8 Pusat Perbelanjaan di Jakarta yang Legendaris, Ada yang Mulai Sepi!

oleh -0 Dilihat
8 Pusat Perbelanjaan di Jakarta yang Legendaris, Ada yang Mulai Sepi!
Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia tentunya mempunyai sederet mal dan pusat belanja yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan.

Jakarta- Kamu tengah mencari pusat perbelanjaan di Jakarta yang legendaris untuk dikunjungi di akhir pekan? Beruntung, terdapat beberapa pilihan destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk berbelanja atau sekedar nongkrong dan menghabiskan waktu senggang.

Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia tentunya mempunyai sederet mal dan pusat belanja yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan. Sebut saja Plaza Indonesia atau Blok M Plaza yang sudah berdiri sejak beberapa dekade yang lalu.

8 Pusat Perbelanjaan di Jakarta yang Legendaris

Maraknya pembangunan mal baru di ibu kota tidak lantas membuat pusat perbelanjaan legendaris ini ditinggalkan pengunjung. Meskipun ada beberapa yang mengalami penurunan pengunjung, banyak mal lain yang masih ramai bahkan menjadi tempat nongkrong favorit anak muda.

1. Pondok Indah Mal
Pondok Indah Mal atau sering disebut PIM adalah salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yang paling terkenal. Mal mewah yang dibangun pada tahun 1991 mempunyai tiga bangunan utama dengan nama Pondok Indah Mal 1, Pondok Indah Mal 2, dan Pondok Indah Mal 3.

Pondok Indah Mal
Foto; Canva

Meskipun berumur lebih dari 33 tahun, PIM tidak pernah sepi pengunjung. Pusat perbelanjaan ini tetap menjadi lokasi favorit untuk berbelanja, berjalan-jalan bersama teman atau keluarga, hingga menikmati beragam kuliner di restoran ternama.

Yang menarik, akses menuju Pondok Indah Mal juga cukup mudah. Pasalnya, tempat ini terhubung dengan halte Transjakarta Pondok Indah sehingga kamu tidak perlu repot jika ingin menggunakan transportasi umum.

2. Plaza Semanggi
Pusat perbelanjaan di Jakarta yang legendaris selanjutnya adalah Plaza Semanggi. Mal yang mulai beroperasi tahun 2004 ini sempat berjaya dan menjadi pilihan favorit warga Jakarta untuk berbelanja, nongkrong, atau sekedar berjalan-jalan santai.

Plaza Semanggi
Foto: Canva

Plaza Semanggi terletak di kawasan Simpang Susun Semanggi, Jakarta Selatan. Lokasinya mencakup Gedung Veteran RI dan Balai Sarbini. Akses menuju kawasan ini relatif mudah menggunakan MRT dan Transjakarta.

Sayangnya, geliat perekonomian di Plaza Semanggi mulai terlihat lesu. Pengunjung terlihat sepi dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Bahkan beberapa tenant juga mulai mengosongkan toko sebagai pertanda omset yang tidak lagi menjanjikan.

3. Blok M Plaza
Setali tiga uang dengan Plaza Semanggi, Blok M Plaza sebagai salah satu pusat perbelanjaan legendaris juga mulai ditinggalkan pengunjung. Mal yang pernah berjaya di awal tahun 2000 ini kini mulai tampak sepi pengunjung dan beberapa gerai juga terlihat tutup.

Blok M Plaza
Foto: Canva

Blok M Plaza sendiri merupakan pusat belanja dan hiburan yang terletak di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mal 7 lantai ini berdiri sejak tahun 1988 dan mulai resmi beroperasi pada tahun 1990. Di sini kamu bisa berbelanja pakaian hingga kuliner yang lezat.

Maraknya pembangunan mal baru disinyalir menjadi salah satu penyebab bergesernya minat pengunjung. Namun pengelola Blok M Plaza tidak tinggal diam. Pasalnya, mal ini terus berbenah untuk menarik kembali antusiasme masyarakat untuk berkunjung.

4. Plaza Indonesia
Plaza Indonesia (PI) mulai beroperasi pada tahun 1990 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi yang menjabat pada masa tersebut. Mal yang terdiri dari empat lantai ini dikenal mewah karena dipenuhi oleh gerai-gerai dari brand kelas atas.

