5 Cerita Rakyat Fenomenal dari Indonesia, Banyak Pesan Moralnya!

oleh -0 Dilihat
Cerita Rakyat Fenomenal
5 cerita rakyat fenomenal dari Indonesia. (Ils)

Jakarta- 5 cerita rakyat fenomenal dari Indonesia merupakan suatu hal yang bersifat sejarah dan perlu untuk kamu ketahui. Pasalnya, cerita-cerita tersebut telah disebarluaskan sedari dahulu dan sudah menjadi warisan serta hiburan bagi masyarakat Indonesia.

Cerita rakyat dari Indonesia memiliki warisan  yang begitu memikat, mengingat Indonesia sebagai negara dengan keberagaman budaya yang kaya. Cerita-cerita rakyat ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya dan moral yang mendalam. Simak pengertian cerita rakyat terlebih dahulu:

Pengertian Cerita Rakyat

cerita rakyat fenomenal
Sumber: Instagram

Cerita rakyat adalah suatu bentuk narasi lisan atau tulisan yang berasal dari tradisi lisan masyarakat dan diwariskan ke generasi selanjutnya. Cerita rakyat mencerminkan nilai-nilai, kepercayaan, kebudayaan, dan pengalaman masyarakat tertentu.

Mungkin masih banyak yang bertanya mengenai apa itu cerita rakyat? Sejatinya, cerita rakyat memiliki peran penting dalam memperkuat identitas budaya, menyampaikan nilai-nilai, dan menghibur serta mendidik masyarakat. Cerita rakyat menjadi bagian dari warisan budaya yang harus dilestarikan.

5 Cerita Rakyat Fenomenal dari Indonesia

Usai memahami pengertian dari cerita rakyat di atas, berikutnya kamu bisa mengetahui beberapa cerita rakyat terkenal Indonesia agar bisa melestarikan cerita-cerita tersebut ke generasi mendatang. Berikut adalah lima cerita rakyat dari Indonesia:

1. Roro Jonggrang

Roro Jonggrang
Foto: Ig

Salah satu dari 5 cerita rakyat fenomenal yang pertama ini adalah kisah mengenai Roro Jonggrang. Pastinya kamu sudah mendengar soal legenda ini, bukan? Cerita rakyat yang sudah turun-temurun sedari dahulu ini masih eksis hingga sekarang.
Legenda Roro Jonggrang berasal dari Jawa Tengah.

Kisah cinta tragis antara Bandung Bondowoso dan putri cantik Roro Jonggrang mengajarkan nilai kesetiaan, kebijaksanaan, dan konsekuensi dari perbuatan tercela. Roro Jonggrang menjadi simbol kekuatan perempuan yang tangguh.

Suatu hari, seorang pemuda bernama Bandung Bondowoso datang ke kerajaan Prambanan dan mereka saling jatuh cinta. Namun, Bandung Bondowoso memiliki tujuan rahasia untuk meguasai Prambanan serta membangun seribu candi dalam semalam agar bisa memenangkan hati Roro Jonggrang.

Saat hampir menyelesaikan tugasnya, Roro Jonggrang khawatir akan kehilangan kekuasaannya, sehingga ia memerintahkan penduduk untuk membuat kegiatan yang membuat matahari terbit lebih cepat. Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu candi.

Salah satu dari 5 cerita rakyat fenomenal ini mengandung pesan tentang kewaspadaan terhadap tipu daya, akibat dari pengkhianatan, dan nilai kesetiaan dan kebijaksanaan dalam menghadapi cobaan hidup. Kamu bisa mengambil pesan moral bahwa tidak bisa memaksakan suatu kehendak.

2. Malin Kundang

Malin Kundang
Sumber: Ensiklopedia Indonesia

Berapa banyak cerita rakyat panjang di Indonesia? Tentunya pasti banyak, cerita selanjutnya adalah yang sudah melegenda yaitu Malin Kundang. Malin Kundang awalnya adalah seorang anak kapal yang meninggalkan kampung halamannya untuk mencari kehidupan yang lebih baik.

Malin Kundang sukses menjadi seorang pengusaha kaya raya dan memiliki kapal sendiri. Setelah meraih kesuksesan, Malin Kundang memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Namun, Malin menolak untuk mengakui ibunya yang miskin.

Cerita Malin Kundang, yang berasal dari Sumatra Barat ini menceritakan tentang seorang anak yang durhaka kepada ibunya dan diubah menjadi batu oleh kutukan. Kisah ini menyampaikan pesan tentang hormat kepada orang tua dan konsekuensi dari tindakan yang tidak baik.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang Merah dan Bawang Putih
Sumber: Orami

5 cerita rakyat fenomenal berikutnya adalah Bawang Merah dan Bawang Putih. Cerita ini adalah versi Indonesia dari Cinderella, dengan tokoh utama Bawang Merah dan Bawang Putih. Inti dari cerita ini adalah Bawang Putih hidup bersama Bawang Merah yaitu saudara tirinya bersama dengan ibu tirinya pula.

