Terima Keluhan Petambak Bandeng Soal Pupuk dan Solar, Gus Imin: AMIN akan Sediakan Pupuk, Pakan, dan Pasar

oleh -0 Dilihat
Terima Keluhan Petambak Bandeng Soal Pupuk dan Solar, Gus Imin: AMIN akan Sediakan Pupuk, Pakan, dan Pasar
menemui para petani tambak bandeng di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Jum'at (29/12/2023)

JawaTimur- Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menemui para petani tambak bandeng di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, pada Jum’at (29/12/2023) siang. Gus Imin mengatakan, jika pasangan AMIN terpilih, akan langsung memeriksa pabrik pupuk dan bila perlu membangun pabrik pupuk baru.

“Problem pupuk bukan hanya problem petani, melainkan juga petambak ikan. Padahal di Gresik ini ada pabrik pupuk besar. Untuk itu harus dicarikan solusi bagi ketersediaan pupuk untuk para petambak,” kata Cak Imin.

Menurutnya, mafia pupuk harus ditelusuri, ada bahan baku yang harus digenjot
dan menambah pabrik pupuk.

“Pembangunan pabrik itu bisa diambil dari uang negara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Cak Imin menyebut, kesulitan pupuk ini satu tarikan nafas dengan petani yang membutuhkan pupuk untuk merawat tanamannya.

“Maka dari itu, ini tugas pasangan AMIN jika terpilih untuk menyediakan pupuk, pakan, pasar yang kontrak kerjanya ada, harga ke depannya disepakati bersama, sehingga petani, peternak, dan petambak tugasnya berproduksi,” lanjutnya.

Keluh kesah para petambak memang terbaca jelas dalam spanduk-spanduk yang terpasang di gedung tempat acara berlangsung. Para petambak mengeluh soal sulitnya memperoleh solar dan pupuk, serta rendahnya harga jual ikan.

Petambak yang hadir mayoritas adalah petambak ikan bandeng. Ainul Wafiq, salah satu pekerja di tambak bandeng, mengatakan sulitnya pupuk dan kelangkaan solar menjadi penghambat produksi bandeng.

“Kalau pupuknya mahal, ongkos produksi jadi bertambah, sedangkan solar juga langka. Jadi, ini yang harus segera dicari jalan keluarnya,” ungkapnya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.