Ini 10 Kampus Muhammadiyah di Indonesia Tersebar di Beberapa Kota

oleh -0 Dilihat
Jumlah Kampus Muhammadiyah di Indonesia Tersebar di Beberapa Kota
Hingga saat ini, diperkirakan ada 85 Universitas atas nama Muhammadiyah yang sudah berdiri di seluruh Indonesia.

Jakarta– Jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia cukup banyak. Mulai dari Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Jakarta, hingga Sumatera Utara. Ketika akan memasuki jenjang perguruan tinggi, banyak calon mahasiswa sering mengalami kebingungan dalam memilih institusi yang tepat untuk melanjutkan pendidikan.

Dalam kondisi ini, mengetahui jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia menjadi penting untuk dipertimbangkan. Dengan mengeksplorasi daftar kampus Muhammadiyah, kamu bisa memperoleh pemahaman mendalam tentang program studi dan biaya yang mereka tawarkan. Melalui hal tersebut, kamu akan mendapatkan pendidikan yang tepat sesuai dengan minat dan preferensi.

Jumlah Kampus Muhammadiyah di Indonesia

Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak pilihan perguruan tinggi yang bermunculan di setiap daerah. Salah satu yang selalu dapat ditemui adalah kampus Muhammadiyah. Hingga saat ini, diperkirakan ada 85 Universitas atas nama Muhammadiyah yang sudah berdiri di seluruh Indonesia.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi salah satu kampus Muhammadiyah terbaik di Indonesia. Bahkan mendapat julukan Muda Mendunia dan kampus favorit di Yogyakarta. Menduduki peringkat 19 berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities pada akhir tahun 2023.

Hingga saat ini, kampus Muhammadiyah yang terakreditasi “A” ini tidak hanya menerima mahasiswa lokal dari Indonesia saja, tetapi juga mahasiswa asing dari 59 negara. Terdapat 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor, dan 5 program Pendidikan profesi.

2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia saat ini, terus bertambah dan menunjukkan peningkatan melalui tingginya minat calon mahasiswa. Salah satu yang terkenal di Jawa Timur adalah Universitas Muhammadiyah Malang yang sudah terakreditasi “A”.

Kampus Muhammadiyah ini menawarkan 63 prodi terdiri dari program Vokasi, Sarjana, Pasca Sarjana, Doktor, dan Profesi. Jurusan favorit sainteknya adalah pendidikan matematika, teknik informatika, dan farmasi. Sementara jurusan favorit soshum ada psikologi, manajemen, akuntansi, HI, Ilmu Komunikasi, dan ilmu hukum.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Selain UMY, Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berada di Jawa Tengah menduduki peringkat 33 di Indonesia. Sudah terakreditasi “A” dan menawarkan pilihan program studi untuk berbagai program di sana. Mulai dari Program Vokasi, Sarjana, hingga Profesi.

Bahkan kampus ini tidak hanya menawarkan jurusan-jurusan favorit, tetapi juga beasiswa. Dengan begitu, mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan berkuliah di sini tidak perlu khawatir soal biaya, karena ada berbagai beasiswa yang ditawarkan.

Di antaranya adalah Beasiswa Unggulan UMS (BU-UMS), Beasiswa Kyai Ahmad Dahlan (BKAD), Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah dan Daerah (BTUMD), Beasiswa Prestasi (BP-UMS), Beasiswa International (BI-UMS), Beasiswa Hafidz Al-Quran (BHA-UMS), dan lain sebagainya.

4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
UAD menjadi salah satu dari banyak universitas yang berperan aktif dalam menyebarluaskan pendidikan. Kampus ini juga saling berjejaring dengan kampus Muhammadiyah lainnya, sehingga mampu menambah jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia.

Jurusan-jurusan favorit saintek di universitas yang sudah terakreditasi “A” ini adalah profesi Apoteker, farmasi, biologi, fisika, dan pendidikan fisika. Sementara jurusan favorit soshum adalah bahasa dan sastra arab, BK, Pendidikan Bahasa dan sastra indonesia, tafsir hadits, dan lain sebagainya.

Kampus ini juga menawarkan beberapa beasiswa yang pendaftarannya bisa diikuti oleh mahasiswa dan calon mahasiswa. Beberapa diantaranya adalah Beasiswa Program Misi Keluarga Persyarikatan (BPM-KP) Umum, Bidikmisi, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan lain sebagainya.

5. Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS)
Berlokasi di Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya juga menjadi salah satu perguruan tinggi yang diminati di Jawa Timur. Menawarkan puluhan prodi yang dihimpun dalam fakultas-fakultas mulai dari Program Sarjana hingga Pascasarjana.

Beberapa Program Pascasarjana yang ditawarkan adalah S2 hukum ekonomi syariah, S2 pendidikan Islam, dan S2 pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Berdasarkan website resmi UMS, kampus ini telah mendapatkan akreditasi baik sekali yang diterbitkan secara resmi.

6. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka menjadi bukti persebaran jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia. Pada tahun 2002 lalu, Kemdikbud telah memberikan penilaian terhadap kampus ini dengan akreditasi unggul.

Menawarkan program D3, D4, Sarjana, Pascasarjana, dan Profesi, mahasiswa dapat mendaftar di salah satu program studi pendidikan yang diminati. Mulai dari bimbingan dan konseling, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan Bahasa Inggris, pendidikan ekonomi, dan masih banyak lagi.

7. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)
Tidak hanya Uhamka, UMJ juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Lokasi tepatnya berada di daerah Ciputat Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Sama seperti kampus-kampus pada umumnya, Kampus  Muhammadiyah ini terakreditasi “B” ,  menawarkan puluhan program studi yang terhimpun dalam beberapa fakultas. Baik untuk Program Diploma, Sarjana, Magister, Profesi, Spesialis, hingga Profesor.

Beberapa di antaranya adalah administrasi publik, ilmu hukum, kesehatan masyarakat, manajemen, pendidikan profesi guru, magister keperawatan, manajemen pendidikan Islam, teknologi pendidikan, spesialis keperawatan medikal bedah, spesialis keperawatan komunitas, dan masih banyak lagi.

8. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)
Tidak hanya di Pulau Jawa, jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia juga tersebar hingga Medan, Sumatera Utara. Salah satu kampus yang terkenal adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Program-program yang ditawarkan adalah program pada strata D3, S1, dan S2.

Biaya kuliah di kampus Muhammadiyah ini cukup variatif, tergantung program studi yang dipilih dan jalur pendaftaran yang diambil. Mahasiswa dan calon mahasiswa bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa yang ditawarkan, yakni Beasiswa PTPN III, Yayasan Supersemar, hingga Bank Syariah Mandiri.

9. Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)
Bagi kamu yang berada di daerah Jawa Tengah dan ingin berkuliah di daerah kota, kampus Muhammadiyah Semarang bisa menjadi pilihan yang pas. Ada berbagai jurusan saintek dan soshum yang ditawarkan. Fasilitas-fasilitasnya pun cukup memadai dan menunjang untuk kegiatan belajar.

Mahasiswa aktif dan calon mahasiswa dapat berpartisipasi dalam pendaftaran beasiswa yang ditawarkan. Ini merupakan beasiswa internal untuk masyarakat kurang mampu secara ekonomi. Pendaftar harus melewati serangkaian seleksi agar bisa menerima beasiswa ini.

10. Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR)
Menjadi satu-satunya perguruan tinggi setingkat universitas, keberadaan kampus ini telah melengkapi jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia. Aksesnya yang sangat mudah dan dekat dengan bandara, membuat UMPWR diminati masyarakat lokal hingga mancanegara.

Bahkan pada tahun 2021, Webometric (Ranking Web of Universities) menempatkan universitas ini pada peringkat 1 Perguruan Tinggi Terbaik se-Karesidenan Kedua dan peringkat 6 perguruan tinggi terbaik se-Jawa Tengah. Program studi yang ditawarkan sangat beragam.

Mulai dari pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan bahasa dan sastra jawa, pendidikan ekonomi, pendidikan bahasa inggris, pendidikan matematika, pendidikan fisika, pendidikan teknik otomotif, teknik sipil, teknik informasi, manajemen, agribisnis, peternakan, dan lain sebagainya.

Informasi mengenai jumlah kampus Muhammadiyah di Indonesia dapat memberikan gambaran jelas tentang skala dan kontribusi organisasi dalam dunia pendidikan. Melalui komitmen yang berkualitas dan inklusif, Muhammadiyah dapat membentuk masa depan Indonesia yang lebih maju.

Kini, kamu bisa mendapatkan pilihan kampus Muhammadiyah sesuai dengan minat dan preferensi masing-masing. Pastikan memilih program studi tepat agar dapat mengembangkan potensi dan mencapai tujuan pendidikan dengan maksimal.(Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.