Pemkot Beri Pendampingan ke UMKM Untuk Mengajukan Sertifikat Halal

oleh -0 Dilihat
IMG 20221018 120413
Pelatihan UMKM

Bandar Lampung – Pemerintah Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung memberikan pendampingan kepada pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di daerah itu dalam melengkapi persyaratan guna mengajukan sertifikat halal atas produk mereka.

“Tentunya kami ikut membantu tim dari Kementerian Agama guna melengkapi persyaratan yang dibutuhkan UMKM untuk dapat sertifikat halal,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandarlampung Riana Apriana di Bandar Lampung, Selasa (25/10/22)

Dia menjelaskan pendampingan tersebut diberikan karena memang untuk mengajukan sertifikat halal prosesnya sedikit rumit, apalagi sebagian UMKM yang dikelola ibu-ibu masih gagap teknologi.

“Untuk menerbitkan satu sertifikat halal dibutuhkan kurang lebih 20 hari. Mulai dari melengkapi persyaratan, sampai sertifikat tersebut diterbitkan, namun masih ada beberapa UKM yang belum membuat pengajuan karena kendala gagap teknologi, maka di situlah peran kami untuk memudahkan mereka,” kata dia.

Ia mengatakan sejak dibuka awal tahun hingga saat ini UMKM di Bandarlampung yang telah mengajukan sertifikat halal melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI berjumlah 840 usulan.

“Informasi yang kami terima, untuk jumlah pengajuan sertifikat halal di tahun 2022 ini saja ada sekitar 840 usulan,” katanya.

Pemkot Bandarlampung akan terus mendorong para pelaku UMKM agar memiliki sertifikat halal sebab hal tersebut dapat menaikkan nilai jual produk mereka.

Selain itu, lanjut dia, dengan banyaknya UMKM yang memiliki sertifikat halal akan meyakinkan para konsumen. Bahkan sertifikat tersebut berguna untuk memberikan kepercayaan lebih bagi lembaga pemberi pinjaman modal usaha.

“Oleh karena itu kami juga berharap yang belum memiliki sertifikat halal segera diajukan, karena ini penting juga bagi mereka,” katanya. (Red, DN)

Baca : Diduga Depresi, Seorang Cucu Nekat Bakar Rumah Neneknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.