Rekomendasi 5 Daerah Tujuan Wisata di Indonesia dari Budget Kecil Hingga Besar

oleh -0 Dilihat
Rekomendasi Daerah Tujuan Wisata di Indonesia dari Budget Kecil Hingga Besar
Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dijelajahi dengan budget kecil hingga besar.

Jakarta– Daerah tujuan wisata di Indonesia dari budget kecil hingga besar merupakan salah satu informasi yang banyak dicari wisatawan sebelum memutuskan untuk liburan. Bagi yang memiliki budget terbatas, tentu ingin mendapatkan pengalaman liburan yang murah meriah namun tetap berkesan.

Demikian juga bagi yang memiliki budget besar, tidak ada salahnya mengeksplorasi berbagai destinasi wisata tujuan yang terkenal di daerah untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Mau tahu, apa saja wisata unggulan yang bisa dijelajahi dengan budget minim dan besar? Langsung saja simak informasi berikut.

Daerah Tujuan Wisata di Indonesia dengan Budget Kecil

Pada dasarnya setiap daerah di Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang bisa dijelajahi dengan budget kecil hingga besar. Tergantung dari tempat wisata yang ditujua serta paket wisata yang dipilih jika kamu menggunakan agen tour. Sebagai referensi berikut ini adalah beberapa kota tujuan wisata di Indonesia yang bisa kamu eksplor dengan budget minim ala backpacker:

Malang
Malang sudah sangat terkenal sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia yang menawarkan pesona keindahan dan keunikan di dalamnya. Kamu bisa menjadikan Malang sebagai salah satu tujuan wisata dengan budget minim dengan mengunjungi beberapa tempat wisata terkenal seperti berikut ini:

Tempat Wisata HTM Daya Tarik
Alun-alun Kota Malang Gratis Ruang terbuka hijau, air mancur, playground, aneka kuliner
Alun-alun Kota Batu Gratis Wahana komedi putar, street food, suasana malam Kota Batu
Candi Singosari Gratis Termasuk candi tertinggi pada masanya
Candi Badut Gratis Termasuk salah satu candi tertua di Jawa Timur
Kampung Warna Warni Jodipan Rp5.000 Kampung dengan warna warni unik yang instagramable
Kampung Putih Gratis Nuansa monokrom rumah bercat putih dan beratap hitam
Kampung Biru Arema Rp3.000 Nuansa biru yang dominan pada bangunan rumah
Kampung Heritage Kayutangan Rp5.000 Kampung dengan deretan rumah bergaya arsitektur Belanda
Kampung 3D Rp3.000 Menyajikan gambar-gambar 3D yang realistis
Coban Jahe Rp10.000 Keindahan air terjun yang masih sangat alami
Coban Sumber Pitu Pujon Rp10.000 Menyajikan keindahan 7 sumber air terjun

2. Jogja
Daerah tujuan wisata di Indonesia lainnya yang bisa kamu kunjungi dengan budget kecil adalah Jogja. Terkenal dengan julukan Kota Pelajar, ada beberapa destinasi wisata menarik yang bisa dijadikan pilihan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Tempat Wisata HTM Daya Tarik
Malioboro Gratis Salah satu ikon wisata dan sejarah di Jogja
Pasar Beringharjo Gratis Menyediakan berbagai oleh-oleh khas Jogja
Benteng Vredeburg Rp3.000 Benteng peninggalan Belanda
Keraton Yogyakarta Rp15.000 Simbol budaya dengan beragam koleksi bersejarah
Tamansari Rp5.000 Bangunan bersejarah dengan taman air ala kerajaan
Alun-alun Kidul Gratis Pusat kuliner, tradisi masangin dan odong-odong
Pantai Parangtritis Rp10.000 Salah satu ikon wisata Jogja
Heha Ocean View Rp15.000 Spot foto kekinian dengan view laut lepas

3. Solo
Selain Malang dan Jogja, daerah tujuan wisata di Indonesia lainnya yang menawarkan sensasi liburan murah adalah Solo. Daerah tujuan wisata yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki beragam destinasi wisata menarik seperti berikut:

