Memahami Bagaimana Cara Bersyukur Sesuai Ajaran Islam

oleh -0 Dilihat
Memahami Bagaimana Cara Bersyukur Sesuai Ajaran Islam
Bersyukur merupakan ungkapan rasa terima kasih dan pengakuan untuk segala kenikmatan yang diberikan Allah.

Diskursusnetwork- Cara bersyukur harus dipelajari dan diterapkan dalam hidup. Bersyukur merupakan ungkapan rasa terima kasih dan pengakuan untuk segala kenikmatan yang diberikan Allah. Selain itu, hal ini juga dapat menjauhkan diri dari berbagai sifat buruk. Jangan hanya melihat apa yang dimiliki oleh orang lain.

Cobalah untuk memperhatikan kembali milik diri sendiri. Dari hal tersebut, kita akan tahu cara syukur. Bersyukur juga dapat mengajarkan bahwa jangan mudah mengeluh dengan keadaan. Nikmat yang diberikan Allah datang dalam berbagai bentuk. Bahkan sering tidak disadari.

Rasa syukur kepada Allah bisa dilakukan dalam wujud perbuatan maupun ucapan. Umat Muslim yang pandai dan tahu cara bersyukur akan mendapatkan pahala dan nikmat yang berlipat ganda. Menerima apa yang sudah ditakdirkan dengan ikhlas, lapang dada, dan tidak mengeluh bisa jadi salah satu wujud bersyukur.

Cara Bersyukur kepada Allah
Foto: Canva

Jika merasa menjalani hidup yang sulit, cobalah untuk mengingat bahkan masih banyak orang yang mungkin tidak seberuntung kita. Jalan hidup seseorang tentunya akan menemui rintangan yang berbeda.

Namun dengan menyadari hal tersebut, kamu bisa mengucap syukur dan tidak merasa iri atau dengki dengan kehidupan orang lain. Terdapat beberapa cara bersyukur yang dapat membantu dalam menyadari nikmat dari Allah. Berikut uraiannya.

1. Berterima Kasih Kepada Orang Lain

Berterima Kasih
Foto: Ilustrasi (Canva)

Diantara beberapa rezeki yang dikirimkan Allah, bisa saja dilewatkan dari orang lain sebagai perantara. Untuk itu, ucapkanlah terima kasih ketika menerima apapun dari orang lain.

Hal ini tidak hanya sebagai bentuk penghargaan untuk orang lain yang sudah memberikan. Namun juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

Jangan pernah merasa lelah untuk mengucapkan terima kasih kepada sesama ketika mendapatkan suatu hal karena Allah menyukainya. Kemuliaan akan diberikan kepada umat Muslim yang selalu selalu bersyukur kepada-Nya.

2. Rajin Beribadah

Rajin Beribadah
Foto: Ilustrasi (Canva)

Tidak hanya dirasakan dalam hati saja, namun cara bersyukur harus diwujudkan dalam perbuatan. Seperti diantaranya semakin rajin dalam menjalankan ibadah. Ingatlah bahwa Allah berada dekat dengan kita dan mohonlah ampun atas dosa yang pernah diperbuat.

Senantiasa mengingat Allah dimana saja dan kapan saja akan membuat seseorang lebih pandai bersyukur dengan segala nikmat. Sadarilah bahwa kita diciptakan oleh Allah. Seluruh alam semesta indah, udara yang dihirup, makanan dari bahan hewan maupun tumbuhan, dan orang yang ada disekitar adalah nikmat yang diberikan Allah untuk kehidupan. Untuk itu, jagalah hati dengan mengingat kebesaran Allah.

3. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Pribadi yang Lebih Baik
Foto: Ilustrasi (Canva)

Ada beberapa cara bersyukur kepada Allah, salah satunya adalah menjauhkan diri dari penyakit hati. Ketika merasa sukses dan mendapatkan apa yang diinginkan, beberapa orang bisa saja menjadi tidak bersyukur dan kufur nikmat.

Akhirnya timbullah penyakit hati yang bisa berdampak buruk, seperti dengki, riya, takabur, dan lainnya. Bersihkan diri dengan rajin ibadah, membaca Al-Quran, ikut kajian, dan lainnya.

Dengan begitu keimanan yang dimiliki bisa bertambah dan bisa memahami arti bersyukur yang lebih dalam. Hal tersebut dapat menjauhkan diri dari hal negatif sehingga bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik di masa mendatang.

4. Percaya Terhadap Janji Allah

Janji Allah
Foto: Ilustrasi (Canva)

Salah satu cara bersyukur adalah dengan percaya akan janji Allah. Semua nikmat dan rezeki yang diterima tentunya berasal dari Allah. Bersyukur dapat menambah nikmat yang dirasakan sehingga dapat menjalani kehidupan barokah.

Allah menyukai dan akan menjaga umat-Nya yang rajin bersyukur sehingga terhindar dari azab. Selain itu, senantiasa bersyukur juga memberikan pahala dan bisa mengantarkan umat Muslim masuk surga. Untuk itu, yakin dan percayalah bahwa apapun hal baik yang dilakukan akan memberikan hasil baik pula.

