Akibat Kabut Tebal, 200 Kendaraan di China Terlibat Kecelakaan

oleh -0 Dilihat
200 kendaraan terlibat kecelakaan di China (Redn, DN)
200 kendaraan terlibat kecelakaan di China (Redn, DN)

Diskursus Network – Sebanyak 200 lebih kendaraan terlibat dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di sebuh jembatan di Kota Zhengzhou, Cina. Kejadian tersebut diketahui terjadi pada hari Rabu, 28 Desember 2022.

Melansir laman Reuters hari ini, Kamis (29/12/2022), kecelakaan beruntun ini diketahui disebabkan kabut tebal yang menutupi jalur. Akibat kabut tersebut, visibilitas kurang dari 500 menter, bahkan bisa turun hanya 200 meter saja.

Insiden nahas tersebut membuat banyak orang terjebak di dalam kendaraan, bahkan dikabarkan satu orang tewas akibat kecelakaan beruntun ini. Departemen pemadam kebakaran setempat telah mengirimkan 11 truk pemadam dan 66 petugas damkar untuk membantu mengevakuasi korban terjebak dalam kecelakaan ini.

Dalam video yang beredar di sosial media, terlihat kondisi berantakan kendaraan yang saling tabrak. Tidak hanya mobil, tabrakan beruntun ini juga melibatkan truk hingga bus, bahkan ada kendaraan yang saling bertumpuk satu sama lain.

Diduga penyebab kecelakaan adalah kabul tebal yang menyelimuti sekitar jembatan dan jalan yang tertutup es, sehingga pandangan para pengemudi terganggu.

Sejauh ini belasan orang dilarikan ke rumah sakit setelah ditolong dari himpitan kendaraan-kendaraan itu.

Tidak disebutkan apakah ada yang meninggal dunia dalam insiden massal itu. Namun yang jelas, kendaraan-kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan itu ada yang saling tindih.

Upaya penyelamatan terus berlanjut sepanjang pagi hingga siang ditengah kabut yang cukup tebal di Jembatan Zhengxin Huanghe itu.

Hingga kini sebagian kendaraan yang bertabrakan itu masih saling tindih.Beberapa mobil dan truk terlihat rusak parah.

Bahkan satu mobil secara dramatis seolah menikam di tengah tumpukan dalam cuplikan dari rekaman CCTV.

Banyak orang terluka dan masih terjebak di lokasi kecelakaan dan pemadam kebakaran sudah berada di jembatan, menurut CCTV.

Menurut layanan meteorologi setempat jarak pandang di beberapa area, termasuk di Zhengzhou, kurang dari 500 m hingga 200 m di beberapa area pagi ini.

Media pemerintah, CCTV juga menyebutkan, Departemen pemadam kebakaran setempat langsung mengirim 11 truk pemadam kebakaran dan 66 petugasnya ke tempat kejadian.

Tabrakan di jembatan Zhengxin Huanghe itu seperti dilaporkan CCTV,  terjadi dari dua arah, baik utara-ke-selatan maupun sebaliknya.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh otoritas lalu lintas Zhengzhou, polisi lalu lintas setempat juga telah mengeluarkan pemberitahuan yang melarang semua kendaraan melewati jembatan karena cuaca berkabut dua jam lalu.

Jembatan Zhengxin Huanghe adalah jalan layang utama yang melintasi Sungai Kuning, menghubungkan Zhengzhou-Xinxiang dan sekitarnya.

Sebuah video berdurasi sekitar 42 detik di platform Weibo mirip Twitter China menunjukkan deretan mobil dan truk di berbagai negara bagian yang rusak dengan orang-orang yang berkelok-kelok di jembatan mengambil video dan gambar.

Seorang pengemudi yang tampaknya menjadi orang yang merekam mengatakan, “ini terlalu menakutkan. Penuh dengan orang di sini. Saya tidak berpikir kita bisa keluar dari jembatan.

Upaya penyelamatan sempat mengalami kesulitan karena 200-an kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan massal di atas jembatan Zhengxin Huanghe, Henan, China itu selain saling tindih juga saling berhimpitan dan penumpangnya tidak bisa keluar. (Red, DN)’

Baca : Era Kirim Barang Menggunakan Drone Telah Dimulai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.