Daerah Dengan Tujuan Wisata Terbanyak Tahun 2023 yang Sering Dikunjungi Turis Asing

oleh -0 Dilihat
Daerah Dengan Tujuan Wisata Terbanyak Tahun 2023 yang Sering Dikunjungi Turis Asing
Ada banyak daerah di Indonesia yang menyediakan banyak tempat wisata, dari wisata alam sampai wisata kuliner kekinian.

Jakarta- Daerah dengan tujuan wisata terbanyak tahun 2023 yang sering dikunjungi turis asing ada 5. Ke-5 daerah tersebut juga merupakan destinasi wisata favorit turis lokal di berbagai musim. Ada banyak daerah di Indonesia yang menyediakan banyak tempat wisata, dari wisata alam sampai wisata kuliner kekinian.

Dari banyaknya daerah tujuan wisata di Indonesia, ternyata tidak semua disenangi turis asing. Daerah-daerah yang sejak lama sudah memiliki daya tarik wisata tinggi dan dikenal di dunia internasional lebih disenangi wisatawan mancanegara. Temukan 5 daerah mana saja yang jadi favorit wisata turis asing di Indonesia.

Daerah dengan Tujuan Wisata Terbanyak Tahun 2023

Menurut data dari Maxim, aplikator penyedia jasa layanan transportasi online, terdapat beberapa daerah favorit yang sering jadi tujuan wisata para turis asing di tahun 2023. Maxim melakukan analisis daerah turis asing terbanyak di Indonesia selama periode 2023. Kamu mungkin sudah memiliki gambaran daerahnya. Berikut adalah ke-5 daerah destinasi wisata di Indonesia yang sering dikunjungi turis asing

1. Bali
Sesuai dugaan, Bali menjadi daerah dengan tujuan wisata terbanyak tahun 2023 yang dikunjungi wisatawan mancanegara. Turis asing memang berkunjung ke Bali di segala musim dan menikmati berbagai destinasi wisata yang tersedia. Ada banyak hiburan dan aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sana.

Wisatawan bisa berkunjung ke tempat-tempat populer seperti Kuta, pantai Seminyak, Tanah Lot, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Tirta Gangga, Pura Ulun Danu Bedugul, Pura Luhur Uluwatu, dan Desa Wisata Penglipuran. Banyaknya destinasi wisata di sana menjadikan Bali daerah wisata unggulan.

Selain destinasi wisata alam, terutama pantai, Bali juga memiliki resor dan banyak hotel mewah dengan berbagai hiburan yang memastikan pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Sarana dan prasarana yang tersedia sudah sangat menunjang dan memadai di berbagai musim liburan.

Selain wisata mahal dan mewah, Bali juga populer sebagai destinasi wisata yang murah meriah. Ada banyak homestay dan kawasan wisata yang tidak membuat kantong bolong. Turis asing yang banyak berkunjung ke Bali sangat beragam, dengan Australia sebagai negara asal turis asing di Bali terbanyak.

2. Jakarta
Daerah dengan tujuan wisata terbanyak tahun 2023 yang dikunjungi turis asing selanjutnya adalah DKI Jakarta. Hal ini sebenarnya juga tidak mengejutkan karena Jakarta yang merupakan ibu kota negara memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Destinasi wisatanya cukup bervariasi dan tidak monoton.

Kamu bisa berkunjung ke berbagai museum dan tempat bersejarah di republik ini, diantaranya Monas, Taman Mini Indonesia Indah, Kota Tua, dan Museum Nasional. Destinasi wisata kota seperti mal dan tempat bermain juga tersedia, beberapa diantaranya Mall of Indonesia, Senayan City, dan Dufan Ancol.

Jakarta tidak hanya menyediakan wisata dalam kota, wisata alam dan kepulauan juga tersedia. Banyak turis berlibur ke utara Jakarta untuk menikmati Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, dan Pantai Marina. Jakarta juga menjadi tempat dimana konser dan acara berskala internasional dilakukan sepanjang tahun.

Wisata kuliner, wisata belanja, dan staycation di hotel mewah menjadi opsi yang terbuka untuk turis yang datang dari manapun. Wisatawan Asia mendominasi kelompok turis yang berwisata ke Jakarta. Turis asing yang paling banyak datang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, Jepang, dan Arab Saudi.

