Gerindra Tegas Inginkan Sistem Proporsional Terbuka di Pemilu 2024

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani secara tegas menyatakan, tetap mendukung sistem pemilu dengan proporsional terbuka pada Pemilu 2024 mendatang. Partai Gerindra menginginkan Mahkamah Konstitusi tetap meneguhkan aturan yang sudah ada seperti saat ini di mana pemilihan legislatif dilakukan melalui sistem proporsional terbuka.

Sistem proporsional terbuka adalah sistem perwakilan proporsional yang memungkinkan pemilih untuk turut serta dalam proses penentuan urutan calon partai yang akan dipilih. Namun bila sistem proporsional tertutup dilakukan maka akan menutup kesempatan bagi masyarakat menentukan pilihannya langsung.

Seperti diketahui, Sistem proporsional tertutup adalah salah satu sistem perwakilan berimbang, di mana pemilih hanya dapat memilih partai politik secara keseluruhan dan tidak dapat memilih kandidat.

Dalam sistem proporsional tertutup, kandidat dipersiapkan langsung oleh partai politik. Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan Kamis esok akan mengetok putusan apakah pemilu 2024 mendatang tetap dengan sistem pemilu terbuka, atau diubah menjadi tertutup atau ada alternatif lain. (Roy Baskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.