8 Daftar Aplikasi Pemantau Pemilu 2024, Kawal Terus untuk Pemilu Jurdil!

oleh -0 Dilihat
8 Daftar Aplikasi Pemantau Pemilu 2024, Kawal Terus untuk Pemilu Jurdil!
Untuk menghindari adanya potensi kecurangan Pemilu, maka sudah tersedia beberapa aplikasi pemantau pemilu yang bisa diakses masyarakat secara umum.

Jakarta– Pemilu 2024 sudah berhasil dilaksanakan pada 14 Februari dan saat ini masih menunggu hasil perhitungan suara. Untuk menghindari adanya potensi kecurangan, maka sudah tersedia beberapa aplikasi pemantau pemilu yang bisa diakses masyarakat secara umum.

Dari pihak Bawaslu sendiri sudah menyediakan sebuah aplikasi bernama Siwaslu di Pemilu 2024 ini yang bisa dimanfaatkan untuk memantau pelaksanaan pemilu dan mengawasi jalannya perhitungan suara. Untuk mengenal lebih jauh apa saja aplikasi yang berfungsi sebagai pemantau pemilu, silakan simak informasi berikut.

Daftar Aplikasi Pemantau Pemilu 2024

Meskipun proses pemungutan suara sudah usai untuk Pemilu 2024 ini, namun proses perhitungan suara masih terus dilakukan secara bertahap. Sayangnya, potensi kecurangan dalam perhitungan suara tersebut banyak dikeluhkan masyarakat. Salah satunya adalah ketidaksesuaian data yang masuk ke aplikasi Sirekap KPU.

Banyak masyarakat yang mengeluhkan potensi kecurangan dengan adanya penggelembungan suara pada salah satu paslon dengan angka yang tidak masuk akal. Itulah mengapa masyarakat perlu melakukan upaya pengawasan dan pengawalan pemilu 2024 dengan memanfaatkan beberapa aplikasi seperti berikut:

1. Siwaslu
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Siwaslu merupakan aplikasi untuk memantau pemilu 2024 yang dikembangkan Bawaslu RI. Adapun tujuan dari peluncuran aplikasi Siswaslu antara lain adalah:
• Mengoptimalkan proses penyajian data serta informasi sehingga akan memudahkan pengawas pemilu dalam pengambilan keputusan.
• Membantu meningkatkan kinerja dalam proses pengawasan pemilu sehingga bisa berlangsung secara jujur dan adil.
• Memenuhi kebutuhan akan pelayanan informasi dan pelaporan sebagai bagian dari proses pengawasan pemilu.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi pemantau Pemilu 2024 dari Bawaslu RI bisa langsung melakukan pengunduhan di Google Play Store. Cukup cari kata kunci Siwaslu 2024 pada kolom pencarian dan setelah muncul bisa klik pada opsi Instal. Selanjutnya lakukan pendaftaran dengan cara mengisi data yang diperlukan, mulai dari domisili, nama lengkap, nomor HP serta data TPS.

2. Jagapemilu.com
Pada dasarnya Jagapemilu.com merupakan sebuah situs web yang diprakarsai oleh gerakan sukarela masyarakat untuk tujuan mengawal jalannya proses demokrasi secara transparan, jujur dan adil. Untuk ikut serta dalam pemantauan Pemilu 2024, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar.

Proses pendaftaran tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan email aktif. Setelah berhasil mendaftar, maka masyarakat bisa mengirimkan foto serta informasi data perolehan suara secara lengkap. Mulai dari calon presiden dan wakil presiden, caleg DPD, DPR, DPRD Provinsi hingga kabupaten kota di Pemilu 2024.

Bukan hanya sekedar mengunggah foto perolehan suara saja, melalui situs Jagapemilu.com ini pengguna juga bisa dengan mudah melaporkan dugaan kecurangan dan pelanggaran melalui menu yang sudah disediakan. Selain itu, pengguna juga bisa mengecek adanya pelanggaran di setiap daerah.

3. Suarapagi.id
Situs yang satu ini diluncurkan para pendukung paslon Prabowo dan Gibran. Fungsinya sendiri untuk keperluan kampanye serta melakukan pengawalan suara di TPS pada saat proses pemungutan suara. Untuk saat ini aplikasi baru tersedia di Play Store dan belum ada di App Store.

Tidak berbeda jauh dari aplikasi sebelumnya, untuk bisa mengakses dan menggunakan aplikasi maka pengguna akan diminta melakukan pendaftaran. Dalam hal ini pengguna harus mengisi formulir yang tersedia dengan berbagai data yang dibutuhkan.

4. Warga Jaga Suara
Aplikasi berikutnya yang layak dicoba untuk memantau pemilu adalah Warga Jaga Suara. Aplikasi yang satu ini bisa diunduh secara gratis di Play Store. Namun sayangnya untuk saat ini masih belum tersedia di App Store. Sehingga sementara penggunanya hanya terbatas pada pemilik Android saja.

