Dijamin Sukses, Ini 10 Tips Lulus CASN yang Wajib Diterapkan!

oleh -0 Dilihat
Dijamin Sukses, Ini 10 Tips Lulus CASN yang Wajib Diterapkan!
Pemerintah secara khusus mengumumkan untuk membuka seleksi ASN besar-besaran di 2024.

Jakarta- Tips lulus CASN atau CPNS menjadi topik yang panas akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, baru-baru ini pemerintah secara khusus mengumumkan untuk membuka seleksi ASN besar-besaran di 2024. Kabar ini tentu saja disambut gembira oleh banyak pihak karena sudah banyak dinantikan. Menurut jadwal, proses pendaftaran CASN baru akan dimulai paling cepat di Bulan Mei mendatang.

Sembari menunggu pengumuman lebih lanjut, ada baiknya untuk mempersiapkan strategi agar lulus CASN dari sekarang. Jika sudah dipersiapkan sedari awal, maka segala macam tes kelulusan nantinya bisa dengan mudah ditaklukkan. Setidaknya, ada dua tahap dalam ujian CASN. Adapun tahap pertama adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan tahap kedua adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun, untuk mencapai tahap ujian kedua, kamu harus terlebih dahulu dinyatakan lolos saat SKD.

10 Tips Lulus CASN atau CPNS

Berdasarkan pengalaman lulus CASN dari beberapa orang, setidaknya ada 10 tips rahasia yang mereka lakukan. Dengan menerapkan 10 tips ini secara konsisten, maka dijamin kamu akan lebih mudah menaklukkan soal-soal di ujian SKD nanti. Jadi, apa sajakah tipsnya?

1. Mulai Atur dan Rencanakan Jadwal Belajar
Pada dasarnya, tidak ada seseorang yang lulus CASN atau CPNS tanpa belajar. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar mempersiapkan jadwal belajar khusus agar bisa menaklukkan soal-soal SKD dengan mudah. Untuk itu, selayaknya anak SMA yang mempersiapkan ujian, kamu juga harus rajin belajar.

Agar bisa rajin, mulai dengan membuat jadwal belajar khusus soal-soal agar lulus CASN. Misalnya, dalam satu hari, kamu bisa mengalokasikan setidaknya waktu 2 jam untuk belajar. Jika bingung apa yang harus dipelajari, kamu bisa membeli buku kumpulan soal ujian SKD dan pelajari pola soal dan kisi-kisinya.

2. Mengidentifikasi dan Mempelajari Kisi-Kisi Materi Secara Bertahap
Secara umum, tes SKD pada CPNS memiliki pola yang sama. Oleh sebab itu, banyak buku yang juga menampilkan kisi-kisi tes CPNS secara umum. Dengan demikian, tips lulus CASN selanjutnya adalah mempelajari kisi-kisi tersebut secara bertahap hingga kamu benar-benar mengerti.

Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi, materi yang kamu pahami bisa lebih terarah. Hasilnya, kamu akan jadi lebih fokus mempelajari topik tertentu agar lancar saat test dan bisa lulus CASN. Oleh sebab itu, penting buat kamu untuk mengatur jadwal belajar tidak hanya soal waktu, tetapi juga soal materi yang akan dipelajari.

3. Jangan Malas untuk Latihan Soal
Tips lulus CASN selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan banyak latihan (Try Out). Buat kondisi seserius mungkin dan anggap itu adalah pelaksanaan tes CPNS yang sebenarnya. Dengan banyak latihan soal, kamu jadi tahu bagian mana dari kisi-kisi yang masih belum kamu pahami.

Setelah tahu bagian mana saja yang masih belum dipahami, kini saatnya kamu untuk mempelajarinya sampai mengerti. Jika sudah, lakukan try out lagi dan ulangi kembali apabila masih ada yang tidak mengerti. Seperti pepatah, semakin banyak latihan, maka semakin besar kemungkinan berhasil.

Jika kamu tidak punya waktu untuk membeli buku persiapan tes SKD CASN atau CPNS, jangan khawatir. Pasalnya, di internet kini sudah banyak tersedia media belajar cpns gratis. Dengan memanfaatkan ini, kamu pun bisa dengan mudah mengakses banyak contoh soal.

4. Pertimbangkan untuk Mengikuti Bimbel atau Kelompok Belajar
Jika kamu memiliki banyak waktu luang, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengikuti bimbel khusus CPNS. Dengan bimbel ini, kamu juga akan diajari bagaimana tips memilih formasi cpns. Di sana, kamu juga akan banyak bertemu dengan teman-teman seperjuangan agar lebih bersemangat.

Dengan mengikuti bimbel, kamu tidak harus mengatur jadwal belajar dan meteri sendiri. Semuanya akan diatur oleh lembaga bimbel. Jadi, kamu hanya akan fokus mendalami materi, latihan soal dan lebih fokus dalam belajar.

