Antisipasi Melonjaknya Jumlah Penumpang, Organda Bakauheni Siapkan 17 Bus

oleh -0 Dilihat
Antisipasi Melonjaknya Jumlah Penumpang, Organda Bakauheni Siapkan 17 Bus
Organda Terminal Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Ipan Rizal mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 17 bus untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pejalan kaki. (ilustrasi)

Lampungselatan– Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Terminal Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Ipan Rizal mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 17 bus untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pejalan kaki.

“Kami menyiapkan bus sebanyak 17 unit, di antaranya 14 di terminal reguler dan tiga bus di terminal eksekutif,” kata Ipan, di Bakauheni (13/4/2023).

Ia mengatakan Organda provinsi juga sudah menyampaikan bahwa pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan. Ipan juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan mengirim bantuan berupa bus yang layak jalan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Nah kemarin juga dari pihak Pemerintah Kabupaten sudah menyampaikan ada bus yang layak sekitar 4 unit,” kata dia.

Selanjutnya, kata dia, pihak provinsi j memprediksikan akan ada penambahan 40 unit bus yang disiapkan.

Ipan menuturkan jumlah armada yang disiapkan mengalami penurunan jika dibandingkan saat mudik Lebaran sebelum pandemi.

Dia mengatakan dengan kesiapan jumlah armada ini, pihaknya memastikan tidak ada lagi penumpukan penumpang di terminal Pelabuhan Bakauheni.

Dia pula mengatakan, jumlah penumpang pejalan kaki diprediksi turun karena masyarakat lebih meminati travel yang diantar sampai lokasi.

“Mengingat sekarang ini peminat penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni menurun karena sekarang banyak yang lebih memilih travel yang menjemput di lokasi dan antar sampai rumah,” ujar dia.

Di tahun 2023 ini, Kementerian Perhubungan memproyeksi jumlah pemudik mengalami kenaikan sebanyak 45 persen dari tahun lalu menjadi 123,8 juta orang.

Jumlah pemudik tahun ini hampir mencapai separuh dari jumlah penduduk Indonesia 2022 sebanyak 275,77 juta jiwa.

Oleh karenanya, pemudik diimbau untuk menghindari tanggal-tanggal tertentu agar tak terjebak kemacetan di perjalanan. (Red DN/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.