10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Anak ke Kolam Renang, Wajib Tahu!

oleh -0 Dilihat
10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membawa Anak ke Kolam Renang, Wajib Tahu!
Bermain di kolam renang bisa menimbulkan petaka jika orang tua lalai dan kurang memperhatikan keselamatan anak.

Jakarta- Punya rencana berenang bersama anak? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membawa anak ke kolam renang. Pasalnya, bermain di kolam renang bisa menimbulkan petaka jika orang tua lalai dan kurang memperhatikan keselamatan anak.

Hampir semua anak suka bermain air di kolam renang. Saking asyiknya bermain, tidak jarang anak-anak mengabaikan peraturan dan keselamatan sehingga justru berakhir celaka. Jika tidak mau hal buruk terjadi di kolam renang, kamu harus benar-benar memperhatikan beberapa hal berikut.

Mulai dari memilih kedalaman kolam renang hingga mematuhi peraturan yang berlaku, ada sejumlah aspek penting yang wajib diperhatikan ketika membawa anak ke kolam renang. Apa saja? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Persiapkan Perlengkapan Renang
Berenang di kolam renang bersama anak-anak membutuhkan persiapan ekstra. Ada lebih banyak barang yang harus kamu persiapkan seperti pakaian renang, handuk, kaca mata renang, hingga minyak angin untuk digunakan setelah anak selesai berenang.

Kebanyakan kolam renang mengharuskan pengunjung menggunakan pakaian khusus renang. Pastikan anak mematuhi peraturan ini agar meminimalisir risiko cedera atau kecelakaan. Gunakan pula perlengkapan tambahan seperti kacamata renang guna mencegah air masuk ke mata.

2. Pilih Kedalaman yang Sesuai
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat membawa anak ke kolam renang adalah memilih kedalaman yang sesuai. Kolam renang biasanya memiliki kedalaman berbeda. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan kolam tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak.

Pilih Kedalaman yang Sesuai

Kamu bisa bertanya kepada petugas tentang area kolam renang yang aman digunakan oleh anak-anak. Agar lebih yakin, kamu juga bisa mengetes kedalaman dengan masuk secara langsung ke dalam kolam. Biasanya kolam anak-anak memiliki kedalaman antara 30 hingga 50 cm saja.

Yang perlu diperhatikan adalah ada tidaknya pembatas antara area anak-anak dengan kolam dewasa. Jika tidak ada pembatas, kamu harus benar-benar memastikan anak tidak melewati area yang seharusnya.

3. Patuhi Peraturan yang Berlaku
Setiap kolam renang pastinya mempunyai peraturan yang berbeda. Misalnya, pengelola kolam renang mewajibkan setiap pengunjung menggunakan pakaian renang. Agar kegiatan di kolam renang berjalan aman dan menyenangkan, kamu wajib mematuhi peraturan yang berlaku.

Peraturan yang dibuat tentunya bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan setiap pengunjung. Jadi, alangkah baiknya jika kamu berkomunikasi dengan anak untuk sama-sama menjaga ketertiban dengan mematuhi peraturan.

4. Hindari Berlari di Tepi Kolam
Hal berikutnya yang harus diperhatikan saat membawa anak ke kolam renang adalah mengedukasi anak agar tidak berlarian di tepi kolam. Banyak pengelola kolam renang yang melarang pengunjung berlarian karena alasan keselamatan, jadi kamu harus memastikan hal ini tidak terjadi.

Selain berbahaya karena berisiko terpeleset dan terjatuh ke kolam, berlarian di area kolam renang juga bisa mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Oleh sebab itu, komunikasikan dengan anak perihal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di kolam renang.

5. Simpan Benda Berharga di Loker
Ketika berenang bersama anak, tentunya kamu perlu membawa beberapa barang seperti dompet dan ponsel. Benda-benda tersebut mustahil dibawa ke dalam kolam sehingga kamu harus meletakkannya di tempat khusus seperti loker agar terhindar dari air maupun pencuri.

Biasanya pengelola kolam renang menyediakan loker atau tempat penyimpanan khusus yang terpisah dari area kolam. Tujuannya adalah agar memudahkan pengunjung dalam menyimpan barang pribadi. Dengan begitu, kamu bisa berenang dengan tenang.

