah dan dilancarkan.

Ada orang yang proses pencarian jodohnya mudah dan cepat dan ada pula yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses tersebut memang pada dasarnya akan berbeda-beda, tetapi pasti memiliki pasangan masing-masing. Jika ingin meminta jodoh kepada Tuhan, kamu bisa menggunakan doa:

Tuhan, aku datang dan memohon padamu dengan kepercayaan. Aku membuka hatimu dalam segala tugas penting merencanakan masa depanku. Berilah aku kebijaksanaan untuk memutuskan siapa yang menjadi pasangan hidupku,

Pertemukanlah aku dengan seseorang yang sifatnya mencerminkan Engkau. Semoga dia jujur, setia, murni, tulus dan mulia sehingga tidak mementingkan diri sendiri saja. Berkatilah cinta kami agar tidak ternodai dosa. Semoga kasih mengikatku dengannya untuk hidup meneladani Engkau.

Tunjukkanlah padaku orang yang dapat bekerja sama dalam melakukan kehendak-Mu yang mulia. Tunjukkanlah padaku orang yang seturut dengan kehendak-Mu.
(sampaikan permohonan ampun, ucapan syukur, dan apa pun yang ingin kamu sampaikan pada Tuhan.)
Amin.

Meskipun berdoa untuk meminta jodoh, tetapi tetap harus menyampaikan ucapan syukur dan memohon ampun kepada Tuhan. Selain itu, kamu juga bisa menyertakan harapan akan jodoh seperti apa yang diinginkan dan merasa cocok, tetapi semuanya tetap dalam kehendak Tuhan.

6. Doa Berangkat Sekolah

Doa Berangkat Sekolah
Foto: Canva

Contoh doa Kristen lainnya yang harus dipanjatkan adalah saat akan berangkat ke sekolah. Doa tersebut dapat berisi permohonan perlindungan selama perjalanan dari rumah hingga tiba di sekolah. Selain itu, doa juga dilakukan untuk kemudahan proses pembelajaran yang akan diikuti nantinya.

Berdoa sebelum berangkat ke sekolah menjadi penting agar proses penerimaan materi yang dijelaskan menjadi lebih mudah untuk dipahami. Jika tidak berdoa, maka kamu mungkin akan menjadi susah untuk fokus menerima pelajaran atau bahkan mengantuk. Jadi, cobalah untuk berdoa sebelum sekolah.

“Ya Yesus, aku berlindung kepada-Mu dari segala utusan jahat. Aku memohon pertolongan-Mu agar perjalanan saya ke sekolah tak menemui kendala suatu apa. Ya Yesus, berkatilah agar proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan dengan lancar. Amin.”

7. Doa Sebelum Tidur

Doa Sebelum Tidur
Foto: Canva

Sama halnya saat memulai pagi hari, sebelum tidur juga disarankan untuk berdoa. Sebelum menutup mata, pastikan untuk berterima kasih pada Tuhan atas segala kesempatan untuk hidup dengan baik hari ini. Terima kasih juga harus dipanjatkan atas kelancaran semua aktivitas yang sudah dilakukan.

Jangan pernah lupa jika semua hal yang telah diterima merupakan pemberian Tuhan. Selain itu, kamu juga bisa mengucapkan doa yang berisi harapan atas hal yang ingin dicapai esok hari. Doa agama Kristen sebelum tidur bisa dirangkai dengan kata-kata sendiri maupun menggunakan contoh berikut.

“Ya Bapa, terimakasih, hari ini menyenangkan, hari ini penuh sukacita yang membuat hati saya bergelora. Terimakasih atas kelancaran yang saya dapat hari ini semua berkat uluran tangan-Mu. Bapa, saya hendak tidur, mohon pengampunanmu.

8. Doa Memohon Kesembuhan

Memohon Kesembuhan
Foto: Canva

Sakit adalah kondisi yang tidak mampu secara fisik maupun mental seperti sebelumnya. Kondisi ini membuat seseorang menjadi lebih lemah dan tidak nyaman dalam beberapa waktu. Hal yang bisa dilakukan adalah berusaha untuk sembuh dan selalu memanjatkan doa kepada Tuhan.

Bagaimanapun, segala hal yang terjadi termasuk sakit tidak akan luput dari kuasaNya. Oleh karena itu, yang memiliki kuasa untuk menyembuhkan juga adalah Tuhan. Untuk memohon kesembuhan saat sakit, kamu bisa memanjatkan doa seperti di bawah ini.

“Sembuhkan aku, ya Tuhan, dan aku akan sembuh; selamatkan aku, dan aku akan diselamatkan, karena Engkau adalah pujianku.” Yeremia 17:14

Sebagai manusia yang beriman, tentu memahami jika tidak semua hal bisa dilakukan sendiri. Dalam hal ini, peran dan kuasa Tuhan tidak pernah lepas dari kehidupan. Oleh karena itu, memanjatkan berbagai doa Kristen menjadi hal penting dan wajib untuk dibiasakan setiap harinya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.