Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Siapa di Peringkat 1?

oleh -0 Dilihat
Provinsi Paling Bahagia di Indonesia, Siapa di Peringkat 1?
Provinsi paling bahagia di Indonesia sudah dirilis oleh BPS pada tahun 2021, ada 3 dimensi yang menjadi point pengukuran

Jakarta- Provinsi paling bahagia di Indonesia sudah dirilis oleh BPS pada tahun 2021. Pengukuran dilakukan setiap 3 tahun sekali. Apa saja indikator indeks kebahagiaan? Ada 3 dimensi yang menjadi point pengukuran, yaitu adanya kepuasan hidup, makna hidup, serta perasaan masyarakatnya.

Semakin tinggi nilai 3 dimensi tersebut, maka semakin besar juga nilai “kebahagiaan” atau rasa bahagia warganya di tiap-tiap provinsi. Pengukuran ini bertujuan untuk menentukan kebijakan publik apa yang sesuai pada masing-masing daerah, juga sebagai pertimbangan pembangunan nasional.

BPS akan mengadakan survei terkait indeks kebahagian/bahagia di seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengikuti fokus internasional yang mengukur tingkat kesejahteraan penduduk.Hasil survei ini cukup penting, terutama untuk membantu perumusan kebijakan publik.

Hasil akhirnya, pembangunan nasional di provinsi tersebut menjadi lebih sesuai dan tepat sasaran. Selain indeks kebahagiaan, hasil survei di sektor ekonomi juga turut menjadi pertimbangan bagi pemerintah. Survei ini dimulai sejak tahun 2012, data terakhir diperoleh pada tahun 2021 lalu.

Mulai tahun 2017, BPS fokus melakukan survei dengan dasar 3 dimensi. Pada tahun-tahun sebelumnya, BPS hanya berfokus pada 1 dimensi saja, yakni kepuasan hidup atau life satisfaction. Lantas, provinsi mana yang menduduki peringkat pertama provinsi paling bahagia di Indonesia?

Berikut adalah 10 besar provinsi yang punya nilai indeks kebahagiaan tertinggi, di antaranya yaitu:

1. Maluku Utara
Siapa sangka, ternyata Maluku Utara menduduki peringkat pertama sebagai provinsi paling bahagia dengan nilai indeks kebahagiaan mencapai 76,34. Angka meningkat dari yang sebelumnya, yaitu 75,68 pada tahun 2017, dan 70,55 pada tahun 2014.

Maluku Utara dihuni oleh penduduk yang beragam secara etnis dan budaya, termasuk suku-suku seperti Ternate, Tidore, Bacan, dan suku-suku lainnya. Nilai kebahagiaan tersebut cukup tinggi, ini menunjukkan bahwa penduduknya punya perasaaan dan makna hidup yang bagus.

2. Kalimantan Utara
Peringkat kedua dicapai oleh Kalimantan Utara. Provinsi ini berbatasan dengan Malaysia di sebelah utara, Laut Makassar di sebelah selatan, serta Kalimantan Timur di sebelah timur. Penduduknya terdiri dari berbagai suku dan etnis, diantaranya suku Tidung, suku Bulungan, dan suku Dayak.

Indeks kebahagiaan untuk provinsi ini yakni sebesar 76,33, hanya terpaut 0,1 dengan provinsi Maluku Utama. Secara ekonomi, Kalimantan Utara unggul di sektor pertanian karena masih banyak lahan hutan, khususnya produksi kelapa sawit dan karet.

3. Maluku
Provinsi paling bahagia di Indonesia selanjutnya yakni dipegang oleh Maluku, dengan indeks kebahagiaan mencapai 76,28. Nilai yang besar ini disinyalir karena hampir semua penduduk Maluku selalu menjunjung tinggi nilai solidaritas tanpa pandang bulu dan aturan yang mengikat.

Selain itu, masyarakat Maluku juga memiliki seni dan kebudayaan yang khas, terutama dalam seni tarian, musik, dan kerajinan tangan. Ada juga Taman Nasional Manusela di Seram dan Pantai Ora di Maluku Tenggara yang menjadi destinasi populer.

4. Jambi
Jambi berhasil meraih peringkat pertama provinsi paling bahagia di Sumatera, dan peringkat 4 di seluruh Indonesia. Nilainya sebesar 75,17. Nilai ini mengalami peningkatan dari tahun 2019. Di tahun tersebut, nilainya sebesar 70,45.

Perubahan baik ini tentu bisa menggambarkan kondisi masyarakatnya. Menurut Gubernur Jambi, hampir semua warga Jambi sudah merasa puas, punya makna hidup, serta rasa nyaman saat tinggal di daerahnya. Inilah yang mendasari nilai survei menjadi cukup tinggi.

