Bahasa Indonesia Ternyata Bahasa Resmi Kedua di Vietnam Lho, Ini Fakta Lainnya…

oleh -
Ilustrasi/merdesa.id

Diskursus Network – Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan resmi di seluruh Indonesia. Berdasarkan penelusuran di Wikipedia, Bahasa Indonesia merupakan bahasa komunikasi resmi, diajarkan di sekolah-sekolah dan digunakan untuk disiarkan di media elektronik dan digital.

Tapi kamu juga perlu tahu, ada fakta unik dan menarik dari Bahasa Indonesia, lho. Mau tahu? Simak informasi yang dilansir dari berbagai sumber ya, tentang fakta menarik Bahasa Indonesia yang jarang diketahui:

  1. Termasuk 10 besar Bahasa tersulit untuk dikenali

Hasil penelitian di London School of Science and Technology, mendapatkan bahwa Indonesia masuk dalam peringkat ke-10 sebagai bahasa yang paling sulit dikenali. Alasannya karena logat Bahasa Indonesia yang cenderung lurus dan terkesan tidak memiliki irama dalam pengucapannya.

  1. Digunakan saat pelantikan Wali Kota Somerworth, Amerika Serikat.

Pada 7 Januari 2016, Wali Kota terpilih Dana S. Hilliard mengucap Ikrar Setia memimpin Kota Somerworth menggunakan Bahasa Indonesia. Penggunaan bahwa Indonesia merupakan yang pertama kali dilakukan. Hal ini merupakan permintaan khusus Hilliard karena ia dekat dengan komunitas Indonesia di Somerworth.

  1. Sebagai Bahasa resmi kedua di Vietnam

Pada Desember 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, menggunakan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi. Bahasa Indonesia di Vietnam sejajar dengan Bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang. Selain itu beberapa Universitas membuka program studi Bahasa Indonesia.

  1. Bahasa ke-9 terbanyak digunakan di Dunia

Sedikitnya ada 45 negara yang mengajarkan Bahasa Indonesia di wilayahnya. Di Australia Bahasa Indonesia menjadi Bahasa popular keempat, dan di beberapa negara juga sudah membuka jurusan Bahasa Indonesia.

  1. Bahasa terbanyak digunakan di Wikipedia dan WordPress

Pakar Bahasa Indonesia serta Wikipediawan, Ivan Lanin mengatakan bahwa Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250. Di tingkat Asia, Wikipedia Bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-3 setelah Jepang dan Mandarin. WordPress juga mencatat bahwa Bahasa Indonesia menjadi Bahasa ke-3 terbanyak yang digunakan.

  1. Dikirim oleh NASA ke luar angkasa

Pada tahun 1977, satelit Voyager milik NASA memiliki bagian dalam berupa piringan hitam. Piringan hitam tersebut berisi kumpulan gambar, rekaman suara alam, musik, budaya, dan ucapan salam dari 55 negara. Bahasa Indonesia menjadi salah satu Bahasa terpilih yang ada di piringan hitam tersebut.

  1. Penuturan Bahasa Indonesia memiliki lidah paling fleksibel

Kecenderungan lidah yang lebih fleksibel ini disebabkan karena logat dan bunyi penutur Bahasa Indonesia yang terdengar beragam. Hal ini menjadikan orang Indonesia akan lebih mudah mempelajari dan berkomunikasi menggunakan Bahasa asing dan mengikuti logat Bahasa asing. ()

Nah, bagaimana? Ada yang baru tahu informasi ini?

Laporan: Suci Pebrina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.