Jelang Ramdhan Sentra Produksi Kolang Kaling, Kebanjiran Pesanan

oleh -4 Dilihat
Ramdhan Kolang kaling Bandar Lampung
Jelang puasa Ramadhan, jumlah permintaan kolang-kaling untuk sejumlah wilayah di Provinsi Lampung meningkat.

Bandar Lampung – Jelang puasa Ramadhan, jumlah permintaan kolang kaling untuk sejumlah wilayah di Provinsi Lampung meningkat.

Salah satu sentra produksi kolang kaling di Provinsi Lampung yakni Kampung Peninjauan atau dikenal sebagai kampung kolang-kaling yang berada di Kelurahan Sukarame II, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandarlampung mulai kebanjiran pesanan.

Kampung Peninjauan merupakan salah satu tempat produksi dalam jumlah besar, yang mampu memasok kebutuhan konsumen di sejumlah daerah di Provinsi Lampung.

Wargini (52), salah satu pengusaha kolang kaling di kampung Peninjauan mengatakan, permintaan kolang kaling menjelang bulan puasa Ramadhan tahun 2022 meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

“Kalau hari-hari biasa sedikit yang produksi. Kalau pengen puasa gini biasanya 4 sampai 5 Kwintal perhari,” kata Wargini saat diwawancarai tim diskursus network.

Menurutnya, untuk buah yang siap jual, biasanya didistribusikan ke sejumlah pasar-pasar sekitaran Kota Bandar Lampung dan sejumlah daerah lain di antaranya Natar dan Kota Metro.

“kita bisanya jual kepasaran dengan harga senilai Rp10.000 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Untuk buah yang diproduksi, sebagian besar didapatkan dari Kabupaten Lampung Barat. Seluruh warga di kampung ini, jika menjelang Ramdhan fokus memproduksi kolang kaling.

Manfaat kolang kaling sudah banyak diketahui oleh masyarakat.Memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh, Kolang kaling akan memberikan asupan vitamin untuk tubuh.

Di kalam kolang kaling terdapat vitamin A, memiliki manfaat yang baik untuk memperkuat penglihatan. Vitamin B, memiliki manfaat untuk peremajaan kulit serta sel-sel yang ada di dalam tubuh. Vitamin C, memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat dari buah ini juga bisa dirasakan oleh orang yang sedang dalam program penurunan berat badan. Ada penelitian yang dilakukan oleh para ahli terkait ini. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa banyak kandungan yang ada pada setiap 100 gram.

Ditemukan sekitar 4,0 gram karbohidrat total, 0,69 gram protein, serat kasar sebesar 0,95 gram dan kadar abu sekitar 1 gram. Tidak hanya itu, terdapat sekitar 94% kandungan air pada buahnya. (Kontributor-Ilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.