WHO Desak Negara-Negara Bendung Penyebaran Cacar Monyet

oleh -69 Dilihat
WHO Desak Negara-Negara Bendung Penyebaran Cacar Monyet
WHO Desak Negara-Negara Bendung Penyebaran Cacar Monyet

Diskursusnetwork- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak negara-negara agar segera mengambil langkah untuk membendung penyebaran cacar monyet dan berbagi data tentang stok vaksinnya.

“Kami pikir jika kita menerapkan langkah-langkah yang tepat sekarang, kita mungkin dapat mengatasi ini dengan mudah,” kata direktur WHO untuk Kesiapsiagaan Bahaya Menular Global, Sylvie Briand dalam pertemuan tahunan badan Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut, seperti dilansir dari Reuters.

Cacar monyet sendiri adalah infeksi virus ringan yang endemik di beberapa bagian Afrika barat dan tengah.

Penyakit tersebut menyebar terutama melalui kontak dekat dan sampai wabah baru-baru ini, jarang terlihat di bagian lain dunia.

Itulah sebabnya banyak muncul kasus baru-baru ini di Eropa, Amerika Serikat, dan wilayah lain telah meningkatkan kewaspadaan.

Sejauh ini, ada sekitar 300 kasus yang dikonfirmasi atau diduga di sekitar 20 negara, tempat virus itu sebelumnya tidak menyebar.

Berawal pada 7 Mei 2022, Inggris Raya melaporkan ke World Health Organization (WHO) satu kasus terkonfirmasi cacar monyet. Pria ini memang memiliki riwayat perjalanan ke Nigeria yang merupakan salah satu negara endemik monkeypox.

Pasien tersebut pada tanggal 29 April 2022 bergejala dan tiba di Inggris pada 4 Mei. Ia sudah menjalani isolasi dan karantina kontak selama 21 hari.

Lalu, kasus di Inggris Raya terus bertambah. Pada tanggal 13 Mei 2022 ada 2 kasus konfirmasi dan 1 (satu) probable monkeypox pada sebuah keluarga.

Bak gulungan salju, jumlah orang terkonfirmasi cacar monyet di Inggris terus bertambah. Data terakhir pada 25 Mei total kasus monkeypox di Inggris ada 85. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.