Tempat Wisata HTM Daya Tarik
Taman Balekambang Parkir Taman wisata dengan kolam air
Bukit Sekipan Rp7.500 Taman wisata alam dan bumi perkemahan
Tahura KGPAA Mangkunegoro I Rp5.000 Kawasan pelestarian flora dan fauna, hutan wisata
Pasar Klewer Solo Gratis Pusat oleh-oleh dan batik khas Solo

Kalau kamu punya budget lebih dan ingin menikmati suasana liburan yang berbeda dengan nuansa alami di dalamnya, ada beberapa daerah tujuan wisata Indonesia Timur yang bisa dijadikan pilihan menarik. Berikut ini rekomendasinya:

Kawasan Wisata Bahari Wakatobi dan Bunaken

Wakatobi dan Bunaken termasuk daerah wisata Indonesia yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara ini terdiri dari beberapa pulau, yaitu Wanci, Kaledupa, Tomi dan Binongko sehingga lebih dikenal dengan nama Wakatobi.

Kawasan wisata yang sudah ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional Indonesia ini merupakan pusat dari segitiga karang dunia. Terumbu karang yang ada di kawasan ini mencapai 90 ribu hektar dengan keanekaragaman biota laut di dalamnya.

Bahkan keanekaragaman biota laut tersebut yang tertinggi di dunia. Tidak heran jika tujuan wisata di Indonesia tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Selain menikmati keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan, kamu juga bisa menyaksikan keindahan pantai di sekitarnya yang tidak kalah eksotis.

Demikian juga dengan Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara yang menjadi tempat wisata favorit untuk kegiatan snorkeling dan diving. Di kawasan ini kamu akan dimanjakan dengan pesona dan keindahan terumbu karang dengan berbagai jenis spesies ikan di dalamnya.

Kawasan Wisata Raja Ampat
Daerah tujuan wisata di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan selanjutnya adalah Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat. Sebagai informasi, Raja Ampat merupakan salah satu kawasan untuk kegiatan konservasi laut dan termasuk yang terbesar di Indonesia.

Sebagai salah satu daerah wisata Indonesia yang wajib dikunjungi, Raja Ampat menawarkan berbagai daya tarik wisata yang unik sehingga akan memberikan pengalaman liburan yang sangat berkesan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah destinasi wisata di Raja ampat yang wajib masuk dalam daftar kunjunganmu:

Pulau Salawati
Pulau terbesar di Raja Ampat ini memiliki pantai berpasir putih yang sangat indah. Di kawasan pantai ini kamu bisa menyaksikan keberadaan ikan pelangi yang langka. Selain itu, kamu bisa melihat secara langsung kekayaan budaya dan adat istiadat yang masih melekat pada masyarakat setempat.

Pianemo
Tempat wisata ini sangat populer karena menyajikan keindahan alam yang menakjubkan. Dari atas ketinggian, kamu bisa menikmati gugusan karang di Raja Ampat yang bukan hanya terlihat unik dan indah saja tetapi juga eksotis.

Star Lagoon
Laguna berbentuk bintang ini termasuk tempat wisata yang sangat populer di Raja Ampat sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Kamu bisa menikmati keindahan Star Lagoon ini dengan cara menaki bukit sehingga bentuk laguna yang menyerupai bintang bisa terlihat dengan jelas.

Pasir Timbul
Pasir Timbul termasuk salah satu destinasi wisata yang difavoritkan pengunjung karena menyajikan keindahan dan keunikan di dalamnya. Hamparan pasir yang muncul saat air laut sedang surut tersebut sering dijadikan spot foto karena menyajikan keindahan yang unik dan berbeda.

Pulau Friwen
Pulau Friwen menawarkan suasana liburan yang sangat alami dengan pemandangan pantai berpasir putih di sekitarnya. Pepohonan yang rindang di sekitar pantai juga menjadi daya tarik tersendiri karena mampu memberikan kesejukan saat bersantai di tepi pantai.

Pulau Misol
Destinasi selanjutnya adalah Pulau Misol. Di kawasan ini kamu bisa menyalurkan hobi menyelam sepuasnya sambil menikmati keindahan alam bawah lautnya yang benar-benar eksotis.

Daerah tujuan wisata di Indonesia sangatlah beragam dan masing-masing memiliki daya tarik wisata yang unik dan mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain. Kamu bisa menikmati liburan dengan budget kecil maupun besar berdasarkan beberapa rekomendasi tempat wisata yang telah diulas sebelumnya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.