Pagi Hari, H+4 Lebaran 2023 Aktivitas Pelabuhan Bakauheni Lengang

oleh -0 Dilihat
ilustrasi - Pelabuhan Bakauheni, Lampung
ilustrasi - Pelabuhan Bakauheni, Lampung

Bakauheni – H+4 lebaran tahun 2023 pada Rabu (26/4/2023) aktivitas Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan terpantau mulai normal, berbeda dengan H+3 lebaran atau tiga hari setelah lebaran kendaraan memadati dermaga.

Dari keterangan yang dihimpun DiskursusNetwork, kendaraan roda empat di sejumlah dermaga tampak lengang pada pukul 07.44 WIB. Bahkan kantong parkir disejumlah dermaga pun tidak dipadati kendaraan.

Lengangnya arus balik pagi ini membuat skema pengalihan kendaraan ke kantong parkir A dan Barat dinonaktifkan. Sementara di Dermaga 1 Reguler, aktivitas bongkar muat lebih sepi dari Dermaga Eksekutif.

Kapal Wira Kencana yang sandar telah menurunkan penumpang di dermaga itu. Namun hingga 15 menit berselang, hanya ada sekitar 10 kendaraan yang masuk ke lambung kapal untuk melakukan penyeberangan ke Pulau Jawa.

Sebelumnya, memasuki H+3 arus balik Lebaran pada Selasa (25/4/2023), aktivitas bongkar muat penumpang di seluruh dermaga yang ada di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan dipenuhi para pemudik yang hendak menyeberangi Selat Sunda ke Pelabuhan Merak.

Pelabuhan di Pintu Gerbang Sumatera itu diisi kendaraan roda dua, roda empat, dan bus, namun tidak ada kemacetan saat bongkar muat penumpang. Dermaga Eksekutif, tiga kantong parkir Timur yang dapat menampung sekitar 900-an kendaraan roda empat telah penuh.

Akibat terjadinya lonjakan penumpang dalam kendaraan di Dermaga Eksekutif, petugas mengalihkan kendaraan ke kantong parkir Dermaga 1 dan jalur bus atau kantong parkir Barat.

Kepadatan arus balik juga terjadi di dermaga reguler, pemudik langsung memenuhi kantong parkir Dermaga 1 dan Dermaga 2 mulai diisi kendaraan roda empat.

Penumpang roda dua juga berbondong-bondong memasuki kantong parkiran yang disediakan secara khusus. Setiap kantong parkir khusus pemotor itu ditutupi tenda warna biru yang mampu menampung ratusan kendaraan roda dua.

Petugas mengawal rombongan pemudik ke kapal-kapal yang sudah sandar dermaga reguler.

Lalu, arus balik yang melintasi Jalinsum masih didominasi kendaraan sepeda motor. Bahkan, kendaraan roda empat sarat muatan pun tampak melintasi Jalinsum.

Keramaian arus kendaraan roda dua dan roda empat tampak di perempatan Palas dan pertigaan memasuk arah pintu JTTS Kalianda hingga mengakibatkan laju kendaraan melambat. (Red)

Baca :  H+2 Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Seberangkan 88.758 Orang Menuju Merak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.