UMKM Batik Lampung Didorong Lebih Inovatif Supaya Mampu Bersaing

oleh -

Sejumlah pengrajin batik yang merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Propinsi Lampung terus berupaya melakukan inovasi produk untuk mengembangkan ragam batik dengan motif khas Lampung agar semakin diminati masyarakat.

“Di Lampung ini banyak yang sudah mengembangkan batik dengan motif khas Lampung, dengan peningkatan kualitas dan inovasi diharapkan batik ini makin diminati oleh masyarakat,” ujar Sulastri, salah seorang perajin batik Lampung, dilansir dari Antara, Jumat (8/10/2021).

Dia menjelaskan, dengan diminatinya batik khas Lampung secara luas dapat meningkatkan perekonomian perajin batik.

“Dahulu batik hanya digunakan untuk acara resmi, namun saat ini sudah banyak orang yang menggunakan batik untuk kegiatan keseharian. Jadi dengan memasyarakatkan batik dapat meningkatkan ekonomi perajin juga,” katanya.

Menurutnya, dalam menjangkau pasar lebih luas para perajin batik telah memanfaatkan marketplace serta media sosial dalam memasarkan produk.

“Sudah mulai melakukan digitalisasi namun memang masih mempertahankan penjualan konvensional. Harapannya batik Lampung makin diminati,” ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh perajin batik Lampung, Laila Al Khusna yang menyebutkan awal membuat batik motif Lampung itu karena merasa tidak adil ketika  produk batik dari Jawa banyak beredar di Lampung  sedangkan potensi wastra di kota itu cukup banyak.

Ia melanjutkan, potensi wastra tersebut dirinya  mencoba membuat motif khas Lampung seperti siger, kopi, lada dalam sehelai kain batik.

“Kita ingin batik Lampung ini semakin dikenal meski saya bukan asli Lampung, sebab dengan luasnya pemasaran produk batik Lampung para perajin dan UMKM batik bisa berkembang serta menopang perekonomian,” katanya.

Diketahui di Lampung saat ini telah banyak perajin serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berinovasi mengembangkan beragam batik dengan motif khas Lampung dan Dekranasda Provinsi Lampung pun telah menyediakan “Lamban Batik” sebagai rumah bagi perajin batik Lampung. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.