Secara umum, aplikasi Warga Jaga Suara bertujuan untuk menyelamatkan demokrasi dari potensi kecurangan dan upaya penyelewengan kekuasaan. Yang menarik, aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja, baik dari paslon 1, 2 maupun 3 karena tidak mewakili paslon manapun.

Aplikasi pemantau pemilu 2024, Warga Jaga Suara diluncurkan sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai keresahan yang muncul akibat kondisi demokrasi saat ini yang mulai terancam. Salah satunya karena keberpihakan penguasa pada salah satu paslon.

Untuk bisa bergabung dalam memantau pemilu, pengguna diwajibkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Dalam hal ini ada beberapa data yang harus diisi secara lengkap. Mulai dari nama lengkap hingga nomor HP.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi pemantau Pemilihan Umum (Pemilu 2024), sudah tersedia beberapa menu dan fitur yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Diantaranya adalah menu unggah foto C1 Plano PPWP, Laporan Suara, Saya Bersuara dan menu Laporan Pelanggaran.

5. DA4l.net
Situs yang berfungsi untuk memantau pemilu ini diluncurkan Direktorat Pengamanan dan Pengawalan Suara Tim Nasional Anies-Muhaimin. Situs web ini bisa diakses oleh masyarakat umum yang ingin ikut serta mengawal Pemilu secara jujur dan adil.

Namun untuk bisa menggunakan situs tersebut dan berpartisipasi, maka pengguna harus mengisi biodata terlebih dahulu. Selanjutnya, pengguna bisa ikut serta melaporkan adanya dugaan kecurangan maupun pelanggaran pemilu.

6. Ganjar Twin AI, GPMMD3 dan OMG
Aplikasi pemantau pemilu berikutnya terdiri dari 3 aplikasi yang dikenal dengan Ganjar Twin AI, GPMMD3 serta OMG. Sesuai dengan namanya, aplikasi yang berguna untuk mengawal pemilu ini diluncurkan oleh Tim Pemenangan Nasional (TPN) paslon Ganjar dan Mahfud.

Sebagai informasi, ketiga aplikasi pengawal pemilu 2024 tersebut sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Sehingga bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi bisa segera mengunduh aplikasinya. Secara umum, aplikasi digunakan untuk keperluan kampanye sekaligus mengawal jalannya pemilu di Indonesia.

7. SiGapLapor
Satu lagi aplikasi untuk memantau pemilu yang diluncurkan Bawaslu RI, namanya adalah SiGapLapor. SiGapLapor sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Penanganan Pelanggaran Pemilu. Aplikasi tersebut diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap akses layanan yang cepat.

Adanya aplikasi tersebut diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat maupun peserta pemilu, khususnya dalam upaya penanganan pelanggaran. SiGapLapor sendiri memiliki beberapa keunggulan seperti berikut:

• Kemudahan dalam mengakses informasi.
• Sebagai sarana untuk menyampaikan laporan secara cepat.
• Digitalisasi dokumen dalam penanganan pelanggaran.
• Kemudahan dalam rekap data penanganan pelanggaran pemilu di seluruh Indonesia

8. Kawalpemilu.org
Kawalpemilu.org merupakan aplikasi pemantau pemilu berbasis web yang berdiri sejak tahun 2014, dan saat ini kembali hadir untuk memberikan akses kepada masyarakat luas yang ingin mengawal dan memantau hasil pemilu melalui sistem real count yang akurat.

Tujuan dari diluncurkannya Kawalpemilu.org adalah untuk memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam mengawasi dan mengawal perhitungan suara di setiap TPS seluruh Indonesia. Hasil dari perhitungan akan disajikan secara real time sehingga mudah diakses kapan saja.

Kawalpemilu.org menjadi media bagi masyarakat untuk mencocokan data yang berasal dari TPS hingga tabulasi di tingkat nasional. Tentunya semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi dengan mengunggah foto hasil suara akan membuat hasilnya semakin transparan dan akurat.

Untuk berpartisipasi, pengguna hanya perlu memfoto hasil perhitungan suara di TPS, kemudian login ke Kawalpemilu.org, mengunggah foto dan hasil angkanya. Nantinya moderator akan melakukan review foto, hasil suara serta lokasi TPS.

Dengan menggunakan aplikasi pemantau pemilu yang transparan maka hal itu akan meningkatkan upaya pengawalan dan pengawasan pemilu. Sehingga diharapkan hasilnya akurat dan transparan sesuai data yang ada di lapangan. Kalau proses pemilunya saja sudah tidak jurdil, siapa lagi yang bisa dipercaya? (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.