Kreatif! Kodim 0410/KBL Buat Tungku Pembakaran Cegah Penumpukan Sampah

oleh -0 Dilihat
Kreatif! Kodim 0410/KBL Buat Tungku Pembakaran Cegah Penumpukan Sampah
Kodim 0410/KBL membuat tungku pembakaran sampah guna membantu mengatasi masalah sampah di Kota Bandarlampung yang mencapai ratusan ton per hari.

Bandarlampung- Komando Distrik Militer (Kodim) 0410/KBL membuat tungku pembakaran sampah guna membantu mengatasi masalah sampah di Kota Bandarlampung yang mencapai ratusan ton per hari.

“Kita ketahui bersama bahwa sampah ini menjadi persoalan yang sangat serius termasuk di Kota Bandarlampung, sehingga kami dari jajaran Kodim 0410/KBL berusaha untuk mengambil bagian menjadi solusi terhadap permasalahan sampah ini,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0410/KBL Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, tungku pembakaran sampah ini sangat sederhana dan mudah dioperasionalkan serta menggunakan bahan yang mudah didapatkan, namun sangat efektif dalam mengurangi sampah.

“Alhamdulillah, tungku pembakaran sampah di Kelurahan Pesawahan sudah bisa dioperasionalkan. Untuk bahan bakarnya cukup menggunakan oli bekas dan batok kelapa,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa meskipun dengan bahan bakar yang sangat minim dan sederhana namun tungku ini mampu membakar sampah sekitar 4-5 ton dalam waktu 2 Jam.

“Tentunya kami berharap ke depan, dengan tungku ini masalah sampah yang ada di kota Bandarlampung bisa segera teratasi,” kata dia.

Dandim Izuddin mengemukakan bahwa gagasan pembuatan tungku pembakaran sampah didapatkan dari satuan Kodim 0811/Tuban yang terlebih dahulu membuat tungku seperti ini guna mengatasi permasalahan limbah yang ada.

“Kami bersyukur sebab tungku pembakaran sampah ini juga mendapat respons positif dari Wali Kota Bandarlampung dengan memberikan ruang untuk melaksanakan sosialisasi kepada seluruh camat dan lurah. Mudah-mudahan ini bisa dilakukan di tiap kecamatan dan bahkan sampai kelurahan, sehingga bisa mengurangi sampah yang ada di kota ini,” kata dia. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.