5. Meningkatkan Ketaqwaan

Ketaqwaan
Foto: Ilustrasi Canva

Tidak hanya secara lisan, cara bersyukur kepada Allah juga bisa diterapkan dalam bentuk perbuatan. Diantaranya adalah dengan meningkatkan ketaqwaan. Perwujudannya bisa dilakukan dengan menjaga sholat lima waktu dan usahakan untuk menjalankannya pada awal waktu.

Lakukan juga ibadah sunnah yang dianjurkan, misalnya sholat dhuha, tahajud, dan lainnya. Rajin membaca Al-Quran, menjalankan puasa, dan menjauhi berbagai hal yang berkaitan dengan maksiat dan sifat tercela juga bisa menjadi bentuk syukur kepada Allah. Jika senantiasa bersyukur, maka Allah akan selalu menyertai kehidupan yang dijalani sehingga lebih berkah.

6. Tetap Rendah Hati

Rendah Hati
Foto: Ilustrasi Canva

Bersikap ikhlas dengan semua ketetapan Allah juga bisa jadi bentuk cara bersyukur yang dilakukan umat Muslim. Meskipun ikhlas bukanlah hal yang mudah. Namun apabila menyadari tentang berapa banyak nikmat dari Allah yang sudah dirasakan, kamu tentu akan semakin bersyukur.

Jangan melihat kehidupan orang lain yang lebih kaya karena bisa mengakibatkan iri. Cobalah untuk tetap rendah hati dan memperhatikan orang lain yang hidupnya masih terbatas. Hal tersebut akan menyadarkan tentang rasa syukur yang seharusnya dimiliki. Hidup memang tidak selalu berjalan lancar.

Namun seseorang bisa menjadi bermanfaat bila saling berbagi untuk meringankan beban sesama. Dengan membantu orang lain yang kesusahan, diri akan senantiasa bersyukur dengan kenikmatan hidup yang dimiliki.

7. Menyisihkan Sebagian Rezeki Untuk Bersedekah

Rezeki Untuk Bersedekah
Foto: Ilustrasi Canva

Cara bersyukur atas nikmat Allah dapat dilakukan dengan menyisihkan sebagian rezeki untuk membantu orang lain. Bersedekah tidak hanya mampu memberikan manfaat bagi orang lain, namun juga untuk diri sendiri.

Diantaranya adalah memperlancar rezeki, dipermudah segala urusannya, mendapatkan kesehatan, dan lainnya. Sedekah dilakukan sebagai wujud dari rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah.

Besar kecilnya nominal yang dikeluarkan sebagai sedekah tidaklah jadi masalah, asalkan ikhlas dilakukan. Allah akan mencatat semua amal baik dan memberikan pahala terhadap apa yang sudah dilakukan. Agar nikmat kehidupan semakin ditambah, jangan lupa beramal.

8. Menjauhi Larangan Allah

Menjalani Hidup
Foto: Ilustrasi Canva

Allah menyukai hambanya yang taat. Semakin tinggi keimanan yang dimiliki, maka Allah akan terus memberikan kemudahan dalam rezeki, karir, dan segala urusan lainnya. Sebagai ungkapan bersyukur, teruslah untuk mengingat akibat apabila berpaling dari Allah SWT.

Hal tersebut akan membuat diri menjadi takut dan menjadi lebih taat. Jauhi semua larangan Allah dan perbanyaklah melakukan perintah-Nya. Dengan begitu niscaya hidup bisa lebih baik dan terhindar dari berbagai hal buruk. Hindarilah mengeluh, karena bisa memberikan celaka dalam hidup. Tetaplah bersyukur dan berserah kepada Allah.

9. Ikhlas Dalam Menjalani Hidup

Ikhlas Dalam Menjalani Hidup
Foto: Ilustrasi Canva

Syukur kepada Allah bisa dilakukan melalui hati dalam bentuk perasaan senang, rela, dan ikhlas atas apa yang ditetapkan oleh Allah SWT. Tidak hanya kesenangan, dalam hidup setiap orang tentu akan menemukan kesulitan.

Individu yang mudah bersyukur akan memiliki jiwa yang ikhlas dalam menerima kesenangan maupun kesedihan tanpa berkeluh kesah. Hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih sabar, meningkatkan keimanan, dan senantiasa bersyukur.

Rezeki tidak hanya dalam bentuk uang saja, namun kesehatan, keharmonisan dalam hubungan, dan lainnya juga termasuk didalamnya. Dengan memahami cara syukur kita,  maka Allah akan senantiasa menambah nikmat yang diberikan sehingga kehidupan terasa lebih nyaman dan tenang.

Syukur dengan hati menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yang didapatkan dalam kehidupan adalah karena anugerah dan kemurahan hati Allah SWT. Hal tersebut dapat menjadikan kamu pribadi yang rendah hati dan tidak sombong. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.