Cuaca Ekstrem, BPBD Imbau Warga Waspada Pohon Tumbang

oleh -0 Dilihat
Pohon tumbang (ilustrasi)
Pohon tumbang (ilustrasi)

Bandar Lampung – Intensitas hujan disertai angin kencang di kota ini masih tinggi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandar Lampung mengimbau warga agar berhati-hati dengan potensi pohon tumbang.

Kepala BPBD Kota Bandar Lampung Ahmad Husna mengungkapkan, beberapa hari ini Kota Bandar Lampung masih diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, sejumlah petugas BPBD di setiap kecamatan telah diminta untuk siaga.

“Cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir berupa hujan lebat disertai angin kencang membuat sejumlah pohon besar di kota ini tumbang,” kata dia pada Selasa (28/2/2023).

Ia mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa cuaca yang tidak menentu di kota ini akan berlangsung hingga sepekan ke depan.

Masyarakat pun diminta untuk tetap berhati-hati, terutama yang melaksanakan kegiatan di jalan dan jika melihat pohon yang sudah tua serta berpotensi tumbang diharapkan segera melapor ke dinas terkait, agar bisa dilakukan pemangkasan guna mengurangi risiko akibat dari pohon tumbang.

“Dengan demikian, risiko kerugian dan potensi pohon tumbang dapat diminimalkan saat cuaca buruk,” katanya.

Pada kesempatan tersebut ia mengaku, jika pihaknya selalu siap menerima laporan dari masyarakat selama 24 jam dan akan langsung turun kelapangan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dia mengatakan bahwa dalam beberapa pekan terakhir tercatat ada sekitar 2-3 pohon tumbang per hari akibat dari cuaca ekstrem di kota ini.

“Terkini ada dua pohon tumbang di Kecamatan Teluk Betung Timur dan Kemiling. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu,” ujarnya.

Beberapa hari terakhir Kota Bandar Lampung memang tengah dilanda hujan lebat serta angin kencang sehingga masyarakat diminta untuk berhati-hati dan menjauhi pohon yang memiliki resiko tumbang. (Red)

Baca : Dua Pelaku Maling Motor Di Way Halim Babak Belur Dihajar Massa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.