3. Kepulauan Riau
Kepulauan Riau (Kepri) masuk dalam daftar 5 tempat wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi turis asing di tahun 2023. Masuknya Kepri dalam daftar ini bukan hal yang mengejutkan. Sudah sejak lama, Kepri, khususnya Kota Batam menjadi destinasi wisata sekaligus tempat berbisnis favorit di Indonesia.

Kepri yang berlokasi di Semenanjung Malaya menjadi kawasan strategi sekaligus tempat berkunjung favorit wisatawan dari Singapura, Malaysia, dan India. Destinasi wisata yang ada di sana sangat beragam, dari mulai wisata alam kepulauan, pantai-pantai yang bersih dan indah, dan wisata hiburan malam.

Banyaknya daerah wisata dan posisi Kepri yang strategis membuat Kepri masuk dalam daftar daerah dengan tujuan wisata terbanyak tahun 2023 yang banyak dikunjungi oleh turis asing. Selain wisata alam dan wisata hiburan, Kepri juga terkenal sebagai tempat berbelanja berbagai produk berkualitas.

Beberapa tempat wisata di Kepri yang banyak dikunjungi adalah Via Via Beach, Jabal Arafah Mosque, Gurun Telaga Biru, Palm Spring Golf, Pulau Bawah Anambas, Ranoh Island, Mubut Island, Treasure Bay Bintan, Crystal Lagoon, Lagoi Bay, Bukit Pasir Busung dan Danau Biru, dan Palm Spring Golf.

4. Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah daerah tujuan wisata di Indonesia yang juga banyak dikunjungi oleh turis asing. Sebagai tetangga Pulau Bali, NTB sukses mengembangkan dan menyediakan destinasi wisata dan infrastruktur penunjang yang baik. Akibatnya, jumlah wisatawan asing ke NTB terus meningkat.

Wisatawan asing paling banyak ke NTB berasal dari Malaysia, Singapura, Inggris, Prancis, Tiongkok, Amerika Serikat, Australia, Belanda, dan India. Umumnya, turis asing tertarik untuk berwisata di banyak pantai, bukit, dan gunung khas NTB yang menawan. Ada banyak gili yang bisa dikunjungi di sana.

Wisatawan asing di NTB terpusat di Lombok dan Sumbawa. Dua wilayah itu saja sudah cukup untuk menyediakan destinasi wisata super indah dan mengesankan. NTB juga adalah provinsi dimana Gunung Rinjani berada dan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika yang menggelar MotoGP berada.

Kamu bisa berkunjung ke pantai, gunung, bukit, gua, air terjun, dan menikmati banyak resor mewah di sana. Beberapa destinasi wisata yang populer di NTB adalah Gili Trawangan, Doro Ncanga, Pulau Satonda, Pundu Nence Peak, Danau Segara Anak, Bukit Selong, Taman Wisata Sesaot, dan Gili Meno.

5. Jawa Timur
Daerah dengan tujuan wisata terbanyak tahun 2023 yang banyak jadi tujuan wisatawa untuk mancanegara terakhir dalam daftar ini adalah Jawa Timur. Masuknya Jawa Timur dalam 5 besar cukup menarik karena banyak yang menyangka Yogyakarta masuk 5 besar. Dimana turis asing berwisata di Jawa Timur?

Wisatawan mancanegara banyak berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Kawah Ijen jadi dua tempat wisata favorit di sana. Selain keduanya, wisman juga banyak berkunjung ke Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Air terjun Tumpak Sewu, dan Danau Ranu Kumbolo.

Pemprov Jatim memang berusaha meningkatkan sektor pariwisata dan berhasil menyabet beberapa penghargaan. Mereka juga sukses menyelenggarakan berbagai program inovatif di bidang pariwisata. Turis asing yang berkunjung ke Jatim paling banyak dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, AS, dan India.

Selain ke-5 daerah di atas, daerah lain di Indonesia yang juga sering dikunjungi turis asing adalah Jawa Barat, Yogyakarta, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sulawesi Utara. Daerah-daerah tersebut memiliki jumlah pengunjung yang lebih rendah dari 5 daerah dalam daftar yang dipresentasikan di atas

Melihat data daerah dengan tujuan wisata terbanyak tahun 2023 yang dikunjungi turis asing, menarik daerah mana saja yang akan dikunjungi turis asing di tahun 2024. Jawa Barat dan DI Yogyakarta adalah 2 kawasan potensial yang bisa masuk ke 5 besar dengan mengalahkan Jawa Timur di posisi ke-5. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.