Termasuk Lampung, 29 Komunitas di Indonesia Akan Ikut Pokémon Championships

oleh -
Kompetisi game kartu koleksi Pokemon sudah dimulai di Indonesia
Kompetisi game kartu koleksi Pokemon sudah dimulai di Indonesia

Bandarlampung- Sebanyak 29 komunitas dari 16 wilayah di Indonesia akan mengikuti  kualifikasi Pokémon Championships yang digelar 7-22 Mei 2022. Pemenang utama dari Indonesia selanjutnya akan dikirim untuk bertanding di Pokémon World Championships di London, Inggris pada Agustus mendatang dan berpeluang memenangkan hadiah utama sebesar 25.000 dolar AS.

“Kejuaraan nasional tahunan Pokémon Trading Card Game (TGC)/Pokémon Game Kartu Koleksi ini akan menampilkan para trainer Pokémon terbaik dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan gelar trainer Pokémon nomor satu di Indonesia,” ujar General Manager AKG Games Indonesia Adrian Alpin, penyelenggara Pokémon Championship Indonesia 2022, dalam siaran resmi, Senin.

Dia mengatakan, kompetisi ini adalah momen semua pemain bisa bertemu dan bertanding untuk menunjukkan deck serta strategi terbaik.

“Semua sangat antusias untuk bisa mewakili Indonesia masuk ke kejuaraan dunia untuk pertama kalinya.”

Awalnya, Pokémon World Championships akan digelar pada 2020 namun ditunda akibt pandemi COVID-19.

Pokémon World Championships pertama kali diadakan tahun 2004 dengan satu cabang pertandingan yaitu Pokémon Trading Card Game (TCG)/Pokémon Game Kartu Koleksi.

Pada penyelenggaraan berikutnya, berbagai variasi permainan Pokémon lain kemudian ikut dipertandingkan. Posisi National Championships di berbagai negara kemudian menjadi penting karena digunakan untuk menyaring pemain terbaik yang akan berlaga di Pokémon World Championships.

Proses kualifikasi Pokémon Championships 2021-22 Indonesia saat ini sudah dimulai di tiga wilayah, yaitu Surabaya, Bandung, dan Medan. Kualifikasi di Jakarta yang pertama diadakan pada Jumat (13/5), bertempat di Arcanum Hobbies, Kuningan City, Jakarta Selatan. Menyusul di Pontianak, Tangerang, Semarang, Sidoarjo, Palembang, Banjarmasin, Cibubur, Gresik, Batam, Bali, Depok, dan Lampung.

Pendiri Arcanum Hobbies dan pemain Pokemon Game Kartu Koleksi atau Pokémon Trading Card Game (TCG), Audi Tri Harsono, mengatakan tahun ini menggembirakan karena acara-acara kompetisi sudah kembali muncul dan bisa meredakan dahaga pemain yang ingin berkompetisi.

“Ini juga pertama kalinya Local Game Store dilibatkan dalam penyelenggaraan qualifier atau kualifikasi semacam ini. Harapannya supaya jumlah peserta di tiap kompetisi dapat ditingkatkan mengingat animo pemain sangat tinggi untuk bisa bermain di event seperti ini,” katanya.

Sementara itu, pemenang Pokémon Battle Festival Asia tahun 2021 Anggie Tjakra memberikan kiat untuk para peserta yang akan bertanding tahun ini.

“Mainkan deck kartu yang paling kita yakin, jangan overthinking, jangan mau counter ini itu, takut weakness, dll. Karena ini formatnya Best of 1, jadi lebih baik menomorsatukan konsistensi deck karena faktor luck dan pairing matchup ikut menentukan. Main santai aja tanpa beban, menang atau kalah urusan nanti, yang penting pada setiap turn kita harus bermain sebaik mungkin.”

Babak final Pokémon Championships 2021-22 Indonesia dijadwalkan pada 4 Juni 2022. Di babak final, 29 pemenang dari babak kualifikasi dan 3 pemenang turnamen regional akan kembali bertanding menggunakan sistem eliminasi.

Selain tiket ke London, pemenang utama juga akan mendapatkan berbagai hadiah, termasuk Tanda Kemenangan promo card, original playmatProfessor’s Research promo card edisi Professor Juniper, trofi, serta original champion shirt. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.