Inilah 10 Keutamaan Sedekah yang Harus Diketahui!

oleh -0 Dilihat
Keutamaan Sedekah
Keutamaan Sedekah

Diskursusnetwork- Keutamaan sedekah tentunya banyak sekali dikarenakan saat kamu membagi sesuatu kepada orang lain, maka Allah akan menyukai hal tersebut. Allah akan membalas perbuatan bijak tersebut dengan pahala dan kebaikan berlipat ganda di kemudian hari.

Sedekah, tindakan memberikan kepada orang lain dengan tulus, bukan hanya memberikan manfaat materi, tetapi juga membawa kebaikan yang mendalam bagi diri pemberi dan penerima. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan sedekah? Simak penjelasan lengkapnya berikut:

Pengertian Sedekah

Sedekah adalah tindakan memberikan atau memberi sesuatu secara sukarela dan tulus tanpa mengharapkan imbalan atau balasan. Dalam Islam, sedekah bukan hanya sebagai tindakan pemberian materi, tetapi juga mencakup pemberian waktu, tenaga, dan kebaikan lkepada sesama.

Sedekah dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah dan amal kebajikan yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Pemberian sedekah memiliki tujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan, meringankan beban hidup orang lain, dan menciptakan rasa keadilan sosial.

Amalan sedekah sifatnya berkelanjutan dan Allah akan selalu memberikan pahala yang setimpal terhadap perbuatan baik tersebut. Hal tersebut kerap disebut sebagai sedekah jariyah, maksud sedekah jariah sendiri adalah manfaatnya berkelanjutan seperti halnya kamu membagikan ilmu pada orang lain.

Apa keutamaan sedekah? Pastinya pertanyaan tersebut mengandung banyak jawaban. Pasalnya, dengan berbuat baik seperti sedekah, maka Allah akan memberikan banyak manfaat pada orang yang berbuat baik tersebut. Simak keutamaannya berikut:

1. Berbagi Berkah Rezeki

berbagi
Sumber: Canva

Keutamaan sedekah yang pertama adalah kamu bisa berbagi berkah rezeki dengan orang yang diberi sedekah tersebut. Dalam Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah (2:261), Allah telah menerangkan bahwa pada ayat ini sedekah akan menghadirkan berkah yang berlimpah.

Ayat ini menggambarkan bahwa sedekah yang diberikan untuk kepentingan Allah akan menghasilkan kebaikan yang melimpah, sebagaimana satu biji benih dapat tumbuh menjadi tujuh bulir. Maksudnya sedekah akan menghadirkan kebaikan terus menerus dan berkah bagi kamu beserta yang diberi sedekah.

2. Menghapus Dosa

Dosa
Sumber: Canva

Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim, “Sedekah itu dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” Melalui hadis tersebut, sedekah dianggap sebagai bentuk pembersihan dosa dan penebusan dosa yang dilakukan dengan tulus.

Apa manfaat sedekah dalam Islam? Pastinya dua keutamaan di atas masih hanya awalan saja. Perlu diketahui bahwa masih banyak manfaat yang bisa dirasakan saat bersedekah, baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Melalui hadis ini, Rasulullah memberikan dorongan dan pemahaman tentang keutamaan besar sedekah dalam membantu umat Islam untuk membersihkan diri dari dosa-dosa mereka dan mendekatkan diri kepada Allah dengan perbuatan baik yang tulus.

3. Menyucikan Hati

Menyucikan hati
Foto: Canva

Keutamaan sedekah berikutnya adalah bersedekah bisa menyucikan hati. Rasulullah bersabda yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, bahwa, “Sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, jika baik maka baiklah seluruh jasad, dan jika rusak maka rusaklah seluruh jasad itu, ketahuilah itulah hati.”

Sedekah dianggap sebagai sarana untuk menyucikan hati dan menjaga kebersihan batin. Oleh sebab itu, dengan kamu bersedekah maka kamu bisa menjaga kebersihan batin dari rasa iri dengki, pelit, dan sebagainya. Memperbanyak sedekah akan menyucikan hatimu.

Oleh karena itu, keutamaan sedekah dalam menyucikan hati menggambarkan bahwa perbuatan baik ini tidak hanya memiliki dampak eksternal pada penerima manfaatnya, tetapi juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan membersihkan hati orang yang memberi.

