Saham Wall Street Ditutup Turun Tajam

oleh -0 Dilihat
wall street

Diskursus Network – Saham-saham Wall Street melemah tajam pada akhir perdagangan Selasa (29/11/2022) pagi , setelah protes di kota-kota besar China terhadap kebijakan ketat COVID-19 memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi, dan Apple Inc meluncur di tengah kekhawatiran tentang pukulan terhadap produksi iPhone.

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 497,57 poin atau 1,45 persen, menjadi menetap di 33.849,46 poin. Indeks S&P 500 kehilangan 62,18 poin atau 1,54 persen, menjadi berakhir di 3.963,94 poin. Indeks Komposit Nasdaq merosot 176,86 poin atau 1,58 persen, menjadi ditutup di 11.049,50 poin.

Semua 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan sektor real estat dan energi masing-masing tergelincir 2,81 persen dan 2,74 persen, memimpin penurunan.

Dengan dua hari perdagangan tersisa untuk November, indeks S&P 500 berada di jalur yang tepat untuk kenaikan sebesar 2,4 persen pada bulan tersebut.

Saham Cupertino, raksasa teknologi California kehilangan 2,6 persen dan sangat membebani indeks acuan S&P 500 karena keresahan pekerja di pabrik iPhone terbesar dunia di China memicu kekhawatiran akan pukulan yang lebih dalam pada produksi ponsel kelas atas yang sudah dibatasi.

Protes yang jarang terjadi di kota-kota besar China selama akhir pekan menentang pembatasan ketat nol-COVID di negara itu memperburuk kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

“Protes ini hanyalah bukti bahwa ini adalah semacam target bergerak di mana, apakah China akan terus berusaha untuk benar-benar membatasi penyebaran COVID?” kata Tom Hainlin, ahli strategi investasi nasional di US Bank Wealth Management di Minneapolis.

“Atau apakah mereka akan memiliki lebih banyak pendekatan ‘hidup bersama COVID’ yang telah kita lihat di Amerika Serikat dan negara lain?”

“Kami pikir COVID itu sendiri dan kebijakan China adalah salah satu variabel kunci untuk tahun 2023 yang akan mempengaruhi harga saham dan investor,” kata Hainlin.

Saham Pinduoduo Inc di AS melonjak 12,6 persen setelah platform e-commerce China itu mengalahkan estimasi pendapatan kuartal ketiga, dibantu oleh penguncian terkait COVID di negara yang memaksa konsumen berbelanja daring. Saham AS dari perusahaan teknologi China lainnya juga naik, dengan Baidu dan Tencent Holdings masing-masing menguat lebih dari 2,0 persen.

Saham Amazon.com Inc naik 0,6 persen setelah laporan industri memperkirakan pengeluaran selama Cyber ​​Monday, hari belanja daring terbesar AS, akan naik sebanyak 11,6 miliar dolar AS.

Perdagangan beragam di saham-saham pertumbuhan kelas berat lainnya, termasuk Microsoft Corp, Meta Platforms Inc, Nvidia Corp dan Tesla Inc.

Biogen Inc jatuh menyusul laporan kematian selama studi klinis obat eksperimental Alzheimer.

Saham perusahaan terkait mata uang kripto dan blockchain Coinbase Global Inc, Riot Blockchain Inc dan Marathon Digital Holdings Inc masing-masing turun sekitar 4,0 persen setelah pengajuan kebangkrutan pemberi pinjaman BlockFi, korban terakhir sejak keruntuhan bursa kripto FTX awal bulan ini.

Minggu ini, investor akan mencermati data kepercayaan konsumen AS November, yang akan dirilis pada Selasa; perkiraan kedua pemerintah untuk produk domestik bruto kuartal ketiga, akan dirilis pada Rabu (30/11/2022); dan data penggajian non-pertanian (NFP) November pada Jumat (2/11/2022).

Volume perdagangan di bursa AS relatif ringan, dengan 9,3 miliar saham berpindah tangan, dibandingkan dengan rata-rata 11,3 miliar saham selama 20 sesi sebelumnya. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.