Suatu hari, Bawang Putih tidak sengaja menghanyutkan selendang kesayangan Bawang Merah saat tengah menyuci di sungai. Bawang Merah marah dan menyuruh agar Bawang Putih menemukan selendang tersebut dan tidak boleh pulang sebelum berhasil menemukannya.

Saat kelelahan mencari, Bawang Putih menemukan sebuah gubuk yang dihuni oleh nenek tua sebatang kara. Ia diizinkan menginap di sana dan selendang yang tengah dicarinya tersebut ternyata ditemukan oleh sang nenek.

Jika Bawang Putih ingin membawa selendangnya, Nenek memberikan syarat bahwa ia harus menginap selama seminggu di gubuk tersebut. Singkat cerita, usai seminggu menginap, Bawang Putih diberi imbalan berupa pilihan dua labu karena ia rajin membantu Nenek tersebut.

Bawang Putih memilih labu yang kecil, ternyata setelah dibelah isinya adalah emas. Bawang Merah yang melihatnya mengikuti cara serupa, namun setelah pulang, ia hanya memperoleh labu besar yang berisi hewan-hewan mengerikan karena sifatnya yang pemalas dan suka jahat ke Bawang Putih.

Pada akhir cerita, kejahatan Bawang Merah terbongkar dan Bawang Putih mendapatkan kebahagiaan yang layak. Keajaiban dan kebaikan hati Bawang Putih menjadi pembelajaran bahwa keadilan dan kebaikan hati akan selalu mendapatkan penghargaan.

4. Danau Toba

Danau Toba
Sumber: Gramedia

Apa cerita rakyat terkenal asal Sumatera Utara? Danau Toba merupakan sebuah tempat ikonik yang masih dilestarikan dan banyak dikunjungi hingga kini. Legenda asal asul Danau Toba ini berasal dari Sumatra Utara dan masih terawat hingga kini.

Cerita ini menceritakan tentang seorang pemuda yang berubah menjadi pulau danau sebagai akibat dari kesetiaannya kepada seorang putri. Kisah ini menggambarkan keindahan alam sekaligus mengajarkan nilai kesetiaan dan pengorbanan
Salah satu dari 5 cerita rakyat fenomenal ini yaitu Danau Toba memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar sekitar 30 kilometer.

Kedalamannya lebih dari 500 meter, dan merupakan salah satu danau terdalam di dunia. Danau Toba menjadi destinasi pariwisata yang populer di Indonesia. Wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, menjelajahi Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba, dan mengenal kebudayaan lokal.

5. Lutung Kasarung

Lutung Kasarung
Sumber: blog daerah kita

Lutung Kasarung adalah cerita rakyat Sunda yang menarik. Diceritakan bahwa dahulu kala terdapat seorang raja di suatu kerajaan di Jawa Barat yang bernama Prabu Tapa. Raja tersebut mempunyai dua putri yaitu Purbaarang yang pemalas dan sombong, serta Purbasari yang ramah juga rajin.

Suatu hari, Purbasari terkena penyakit yang aneh, di mana kulitnya muncul bintik-bintik berwarna hitam dan berbau busuk. Hal tersebut terjadi setelah Purbasari diutus menjadi penerus tahta oleh Raja.

Akhirnya, Purbasari terpaksa diasingkan ke hutan agar penyakit tersebut tidak menular atas usulan dari kakaknya.
Hari demi hari dilewati oleh Purbasari dengan bermain dan berbicara bersama hewan-hewan di hutan.

Suatu ketika, ia bertemu dengan seekor Lutung yang memberinya buah-buahan. Mereka kian hari kian dekat dan sampai suatu hari Lutung tersebut mengajaknya ke sebuah danau.
Lutung tersebut menyuruh Purbasari agar mandi di danau tersebut dengan bunga yang ia berikan.

Tiba-tiba saja Purbasari berubah ke wujud aslinya di mana masih menjadi seorang ratu yang cantik dan bersih. Singkat cerita, ia kembali ke istana dan berhasil menggusur kakaknya yang jahat dari tahta kerajaan.

Lutung Kasarung ternyata merupakan seorang pangeran yang dahulunya pernah terkena kutukan menjadi seekor Lutung. Kutukan tersebut bisa lepas saat ada seorang putri yang dengan tulus berkenan menjadikannya sebagai seorang calon suami.

5 cerita rakyat fenomenal di atas bisa kamu pahami dengan baik. Dengan memahami kelima cerita di atas, kamu bisa mendapatkan banyak pesan moral dan juga hiburan dari cerita yang telah disajikan tersebut. Oleh sebab itu, jangan sampai melupakan cerita-cerita rakyat yang pernah ada. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.