6. Hindari Makan di Kolam
Selanjutnya, yang harus diperhatikan saat membawa anak ke kolam renang adalah menghindari makan di dekat atau dalam kolam. Biasanya anak-anak akan merasa lapar setelah berenang karena aktivitas ini membakar cukup banyak kalori.

Hindari Makan di Kolam
Foto: Canva

Anak-anak boleh makan setelah berenang, dengan catatan makanan tidak dibawa ke dalam atau di dekat kolam. Pasalnya, sisa-sisa makanan bisa mengotori kolam renang dan mengganggu kenyamanan pengunjung yang lain.

Solusinya, kamu bisa mengajak anak untuk sedikit menjauh dari area kolam. Beberapa kolam renang menyediakan area gazebo yang bisa digunakan untuk makan dengan aman tanpa perlu takut mengotori kolam.

7. Tidak Kencing dan Meludah Sembarangan
Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan saat berenang adalah meludah. Meskipun terdengar sepele, kebiasaan ini kurang baik karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, membuang ludah bisa meningkatkan risiko penyebaran penyakit berbahaya.

Selain meludah, anak-anak terkadang juga kencing di dalam kolam karena terlalu asyik bermain. Kebiasaan ini juga kurang baik karena berisiko menyebarkan penyakit, selain membuat air kolam menjadi kotor. Selalu nasihati anak-anak untuk menghindari kedua hal tersebut.

8. Hindari Berenang Saat Hujan
Cuaca merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat membawa anak ke kolam renang. Hindari berenang saat hujan deras, terutama jika disertai petir karena bisa meningkatkan risiko tersambar. Saat hujan, kamu juga akan kesulitan untuk mengawasi aktivitas anak di dalam kolam.

Ketika hujan lebat, sebaiknya tunda semua kegiatan di kolam renang dan cari tempat yang aman untuk berteduh. Kamu bisa kembali berenang ketika cuaca sudah membaik. Jangan lupa membalurkan minyak kayu putih sebagai tips agar anak tidak masuk angin saat berenang di musim hujan.

9. Periksa Kebersihan Kolam
Kolam yang kotor pasti membuat kamu merasa tidak nyaman. Apalagi bagi anak-anak yang kulitnya masih sangat sensitif, berenang di kolam kotor bisa menimbulkan keluhan seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan bahwa kolam benar-benar bersih dan aman untuk digunakan oleh anak-anak. Kolam yang bening belum tentu bersih karena bisa jadi kandungan kaporitnya sangat tinggi. Jadi, bagaimana cara menentukan kebersihan kolam?

Kamu bisa melihat warna air, apakah bening atau keruh. Selain itu, periksa juga apakah banyak kotoran yang mengapung di permukaan. Selanjutnya, periksa apakah kolam mengeluarkan aroma kaporit yang menyengat atau tidak. Jika semua aman, maka anak-anak bisa berenang dengan nyaman.

10. Selalu Awasi Anak Saat Berenang
Ketika sedang asyik berenang, biasanya anak-anak cenderung mengabaikan keselamatan. Karenanya, kamu harus benar-benar memperhatikan setiap gerak geriknya ketika berada di dalam kolam. Pastikan anak tidak keluar dari area yang seharusnya karena bisa membahayakan.

Selalu Awasi Anak
Foto: Canva

Selain itu, kamu juga harus mengomunikasikan kepada anak bahwa kolam merupakan fasilitas umum. Usahakan tidak mengganggu kenyamanan orang lain saat berenang dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku.

Tidak bisa dipungkiri bahwa berenang merupakan aktivitas air yang menyenangkan. Wajar jika banyak anak-anak yang gemar mengunjungi kolam untuk sekedar bermain air atau berlatih renang. Selain menyehatkan, berenang juga bisa membantu pertumbuhan fisik anak.

Meskipun mengasyikkan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat membawa anak ke kolam renang. Tujuannya adalah untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan anak serta pengunjung lain. Beberapa di antaranya adalah memakai baju renang, tidak makan di kolam, serta tidak berlarian. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.