Jika dirasa bimbel offline terlalu menyita waktu, jangan khawatir. Di era modern dan digital kali ini, bimbel juga bisa dilakukan secara offline. Dengan menerapkan tips lulus CASN secara konsisten, dijamin soal-soal ujian SKD bisa kamu taklukkan dengan mudah.

5. Jangan Lupa Selalu Update Mengenai Informasi CPNS dan CASN
Meskipun kamu sudah mengikuti bimbingan belajar di lembaga, tetaplah untuk selalu update informasi secara mandiri. Pasalnya, beberapa kementerian bisanya akan memberikan informasi terkait kisi-kisi terbaru dari tes seleksi yang akan dilakukan.

Namun, biasanya memang kisi-kisi tersebut tidak akan jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Oleh sebab itu, pembaharuan kisi-kisi ini hanya akan membuatmu memantapkan materi karena biasanya baru akan keluar beberapa minggu sebelum pelaksanaan tes.

6. Memperhatikan Passing Grade
Tes CPNS atau CASN umumnya tidak hanya diikuti oleh para fresh graduate saja. Bagi mereka yang sudah bekerja pun juga masih diizinkan mengikuti tes CPNS karena harapan untuk mendapatkan taraf hidup yang lebih baik. Namun masalahnya, bagaimana cara belajar cpns sambil kerja?

Orang yang bekerja mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk belajar. Oleh sebab itu, penerapan tips lulus CASN mungkin akan terhambat. Untuk menyiasatinya, kamu harus terlebih dahulu memperhatikan passing grade yang ada di formasi yang kamu pilih.

Diketahui syarat lulus CASN adalah memiliki nilai minimal passing grade saat SKD. Umumnya, minimal jumlah poinnya adalah 271 poin. Artinya, kamu hanya harus menjawab benar 100 soal aja untuk mendapatkan nilai sesuai passing grade. Jadi, jika ada soal susah, lewati saja.

7. Lakukan Persiapan Dokumen
Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan dalam mempersiapkan tes CPNS dan CASN adalah dokumen administrasi. Sebenarnya, ini yang paling penting. Pasalnya, seleksi administrasi berada di tahapan awal sebelum ujian SKD. Apabila kamu tidak lolos seleksi administrasi, tentu saja tidak bisa ikut SKD.

Oleh sebab itu, tips lulus CASN selanjutnya adalah mempersiapkan syarat dokumen dengan baik. Adapun dokumen yang dibutuhkan mencakup: KTP, ijazah terakhir, transkip nilai dan akreditasi program studi. Beberapa dokumen lain pun tergantung kebijakan formasi yang dilamar.

8. Istirahat Sebelum Ujian Berlangsung
Banyak orang yang menerapkan sistem kebut semalam (SKS) dalam menerapkan tips lulus cpns. Akibatnya, sehari sebelum pelaksanaan ujian, staminanya langsung drop. Jika hal ini terjadi, soal-soal SKD pun bisa jadi gagal dieksekusi dengan baik.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan istirahatmu cukup setidaknya satu hari menjelang tes berlangsung. Percayakan semua hasil belajarmu pada proses beberapa bulan sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan lebih fit saat mengerjakan soal sehingga SKD bisa dieksekusi dengan baik.

9. Cek Lokasi Tes Sebelum Pelaksanaan
Satu hari sebelum pelaksanaan ujian, ada baiknya kamu tahu lokasi tes terlebih dahulu. Ini bertujuan agar di esok hari, kamu sudah bisa memperkirakan waktu perjalanan agar tidak terlambat saat tes. Biasanya, lokasi tes ini akan tersedia di kartu peserta ujianmu.

Jika lokasi tes sudah ditemukan, pertimbangkan alternatif perjalanan jika mungkin saat pelaksanaan esok hari akan terjadi macet. Dengan melakukan persiapan tersebut, kamu tidak akan panik jika terjadi kendala di hari H tes.

10. Jangan Buru-Buru Saat Mengerjakan Soal
Tips lulus CASN yang paling terakhir dan paling penting adalah jangan buru-buru saat mengerjakan soal. Pasalnya, jawaban di SKD biasanya sangat mirip-mirip. Baca secara perlahan dan pikirkan jawabannya dengan seteliti mungkin.

Jadi apabila ada soal yang setelah beberapa menit masih belum bisa dijawab, lewati saja dulu. Gunakan waktu untuk mengerjakan soal lain yang mungkin lebih mudah. Dengan demikian, kamu bisa menghemat lebih banyak waktu.

Pada akhirnya, tips lulus CASN atau CPNS yang paling penting adalah konsisten dan pantang menyerah. Jika 10 tips diatas dilakukan konsisten dan pantang menyerah, maka dijamin kamu bisa sukses mengejar mimpimu dengan menjadi PNS! Jadi, selamat berjuang! (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.