Plaza Indonesia
Foto: Canva

Meskipun telah beroperasi lebih dari 30 tahun, Plaza Indonesia selalu berhasil menarik pengunjung. Selain menyediakan beragam produk fashion, pusat perbelanjaan di Jakarta yang legendaris ini juga bisa menjadi destinasi tepat untuk berwisata kuliner.

Plaza Indonesia berlokasi di Jalan MH. Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi yang strategis ditambah dengan inovasi berkelanjutan membuat PI selalu menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat segala usia.

5. Mal Ratu Plaza
Mal yang satu ini dikenal sebagai pionir pusat perbelanjaan di Jakarta. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Mal Ratu Plaza sempat digandrungi berbagai kalangan pada tahun 1980-an.

Mal Ratu Plaza
Foto: Canva

Selain sebagai pusat perbelanjaan, mal ini juga terintegrasi dengan perkantoran dan apartemen. Wajar jika bangunan 31 lantai dengan 2 basemen ini sangat populer di masanya dan dinobatkan sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta yang legendaris.

Sayangnya, eksistensi mal ini terus mengalami penurunan karena pembangunan mal modern yang mulai marak dilakukan. Saat ini, Mal Ratu Plaza terlihat sepi pengunjung. Bahkan mal ini juga mengalami pergeseran fungsi dari mal umum menjadi pusat belanja alat elektronik dan komputer.

6. Plaza Senayan
Selain Mal Ratu Plaza, kamu juga bisa menemukan Plaza Senayan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tempat belanja yang sudah beroperasi sejak April 1996 ini menyediakan berbagai produk fashion dari toko dan merek ternama sehingga memberikan kesan mewah dan eksklusif.

Plaza Senayan
Foto: Canva

Selain pakaian dan fashion, Plaza Senayan juga menyediakan berbagai restoran cepat saji berkelas. Ditambah lagi pusat perbelanjaan ini mempunyai fasilitas lengkap sehingga banyak digemari oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara.

Pusat perbelanjaan di Jakarta yang legendaris ini tidak mengalami banyak perubahan sejak diresmikan untuk pertama kali. Namun kehadiran beberapa fitur unik seperti Marygold Clock dan tower lift di dalam atrium membuatnya selalu menarik untuk dikunjungi.

7. Mangga Dua Square
Warga Jakarta pasti sudah tidak asing dengan tempat yang satu ini. Mangga Dua Square atau dikenal dengan nama Mangdu merupakan pusat belanja dan kuliner yang cukup banyak digemari oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak muda.

Mangga Dua Square
Foto: Canva

Di tengah gempuran mal dan pusat perbelanjaan modern, Mangga Dua Square nyatanya tetap menarik bagi para pengunjung setia. Mal yang diresmikan pada tahun 2005 oleh Gubernur Sutiyoso ini bahkan sering digunakan untuk event besar seperti pameran dan pertunjukan musik.

Jika kamu tertarik untuk menikmati kuliner yang lezat, Mangga Dua Square menyediakan area Pagoda Pastikan kamu berkunjung malam hari agar bisa menikmati keindahan arsitekturnya sambil menyantap hidangan bervariasi seperti sea food, sate, hingga chinese food.

8. Plaza Sarinah
Ketika kamu mencari pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta, Plaza Sarinah bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Dinobatkan sebagai mal tertua di Jakarta, Sarinah menjadi ikon yang tidak bisa dipisahkan dari ibu kota Jakarta.

Plaza Sarinah
Foto: Canva

Plaza Sarinah didirikan pada tahun 1962 dan sempat mengalami perbaikan besar-besaran dari tahun 2020 hingga 2022 sehingga menyebabkan mal ditutup untuk sementara waktu. Kabar baiknya, mal ini sudah kembali dibuka, jadi kamu bisa segera mengunjungi tempat yang satu ini.

Di sini kamu bisa nongkrong di kafe kekinian sambil menikmati live music. Kamu juga bisa berwisata kuliner karena ada banyak pilihan restoran dengan menu beragam. Tersedia pula berbagai produk lokal dari UMKM yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Menemukan pusat perbelanjaan di Jakarta yang legendaris tidaklah sulit. Ada sederet opsi yang bisa kamu kunjungi mulai dari Plaza Sarinah hingga Plaza Indonesia. Meskipun beberapa mal sudah mulai kehilangan eksistensi, tidak sedikit pula yang masih menjadi favorit masyarakat untuk berbelanja. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.