Profil Mentan Amran Sulaiman Yang Kembali Dilantik

oleh -0 Dilihat
Profil Mentan Amran Sulaiman Yang Kembali Dilantik
Pelantikan Amran Sulaiman di Istana Negara Jakarta, hari ini Rabu (25/10/2023),

Jakarta- Presiden Joko Widodo melantik menteri pertanian Amran Sulaiman menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang saat ini sedang menjalani proses hukum. Pelantikan Amran Sulaiman dilaksanakan hari ini Rabu (25/10/2023), di Istana Negara Jakarta.

Amran Sulaiman sebelumnya adalah menteri pertanian diawal pemerintahan Jokowi. Amran lahir pada 27 April 1968 (55 tahun) di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan.

Menteri dengan total kekayaan Rp279,6 miliar (data 2019) ini menempuh pendidikan S1 Ilmu Pertanian Universitas Hasanuddin tahun 1988-1993 dan melanjutkan S2 di kampus yang sama tahun 2002-2003.

Tahun 2008-2012, Amran Sulaiman tercatat menyelesaikan pendidikan S3 Doktor Ilmu Pertanian di Universitas Hasanuddin.

Amran pernah meraih penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha pertanian dari Presiden RI tahun 2007.

Selain itu CEO PT Tiran Group ini juga pernah meraih penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.

Pada awal karirnya, Amran bekerja di PT Perkebunan Nusantara XIV dan menjadi dosen di Unhas. Setelah mengabdi selama 15 tahun, Amran meninggalkan perusahaan dan mendirikan bisnis sendiri.

Amran Sulaiman juga dikenal sebagai produsen racun tikus dengan paten ‘Tiran’. Tiran adalah akronim dari Tikus diracun Amran. Usahanya berkembang pesat dan menjadi Grup Tiran.

Selain racun tikus, Amran diketahui memegang bisnis sawit, emas, tebu, nikel dan timah hitam. Saat menjabat menjadi Mentan, Amran dikenal dengan berbagai programnya a.l. swasembada 4 komoditas pangan utama yaitu beras, jagung, kedelai, dan gula dalam waktu 3 tahun dan perbaikan sistem irigasi di 11 provinsi di Indonesia.

(Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.