4. Memperkuat Persaudaraan

saling membantu
Foto: Canva

Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari, “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu seperti satu tubuh; apabila satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh tubuhnya merasakan sakit.”

Sedekah dianggap sebagai cara untuk memperkuat ikatan persaudaraan dan saling mendukung dalam masyarakat. Dengan saling bersedekah, maka ikatan persaudaraan akan semakin meluas dan bisa mendukung satu sama lainnya.

5. Menyembuhkan Penyakit Hati

Menyembuhkan Penyakit Hati
Foto: Canva

Apa keutamaan bersedekah yang kelima? Jika kamu bersedekah, keutamaan sedekah salah satunya adalah dapat menyembuhkan penyakit hati. Rasullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim, “Sedekah itu dapat menyembuhkan orang yang sakit.”

Sedekah dianggap sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit hati, seperti iri hati dan kebencian. Dengan begitu, perasaan buruk yang hinggap di hati akan dihilangkan oleh Allah karena ketulusan saat bersedekah tersebut.

Ketika seseorang berusaha menyembuhkan hatinya melalui sedekah, Allah sebagai Yang Maha Penyembuh akan memberikan keridhaan-Nya. Keridhaan Allah dianggap sebagai penyembuh utama yang membawa kesejukan dan ketenangan hati.

6. Membangun Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan sosial
Foto: Canva

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah (2:267), yang mempunyai tafsir yaitu ayat ini menyatakan pentingnya memberikan yang terbaik dari harta untuk menciptakan kesejahteraan sosial dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Di tengah-tengah kehidupan sehari-hari, banyak tantangan dan kesulitan yang dihadapi oleh individu dan keluarga. Oleh karena itu, ayat ini menjadi panggilan bagi umat Islam untuk berbagi sebagian dari rezeki yang mereka terima dari Allah dengan mereka yang membutuhkan.

7. Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Mendekatkan diri
Foto: Canva

Allah berfirman dalam Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah (2:267): “Sesungguhnya perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir 100 biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi yang Dia kehendaki.”

Ayat ini menunjukkan bahwa sedekah dianggap sebagai bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan dan menunjukkan rasa syukur. Oleh sebab itu, dengan memperbanyak sedekah, kamu bisa semakin mendekatkan diri pada Allah.

8. Menumbuhkan Rasa Empati

Rasa Empati
Foto: Canva

Keutamaan sedekah yang berikutnya adalah bisa menumbuhkan rasa empati. Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari, “Tidaklah beriman salah seorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri.”

Sedekah dianggap sebagai cara untuk mengembangkan rasa empati dan kasih sayang terhadap sesama. Dengan memupuk kepedulian ke sesama, kamu bisa berinvestasi jangka panjang dikarenakan kebaikan tersebut pasti akan dibalas oleh Allah SWT.

9. Menyelaraskan Kesejahteraan Batin

Kesejahteraan Batin
Foto: Canva

Sedekah atau perbuatan memberi secara tulus dan ikhlas dapat memberikan dampak positif yang lebih dalam, khususnya terkait dengan keberkahan batin atau kebahagiaan inner. Penyelarasan kesejahteraan batin mejadi salah satu dari sekian banyak keutamaan sedekah.

10. Membangun Masyarakat yang Berbudaya Sedekah

Berbudaya Sedekah
Foto: Canva

Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari, “Orang-orang mukmin itu seperti satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain.” Sedekah dianggap sebagai fondasi dalam membangun masyarakat yang solid dan berbudaya sedekah, saling mendukung dan berkontribusi positif.

Pahala sedekah tidak hanya terkait dengan keberkahan materi, tetapi juga membawa kebaikan dalam pembangunan karakter, keberkahan batin, dan persiapan untuk kehidupan di akhirat. Kamu bisa membawa bekal dari dunia dengan cara rajin bersedekah untuk ke akhirat nanti.

Dengan mengetahui pembahasan di atas yang merujuk pada dalil Al-Qur’an dan Hadis, keutamaan sedekah menjadi jelas sebagai perintah dan anjuran dalam Islam yang memberikan manfaat tidak hanya pada kehidupan dunia, tetapi juga di akhirat. (Red, DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.