Diresmikan, Pasar Wisata Pulung Kencana Diharapkan Jadi Ikon Wisata Tubaba

oleh -4 Dilihat
273761817 2985803815066951 3107651951405131988 n
Pasar Pulungkencana, Tulangbawang Barat (Tubaba) resmi beroperasi setelah diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Sabtu, 2 Februari 2022.

Tubaba- Pasar Pulung Kencana, Tulangbawang Barat (Tubaba) resmi beroperasi setelah diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Sabtu, 2 Februari 2022.

Pasar dua lantai yang dibangun diatas lahan seluas dua hektare tersebut berada di jantung ibukota Tubaba. Pasar ini berstatus pasar tradisional dengan pengelolaan semi modern. Selain menyiapkan ratusan toko, kios dan hamparan, pasar ini juga menyiapkan pasar hewan dan pasar kuliner khas tubaba.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim hari ini pasar Pulungkencana resmi beroperasi,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengunting pita tanda diresmikannya pasar tersebut.

Kunjungan kerja ke Pasar Pulung Kencana tersebut dilakukan setelah Airlangga dan Arinal melakukan panen raya padi milik PT. Huma Indah Mekar (HIM) di Tiyuh Penumangan, Tubaba.

Peresmian pasar terbesar di Tubaba tersebut mendapat sambutan antusias dari para pedagang dan masyarakat setempat. Mengingat pasar yang didesain ikonik berstruktur beton ekspos tersebut selain menjadi pusat perdagangan juga menjadi pasar wisata dan menjadi ikon wisata Tubaba.

Seusai memotong pita dan menandatangani prasasti tanda diresmikannya Pasar Pulung, Menko Bidang Perekonomian RI, Gubernur Lampung beserta Wakil Ketua DPR RI dan rombongan melihat situasi pasar sekaligus berbincang-bincang dengan para pedagang.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga berkesempatan menyerahkan bantuan kepada para pelaku UMKM yang dimotori oleh Bank BRI, Bank BNI dan bank Lampung, serta dilanjutkan dengan menyerahkan satu ekor sapi sebagai tanda syukur telah diresmikannya Pasar Pulung.

Dalam sambutannya, Bupati Umar Ahmad mengungkapkan rasa syukur dan bangga Pasar Pulung bisa diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI serta Gubernur Lampung. Revitalisasi pasar ini merupakan salah satu upaya Pemda Tubaba dalam meningkatkan ekonomi masyarakat secara merata.

Menurutnya, revitalisasi pasar juga dapat mengubah citra pasar tradisional yang kumuh dan kurang bersih menjadi nyaman dan terlihat asri dan mampu bersaing dengan pasar-pasar modern lainnya.

“Pada hari ini kita patut bersyukur bahwa Pasar Pulung ini dapat langsung diresmikan oleh Pak Menteri. Mudah-mudahan kehadiran beliau di Kabupaten Tubaba ini menjadi berkah, khususnya untuk Pasar Pulung ini dan umumnya untuk Kabupaten Tubaba yang kita cintai.”, ujarnya.

Pasar Pulung memiliki total 417 kios, yang terdiri dari kios sembako, pakaian dan kelontong. Pasar ini juga menyiapkan lokasi pasar ternak dan pasar kuliner serta dilengkapi dengan kantor pengelola, ruang kesehatan, toilet umum, mushola dan fasilitas publik lainnya. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.