Bikin Penasaran, Seperti Ini Detail Debat Ke-2 Cawapres

oleh -0 Dilihat
ke-2
Alvito dan Leviana terpilih menjadi moderator debat ke-2 Cawapres

Jakarta – Debat ke-2 akan digelar malam ini, Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat. Seperti diketahui, debat kedua nanti akan mempertemukan tiga Cawapres yakini Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema debat ke-2 adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Debat kedua cawapres Pilpres 2024 ini, bakal memperdebatkan persoalan ekonomi hingga perkotaan. Sementara itu, terdapat 11 nama dipersiapkan KPU membuat daftar pertanyaan untuk debat cawapres.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan, 3 Cawapres bakal berdebat soal ekonomi kerakyatan dan digital. Kemudian, juga membahas persoalan keuangan, pajak dan tata kelola APBN/APBD hingga investasi.

“Bahas soal perdagangan juga, infrastruktur kemudian perkotaan. Daftar pertanyaan sudah disiapkan oleh 11 panelis yang disiapkan KPU,” kata Hasyim dalam keterangan persnya, Selasa (19/12/2023).

Format Terbaru Debat Capres-Cawapres

Baca juga: Gibran Akan Unjuk Gigi Pertama Pada Debat Kedua Cawapres

Ketentuan format terbaru dalam debat Jum’at malam nanti adalah adanya podium yang digunakan Cawapres dalam debat. Tak ada kebaruan format lain kecuali penambahan podium.

“Dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing calon presiden maupun calon wakil presiden dalam debat-debat seterusnya, kedua, ketiga, keempat dan kelima,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Debat akan digelar dengan durasi 150 menit. Durasi khusus debat yaitu 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama para Cawapres akan menyampaikan visi misi dan program kerja selama masing-masing 4 menit, untuk debat kedua ini Paslon nomor urut 2 kebagian giliran pertama tampil untuk paparan.

Segmen 2, 3, 4 dan 5 merupakan pendalaman visi misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan pertanyaan dan peserta debat diberi waktu menjawab selama 2 menit. Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi masing-masing 1 menit.

Penutup atau closing statement akan digelar di segment 6. Masing-masing peserta debat atau capres akan memberikan pernyataan penutup.

Moderator Debat Ke-2

Baca juga: KPU: Debat Capres-Cawapres Berikutnya Akan Menggunakan Podium

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan nama Alvito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat calon wakil presiden (Cawapres).

“Moderator yang akan memimpin atau memoderasi debat calon wakil presiden besok tanggal 22 Desember adalah, yang pertama Alfito Deannova dari Trans Corp. Kemudian, yang kedua adalah Liviana Cherlisa dari Kompas TV,” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Senin (18/12/2023).

​Hasyim menuturkan, moderator adalah Alfito Deannova Pemimpin Redaksi Detikcom unit usaha media dari TRANS corp dan Liviana Cherlisa presenter sekaligus produser di Kompas TV.

Panelis Debat Ke-2

Baca juga: Tema Debat Kedua Jadi Isu Presiden Jokowi di Acara Apeksi

11 nama Panelis dari berbagai kalangan, khususnya akademisi dan ekonomi telah ditunjuk oleh KPU RI untuk menyusun pertanyaan bagi Cawapres. Diantaranya yang sering wara-wiri di media massa adalah Yosa Rizal Damuri, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS.

Hasyim menambahkan baik moderator maupun panelis ini sudah merupakan kesepakatan bersama 3 Tim Sukses Capres-cawapres.

“Ini semua sudah dirangkum dari hasil evaluasi debat yang pertama pada tgl 12 Desember 2024 lalu. Di antara kesepakatan-kesepakatannya misalkan, antar tim pasangan calon yang hadir dalam undangan debat itu punya komitmen yang sama,” ucap Hasyim.​​

11 nama panelis debat ke-2 Cawapres Pilpres 2024 adalah Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM), Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025), Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional/UPN Veteran Jakarta).

Kemudian nama lainnya adalah Yosa Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS), Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya 2015-2023), Fausan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung), Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia) dan Hyronimus Rowa (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN).

Sebelumnya, debat perdana calon presiden (capres) digelar pada 12 Desember 2023 dengan tema debat yaitu hukum, HAM, pemberantasan korupsi, hingga peningkatan layanan publik. Saat itu, debat digelar di halaman kantor KPU, Jakarta Pusat.(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.