5. Sulawesi Utara
Sulawesi Utara menjadi provinsi yang punya tingkat toleransi cukup tinggi. Wajar saja, jika provinsi ini meraih posisi kelima provinsi paling bahagia di Indonesia dengan nilai sebesar 74,96. Selain warganya yang sangat toleran, di provinsi ini juga terjamin keamanan dan kenyamanannya.

Selain itu, keindahan budaya dan alam di tanah Sulawesi Utara ini cukup memukau, misalnya seni tari, musik, dan seni ukir. Meski warganya cukup selalu senang, namun ada tantangan tersendiri bagi Sulawesi Utara, yakni pengelolaan sumber daya alam, terutama untuk pelestarian ekosistem laut dan hutan.

6. Kepulauan Riau
Deretan keenam diduduki oleh provinsi Kepulauan Riau, nilai yang muncul yakni 74,78. Rangking 6 yang dicapai ini tentu bukan tanpa alasan. Kepulauan Riau selalu mengutamakan sektor keamanan, ketentraman, ketertiban, serta kelengkapan fasilitas publik.

Maka tak heran, jika provinsi ini memiliki penduduk yang punya rasa bahagia karena kebutuhan dan perasaan amannya selalu diperhatikan oleh pemerintah.

Dari sektor wisata, Kepri juga cukup unggul. Ada pantai-pantai indah, terumbu karang, dan hutan mangrove. Pulau Bintan dan Natuna juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

7. Gorontalo
Provinsi yang ada di urutan ketujuh yakni Gorontalo. Angka indeks kebahagiaannya mencapai 74,77. Warga Gorontalo selalu menjunjung tinggi nilai sosial, mereka juga jarang mengalami konflik antar sesama.

Mayoritas penduduk Gorontalo menganut agama Islam, ada juga komunitas Kristen dan agama lainnya. Inilah yang mendasari masyarakat Gorontalo cukup toleran antar sesama.

Selain nilai sosial yang tinggi, sektor ekonomi di provinsi ini juga cukup maju. Khususnya pada sektor pertanian dan pertambangan. Misalnya produksi kelapa, padi, serta tambang nikel dan emas.

8. Papua Barat
Papua Barat berhasil menjadi provinsi dengan indeks kebahagiaan tinggi yang ada di urutan kedelapan. Angkanya menyentuh 74,52. Papua Barat memiliki beragam kelompok etnis, misalnya seperti suku Arfak, Biak, Raja Ampat, dan suku lainnya.

Secara Geografis, Papua Barat punya kekayaan alam yang menakjubkan. Diantaranya hutan hujan tropis, pegunungan, dan pantai-pantainya yang indah. Ada juga Pegunungan Arfak di bagian barat, gunung ini menjadi salah ikon paling terkenal di Papua Barat.

9. Sulawesi Tengah
Selanjutnya, ada Sulawesi Tengah yang berhasil memperoleh angka indeks kebahagiaan 74,46. Pada tahun 2021 lalu, akhirnya Sulawesi Tengah mengalami peningkatan angka kebahagiaan. Tahun 2017 memperoleh angka 71,92, dan di tahun 2014 hanya sebesar 67,92.

Sulawesi Tengah punya banyak keindahan alam yang menakjubkan, misalnya saja seperti Danau Poso, Taman Nasional Lore Lindu, dan pantai eksotis di sepanjang pesisir. Secara ekonomi, provinsi ini unggul di sektor pertanian (padi, kakao, kelapa) dan perikanan.

10. Sulawesi Tenggara
Terakhir, ada Sulawesi Tenggara yang berhasil memperoleh angka 73,98. Kendari adalah ibu kota provinsi dan pusat pemerintahan serta pusat ekonomi. Warga Sulawesi Tenggara dikenal cukup humoris, sehingga ini menjadi salah satu alasan mengapa hampir semua warganya selalu berbahagia.

Tidak hanya itu, nilai sosial disini juga cukup tinggi. Pemerintah juga selalu memperhatikan sektor keamanan, terutama di tempat-tempat umum. Wisata budaya disini juga cukup maju, yakni dengan pertunjukan festival-festival dan upacara adat yang menjadi atraksi.

Provinsi paling bahagia di Indonesia dimenangkan oleh Maluku Utara, lalu di peringkat 10 ada Sulawesi Tenggara. Menurut kamu, apa arti kebahagiaan yang sebenarnya? Dan hal-hal apa saja yang mendasari kebahagiaan di sebuah daerah? Apakah tingkat ekonomi yang tinggi, SDM yang unggul, atau yang lainnya? (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.